Thursday, February 28, 2013

10 Lagu Persahabatan Terbaik - part one


Aku orangnya paling menghargai yang namanya persahabatan. Bagiku, hidup bakal berat banget kalau tak ada teman di sekelilingku. Makanya, aku sebisa mungkin selalu bikin orang suka ketimbang benci padaku, walau ada saja yang benci. Yah, tapi itulah hidup. Yang namanya haters tak akan pernah terhindarkan. Dan karena amat menghargai yang namanya persahabatan, aku begitu tersentuh dengan beberapa lagu bertema persahabatan berikut ini. Disimak, boi!

1. I Thought I Lost You – Miley Cyrus feat John Travolta (Ost. Bolt)

Mungkin sebagian besar orang mengira lagu ini lagu cinta; sebuah lagu yang menggambarkan kisah cinta sepasang kekasih, khususnya dalam menjalani LDR. Tak salah sih ada yang beranggapan seperti itu. Soalnya ada beberapa kalimat atau kata yang merujuk ke arah sana seperti: 'I thought I'd never see your sweet face again'. Tapi coba deh simak baik-baik lirik lagunya itu dan kalian akan menyangka lagu ini bisa juga masuk ke dalam lagu bertema persahabatan. Kalau disimak baik-baik dan diterjemahkan secara harfiah, menurut penafsiranku, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang merindukan keberadaan sahabat-sahabatnya setelah lama berpisah karena suatu hal. Banyak kan kejadian-kejadian dimana kita harus berpisah dengan sahabat atau kroni atau konco-konco kita. Lagipula itu semacam hukum alam, menurutku: ada yang masuk, ada pula yang pergi dari dalam hidup kita. Contohnya saja, waktu kita lulus SD dan beranjak masuk SMP, kita pasti kehilangan beberapa sahabat; dan di saat itulah, kita pasti akan merindukan sahabat-sahabat kita yang pergi demi sesuatu. Nah lagu ini tengah bercerita soal itu; tengah memberitahukan kita betapa pentingnya sahabat kita, apalagi setelah lama berpisah. Lirik ini: 'I swore I never break the promises we made', mungkin menyampaikan hal bahwa dia tak akan pernah mematahkan janji untuk selalu jadi sahabat walau tak lagi bersama. Ketika seseorang telah menjadi sahabat kita, statusnya tetap akan menjadi sahabat, walau tak lama lagi bersama ataupun sedang bermusuhan.


2. One And The Same - Selena Gomez dan Demi Lovato

Semangat persahabatan dalam lagu ini luar biasa - apalagi dinyanyikan oleh dua orang yang sudah kita kenal bersahabat dari kecil. Yah dua orang itu ialah Selena Gomez dan Demi Lovato. Mereka berdua sudah bertemu sejak acara televisi Barney and Friends dan selanjutnya beberapa kali tampil bersama dalam acara televisi, film, kanal Youtube, ataupun video lagu. Makanya bisa dibilang lagu ini merupakan perwujudan dari kisah persahabatan mereka yang selalu bersama-sama mendukung untuk bisa mencapai impian mereka masing-masing. Simak saja penggalan berikut ini:

'Cause we're one and the same
We're anything but ordinary
One and the same
I think we're almost legendary.
You and me the perfect team
Chasing down the dream
We're one and the same!

Indah, yah, melihat ada dua insan yang meyakini bahwa mereka itu segalanya, tapi mengaku juga mereka hanyalah orang biasa; seseorang biasa yang tengah mengejar mimpi masing-masing, lalu melegenda karenanya. Begitupun indahnya saat kita punya sahabat dan ternyata sahabat kita itu sudah jadi 'orang'. Ada kebanggaan tersendiri, lho, memiliki teman seorang seleb, bahkan sebelum orang itu setenar sekarang.


3. Kepompong - Sindentosca 

Lirik lagunya puitis sekali. Penulis lagunya itu - Jalu - luar biasa sekali dalam memetaforakan perjalanan sebuah persahabatan. Yah persahabatan memang seperti metamorfosis seekor kupu-kupu. Sebelum jadi kupu-kupu yang cantik, dia harus melalui tahapan telur, ulat dan kepompong yang tak sebentar. Begitupun persahabatan. Sebelum jadi persahabatan yang indah dilihat orang lain, kita melalui fase-fase tak mengenakan seperti saling bersikap sikap skeptis ataupun berusaha memaklumi perbedaan yang seringkali bikin kita kesal. Pasti kesal kan saat kita ketemu teman yang ternyata memiliki perbedaan, entah itu beda agama, beda suku, beda hobi, ataupun beda kegemaran. Tapi kalau kita lewati semua dan mencoba memaklumi segala perbedaan itu, persahabatan itu bagaikan sebuah kepompong yang tengah menjelma menjadi kupu-kupu yang indah.


4. Arti Sahabat - Nidji

Kata per kata dalam liriknya sudah jelas sekali maknanya. Dan lagu ini memang bertujuan untuk menyampaikan apa itu persahabatan - beserta maknanya - pada kita semua - dan juga kepada dunia bahwa persahabatan jauh lebih penting daripada harta apapun di dunia ini. Simak sendiri saja liriknya dan rasakan maknanya, kawan!

Tak mudah untuk kita hadapi 
Perbedaan yang berarti 
Tak mudah untuk kita lewati 
Rintangan silih berganti

* 
Kau masih berdiri 
Kita masih di sini 
Tunjukkan pada dunia 
Arti sahabat
 
**
Kau teman sehati 
Kita teman sejati 
Hadapilan dunia 
Genggam tanganku
Tak mudah untuk kita sadari 
Saling mendengarkan hati 
Tak mudah untuk kita pahami 
Berbagi rasa di hati

***
Kau adalah..
 Tempatku membagi kisahku 
Kau sempurna 
Jadi bagian hidupku 
Apapun kekuranganmu




5. Sahabat Sejati - Sheila on Seven

Secara lirik, lagu ini tak jauh berbeda dengan lagu poin 3 ataupun poin 4. Lagu ini juga menceritakan tentang pentingnya persahabatan, tapi... yang membedakan adalah bait awalnya. Kalau lagu poin 3 itu lebih mengarah ke metafora soal persahabatan dan lagu poin 4 soal indahnya persahabatan yang terus dijaga - walau sulit, maka lagu ini lebih menekankan pada masa-masa kesukaran dalam menjalin persahabatan dengan seseorang. Ada masa-masa dimana kita malah saling pamer kelebihan ataupun terus bersikukuh opini kita yang terbenar, tapi ke depannya, kita malah sadar bahwa teman lebih dari sekedar materi atau prestise semata. Teman harus selalu ada di saat kita saling membutuhkan.


to be continued...