Friday, October 9, 2015

Kriteria Blog Unik nan Menarik di Mata Nuel



Maaf, akhir-akhir ini lagi sibuk ke beberapa hal. Jadi, IMMANUEL'S NOTES terbengkalai seperti ini. Isinya seolah hanya supaya tetap terlihat update saja. :p






Lagi iseng mengubek-ubek postingan-postingan lama IMMANUEL'S NOTES, mendadak terserang virus nostalgia. Kangen sama masa-masa di mana tiap postingannya itu bisa dikomentari oleh 30-an lebih orang. Kalau dulu, dikomentari sekitar 20 orang (belum termasuk hasil reply aku), itu bisa kubilang apes. Kalau sekarang, benar-benar bersyukur deh. Masalahnya, sekeras apa pun aku blogwalking sana-sini, yang membubuhkan komentar tetap segitu-segitu saja. Orangnya yang itu-itu saja. 

Tapi, masa bodoh-lah. Sekarang sepertinya aku tak terlalu terfokus ke blogsphere lagi, walau ini masih jadi salah satu tambang duit. Aku punya banyak fokus yang masih harus kujalani. Fokus ini-fokus itu. Alhasil, terserah saja deh, yang penting sudah mau kunjung dan baca, aku sudah bersyukur. Bagiku--yang mulai terbentuk pemikiran ini sejak dua tahun lalu, trafik jauh lebih penting dari jumlah pengomentar. 

Oh, iseng-iseng aku buka salah satu postingan yang sampai sekarang masih memiliki SEO yang bagus sekali: blog remaja. Gila, sudah postingan kapan, masih saja dibaca dan dikomentari! Padahal aku rasa tak ada yang istimewa. Niat awal: hanya mau review beberapa blog remaja yang menurutku unik dan menarik. Saat itu, aku kenal banyak bloger remaja, yang kesepuluhnya itu aku review habis-habisan. Hanya itu, kok. Apa mungkin jika tidak ada maksud apa-apa, seringkali kita mendapatkan apa yang kita inginkan, yang sangat kita maui? Seringkali tiap mencoba bikin postingan yang good SEO, malah gagal. Saat tak ada niat bikin yang begituan, eh malah berhasil. Aneh yah? 

Ha-ha-ha!

Di postingan itu, ada salah seorang bloger yang berkomentar seperti ini:

"Bisa dikatakan unik dan menarik itu dari konten yang seperti apa, ya, Gan? Saya juga pengen blog (aku) bisa didatangin banyak orang."

Hmm, apa yah? Aku sendiri bingung jawabnya. Karena menurutku, blog-blog yang selama ini ku-review, yah karena menarik. Unik mungkin karena blog itu memiliki ciri khas yang tak ada di blog-blog lainnya. Blog itu berkarakter. Seperti ada nyawa (Pinjam istilah +Adittya Regas di postingan terdahulu!) dalam blog tersebut. Kalau menarik, aku masih tetap bingung jawabnya, yang jelas di antara blog-blog itu ada suatu magnet tersendiri yang membuatku harus terus berkunjung ke blog-blog mereka. Bisa karena selucu Kandang Dinda, sefilosofis Itik Bali, sedalam Jurnal Patricia, maupun senyentrik Auliyong.

Itu. Yah itu, definisi blog unik dan menarik menurut empunya IMMANUEL'S NOTES.

Anyway, maaf baru balas sekarang. Biasanya aku cenderung untuk membalas komentar di postingan-postingan baru saja. Yang lama-lama biasanya hanya kubaca, lalu lupa buat balas kalau tak terlalu mendesak. Tapi tenang saja, segala komentar yang masuk ke IMMANUEL'S NOTES pasti kubaca. Hanya saja... dibalasnya yang masih suka angin-anginan. Terutama kalau aku merasa belum terlalu penting sekali untuk dibalas. Kalau komentarnya hanya seperti ini: "Postingannya menarik, Gan!", itu bagaimana aku mau membalasnya? Klise kan hanya jawab, "Terimakasih juga, Gan!" Makanya, selain malas, aku juga bingung harus jawab apa.

Sekali lagi, terimakasih buat yang masih main ke IMMANUEL'S NOTES, terlebih yang suka mengubek-ubek arsipnya. Buat yang membubuhkan komentar, terimakasih juga. Lain waktu, pasti dibalas.

Oh iya, maaf jika isi IMMANUEL'S NOTES tak seperti dahulu yah. Maaf jika ada yang merasa ada perubahan signifikan di sini. Mungkin mereka ada yang merasa, "Kenapa IMMANUEL'S NOTES berubah orientasi jadi seperti ini sih?" Hmm, bagaimana yah, aku juga bingung jawabnya. Terjadi begitu saja di luar kehendak aku. Dan, maaf jika ada yang merasa postingan-postingan tertentu seperti tak jujur dan lebih bersifat pencitraan. Jujur, tebakan kalian tepat. Beberapa postingan tertentu itu memang ada maksud tersendiri, yang seperti di postingan "Memoryeah", untuk sementara off the record dulu. Aku belum siap untuk bercerita di sini untuk beberapa alasan. Maaf!

Keep reading! And, stay tune! 


9 comments:

  1. intinya karena konten yang menarik dan punya ciri khas ya dari blog lain.

    Kalau saya sih ngambil riddle untuk kontenku, emang sedikit beda sih dengan blog lain dan karena itu masih ada beberapa yang kurang mengerti apa itu riddle

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, kurang lebih seperti itu. Btw dari dulu bingung kamu itu cowok atau cewek, Ra? Aku bingung mau nyapanya, hehehe.

      Delete
  2. ahhh, jadi keinget kalo blog Persona Intikalia ku udah ga unik lagi :D
    kalo dulu kan unik soalnya isinya galau2 mulu
    kalo sekarang kebanyakan curhat tentang kehidupan setelah berkeluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Well, gue juga sama sih. Sekarang nyaris ga pernah curcol yang kebablasan di blog ini. Haha...

      Delete
  3. People change, so their blog content.
    Kalau kriteria blog unik menurutku adalah mereka yg ngeblog justru tanpa memperdulikan personal branding atau apalah namanya. Karena mereka ngeblog dengan jujur. Ngeblog untuk dirinya sendiri. Dan saya iri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, I get jealous, too. You same with me.

      Delete
  4. Blog yang menarik, menurut saya sih standar aja, nuel. Pertama, kontennya harus berasal dari otak si pemilik blognya dalam artian bukan copy-paste. Kedua, tampilan blog yang minimalis, elegan dan loadingnya cepet. Saya paling sebel kalau berkunjung ke blog yang loadingnya harus menunggu bertahun-tahun baru bisa terbuka itu halaman blog, heuehuehu...

    Btw, blog saya masih ada di daftar blog remaja itu ya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyus, Iyus...

      lu masih sama kayak dulu ya opininya... Haha.... Ga berubah. Salute.

      Delete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^