Sunday, August 18, 2013

(Mungkin) 10 Karakteristik Orang Indonesia


1. Budaya makan nasi.
Bagi orang Indonesia, makan belum makan kalau belum makan nasi. ampai-sampai, di beberapa resto cepat saji, sudah jamak melihat orang makan nasi dengan tambahan lauk kentang goreng. Padahal kentang dan nasi itu karbohidrat.

2. Suka menawar.
Kebiasaan orang Indonesia yang lumayan buruk, sebetulnya. Kelihatannya cenderung egois. Apalagi kalau menawar harga, suka gila-gilaan. Dari harga awal Rp 50.000, bisa jadi Rp 15.000 (Ini serius, beneran ada). Harusnya sih, kalau tak suka dengan harganya, tinggalkan. Sepertinya budaya 'take it or leave it' masih langka bagi orang Indonesia.

3. Nasionalisme lebih tinggi saat berada di luar Indonesia.
Dulu semasa masih di Bumi Khatulistiwa, negaranya sendiri diejek-ejek. Cenderung memuja produk negara lain. Eh, ketika menginjakan kaki di negara lain, cinta Indonesia banget. Bertemu produk Indonesia atau rekan sesama Indonesia, rasanya itu..... sungguh mengalahkan kebanggaan bertemu aktor papan atas.

4. Hukum, bagi orang Indonesia, bak mainan. 
Terlebih di Indonesia sendiri, kebanyakan orang masih belum sadar atau melek hukum. Melek sih sudah, tapi sadar... mungkin belum. Tak usah rumit-rumit, deh. Di kehidupan sehari-hari saja, kita sering, kan, menemukan banyak pelanggaran hukum. Sudah jelas ada papan peringatan dilarang berjualan, eh nyatanya masih ada yang ngotot. Atau sudah jelas dilarang parkir, masih saja berhenti. Duh! Bahkan oleh aparat penegaknya sendiri pun, hukum masih barang mainan, kok.

5. Suka ikut campur urusan dalam negeri negara lain. 
Negara sendiri saja masih karut-marut, eh malah sibuk prihatin negara lain. Sok-sok ikut kampanye #SaveEgypt, #PrayForRohingya, #PrayForPalestine. Aduh, please deh, di Indonesia, banyak yang tertindas dan masih, mana kampanye #PrayBlaBlaBlah - nya ? Yah mungkin karena pada dasarnya, orang Indonesia suka kepo (In English, meddling or curious) kali yah?

6. Lebih menyukai hal-hal (Something) negatif. 
Di Indonesia, orang lebih suka berita-berita yang negatif. Berita-berita positif seringkali diabaikan. Kalau ada sweeping rumah ibadah, berita perceraian, berita penembakan, berita affair pejabat,.... aduuuuuh, cepat sekali jadi headline. Tapi kalau ada berita keren seperti penemuan kendaraan bio-fuel atau Indonesia sukses bikin tokusatsu ala negeri sendiri, sudah bagus hanya diabaikan. Nah ini malah dicibir dan dipandang sebelah mata.

7.Jam karet.
Sudah bukan jadi rahasia lagi, nih. Memang sudah mendarah daging di nadi tiap warga negara Indonesia. Bikin acara, janjinya jam delapan pagi, eh malah mundur setengah jam - jadi 08.30. Mundur setengah jam, masih lumayan. Ada yang satu jam. Beuh.

8. Pemujaan berlebihan terhadap ekses negara lain.
Ini nih yang menyebabkan negara Indonesia hanya jadi kantung pasar dunia. Padahal kita punya banyak faktor untuk menjadi produsen. Lebih suka musik, barang, film, acara televisi, buku, atau apa saja yang dihasilkan negara lain, ketimbang poduk dalam negeri. Jeleknya, saat budaya kita diklaim, langsung deh mencak-mencak.

9. Pemuja bahasa Inggris nomor wahid.
Setahuku, Indonesia itu dijajah Belanda. Tapi kenapa dalam keseharian, sering sekali menemukan kosa kata atau lafal Inggris dalam percakapan? Fatalnya, saking sebegitunya memuja bahasa Inggris, sering bikin kosa kata yang bahkan - dan yakin sekali - penutur aslinya pun tak tahu sama sekali. Nah lho!

10. (......)
Mari sebutkan salah satu hal yang menjadi karakteristik orang Indonesia lainnya! :D

4 comments:

  1. kadang tidak respek dan menghargai perubahan baru yg membangun...
    :)

    ReplyDelete
  2. heboh sama hal yang gak jelas, kucing garong yang ngehitslah, polisi yang nyanyi, penikmat selera aneh hehe

    ReplyDelete
  3. Iya juga ya,indonesia dijajah belanda.Tapi dalam keseharian nya bayak orang yang menggunakan bahasa inggris,bahkan lancar dalam menggunakan bahasa inggris nya.

    ReplyDelete
  4. So true. :O
    Orang Indonesia juga kurang bisa menghargai. Baik itu karya, maupun pendapat.

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^