Friday, July 22, 2016

Sejuta Bunga di Kota Magelang


Cantik yah, bagaikan lagi ada di gerbang surga, haha... Semoga keindahan alam surgawi ini bikin masyarakatnya jadi berkarakter surgawi. Jangan sebaliknya, hehehe! (sumber: DKPT Kota Malang).




Kota Magelang merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Pada awalnya memiliki slogan “Magelang Harapan” yang bermakna “Hidup, Aman, Rapi, Asri dan Nyaman”. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang No 4 Tahun 2011 dan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2011-2015 kota ini mengganti slogannya. 

Pergantian tersebut di latar belakangi oleh sejarah Kota Magelang, dahulu kota ini dikenal sebagai Tuin Van Java (dalam bahasa Belanda, itu artinya taman [eden, :p ] nya Pulau Jawa), memiliki udara yang dingin dan sejuk serta terdapat taman-taman cantik yang ditumbuhi dengan bunga yang menambah keasrian kota. 

Simbol dari kebersihan, ketertiban, keindahan dan kenyamanan kota ini adalah bunga. Bunga juga mengibaratkan kota memiliki daya tarik dan manfaat yang ekonomis bagi masyarakat serta dikemas dengan indah. Sehingga simbol Kota Magelang yang baru adalah “Magelang Kota Sejuta Bunga”. Oleh karena itulah, gagasan dinamakan kota bunga adalah untuk revitalisasi taman kota dan mengembalikan Kota Magelang seperti dahulu yang merupakan tamannya Pulau Jawa.


Berdasarkan RPJMD 2011-2015, Kota Magelang terus melakukan perubahan lewat sosialisasi, pembenahan tatanan kota, optimalisasi lahan, pemberdayaan masyarakat, pembentukan paguyuban dan mewujudkan khas kota sejuta bunga.


Desember 2015 kemarin, di depan gedung Pemerintahan Kota Magelang terdapat pemandangan musim semi seperti di Jepang. Rimbunnya bunga-bunga cantik warna putih dan merah muda yang saling berguguran. Pohon yang tumbuh tersebut adalah jenis Tabebuya yang berasal dari Brazil. Pohon tersebut telah ditanam sejak 2013 dan baru mekar bunganya di tahun 2015.




Eh, ada pohon sakura di Ngalam (sumber: 1001 malam, eh maksudnya 1001 wisata (Emangnya dongeng 1001 malam, hahaha) )



Di tahun 2016 ini Magelang memiliki banyak taman baik yang kecil maupun besar. Taman yang ada banyak yang sudah diperbaiki dan dibangun agar lebih indah. Di taman terdapat berbagai tanaman atau bunga-bunga yang cantik. Taman-taman tersebut antara lain:




1. Taman Bunga Kyai Langgeng
Taman ini bukan seperti taman kota lainnya karena sudah menjadi objek wisata keluarga atau taman rekreasi, terletak di Jalan Cempaka No 6 dengan luas kurang lebih 27,5 hektar. Taman ini memiliki letak yang strategis, hanya 15 menit dari Candi Borobudur dan 1 jam dari Kota Yogyakarta.


Awalnya, lokasi ini memang dikenal sebagai taman bunga karena terdapat bermacam bunga yang indah. Beriringnya waktu terdapat banyak perkembangan, di taman ini terdapat berbagai wahana permainan seperti kolam renang, arum jeram, rumah joglo, dan lain-lain. Di sini Anda juga dapat melakukan penelitian karena terdapat beberapa tanaman langka.


Taman ini buka jam 07.00 pagi sampai 17.00 sore dengan harga tiket senin-jumat Rp15.000,- dan minggu Rp20.000,-. Harga tersebut belum termasuk fasilitas wisata.





2. Taman Tanggul Kali
Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani. Merupakan taman kota dengan luas hampir 500m. Taman tersebut ditanami aneka macam bunga.



3. Taman Lansia
Berlokasi didepan Perumahan Rindam IV/Diponegoro Jl. Ahmad Yani dengan panjang 200 meter. Taman ini dapat menjadi tempat rekreasi dan istirahat yang nyaman. Selain itu dapat menjadi tempat olahraga, karena ada batu krikil dan pegangannya. Para lansia dapat berjalan di kerikil tersebut untuk merangsang saraf kaki.


4. Taman Badaan
Dilengkapi dengan permainan anak-anak,seperti taman bermain dan terdapat tempat kuliner. Berada di Jalan Pahlawan, taman ini merupakan sebuah tempat terbuka hijau yang menempati lahan seluas 1000 meter persegi. Selain terdapat beberapa tanaman hias dan kursi kayu, saat ini sudah terdapat beberapa patung binatang serta hamparan rumput jepang. Di sini Anda juga dapat menjumpai aneka kuliner khas Magelang seperti gulali, bakso kerikil, kacang rebus, wedang ronde dan lain lain.





Entah kenapa fokus aku itu di corak merah-putihnya. Apa karena efek sebentar lagi 17-an? Hahaha. (sumber: Pemkot Magelang).


Tidak jauh dari beberapa taman di atas, terdapat beberapa bangunan hotel yang bisa anda gunakan untuk beristirahat ketika berada di Magelang. Anda bisa lihat daftar hotel di situs travel online seperti traveloka misalnya.


Walau belum memperlihatkan keunggulannya dengan sejuta bunga sebagai slogannya. Kota ini sudah meningkatkan keasriannya dengan terdapatnya berbagai taman.


Selain terdapat taman yang mulai ditumbuhi beragam bunga. Anda juga dapat membeli bibit bunga di kebun bibit Senopati yang berada di Jalan Panembahan Senopati, Jurangombo, Kota Magelang. Kebun bibit ini baru dibuka awal tahun 2015 kemarin. Selain suasana kebun yang indah, rapi dengan beragam bunga, di sini Anda dapat belajar caranya merawat tanaman, menyambung maupun membelinya. Untuk masuk ke kebun ini tidak dikenakan biaya, namun pengunjung yang datang diharapkan turut serta dalam merawat dan tidak merusak tanaman.


Kebun ini diharapkan akan menjadi tempat edukasi untuk pembibitan, penyetekan, perawatan tanaman bagi masyarakat. Nantinya kebun bibit ini akan dilengkapi dengan holtikultura dan buah-buahan. Saat ini kebun bibit hanya dibuka untuk mengedukasi dan dibukanya saat jam kerja saja.


Semoga Kota Magelang nanti akan menjadi Kota Sejuta Bunga seutuhnya yang indah, asri dan sesuai dengan slogannya.

4 comments:

  1. Aku kalo lewat ato ke magelang itu seneng, adem, ijo2 bikin seger mata

    ReplyDelete
  2. wah kayaknya harus mulai visit magelang nih, seringnya cuma numpang lewat doang kalo lagi mau mudik ke jogja. ^^

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^