Friday, August 10, 2012

Total Recall: Beginilah yang terjadi di masa depan



Genre : Sci-Fi/Action
Sutradara : Lens Wiseman
Pemain : Collin Farrell, Jessica Biel, Kate Beckinsale, ...

Segala hal berhubungan dengan konspirasi ataupun dunia mata-mata memang selalu enak disimak. Angel and Demon, Sherlock Holmes, hingga Spy Kid. Apalagi kalau itu dikaitkan dengan dunia masa depan. Wah tambah menarik lagi.

Begitupun dengan film Total Recall, yang merupakan remake dari film sebelumnya yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger itu. Film ini menceritakan mengenai kondisi bumi di masa yang akan datang. Karena masalah lingkungan yang tak bisa diatasi lagi, bumi menjadi rusak. Karena itulah, sebagian besar wilayah bumi tak bisa ditempati lagi. Hanya dua yang bisa ditempati, yaitu Britania Raya dan Australia. Kedua wilayah ini dikontrol oleh satu pemerintahan pusat yang pusatnya di Britania Raya.

Oleh karena pusatnya di Britania Raya, tiap warga di Australia harus pergi ke sana untuk mencari nafkah. Dengan alat bernama The Fall atau Penurun, mereka pergi ke sana dan membangun daerah sana. Karena sebetulnya, mereka hanya diperas saja. Daerah yang makmur adalah Britania Raya. Daerah Australia malah yang menjadi koloninya dan kondisinya sungguh mengenaskan. Ibarat perumahan padat di Indonesia, begitupun yang terjadi di Australia. Bangunan-bangunan yang ada di sana benar-benar kumuh dan tak layak huni. Nyaris tak ada kendaraan bermotor di sana. Kendaraan bermotor pun hanya ada di Britania Raya.

Itulah sebabnya, muncul pemberontakan yang dipimpin oleh Matthias. Oleh pemerintahan pusat, Matthias dan kelompoknya tak hanya dianggap sebagai gerakan separatis, melainkan juga dianggap sebagai teroris. Oleh karena itulah, pemerintahan pusat mengutus seorang agen rahasianya untuk menangani masalah separaris tersebut. Sang agen rahasia, Carl Hauser diutus untuk membunuh Matthias. Sayangnya, Matthias mendadak membelot ke arah Matthias dan ikut serta dalam gerakan separatis tersebut.

Hal itu membuat pemerintah federal (Britania Raya) berang. Carl Hauser ditangkap dan dimanipulasi otaknya. Ia diberikan memori palsu sebagai seorang buruh bernama Douglas Quaid dan mempunyai seorang isteri bernama Lori, yang rupanya agen rahasia juga. Walaupun demikian, kebohongan tetap kebohongan. Pada suatu waktu, Carl Hauser akhirnya tahu yang sebenarnya dan kembali lagi membantu Matthias.Ia juga tahu kalau rupanya pernikahannya dengan Lori hanyalah kamuflase saja.

Meskipun berhubungan dengan konspirasi, sebetulnya alurnya agak membingungkan dan alur ceritanya agak jelek. Masih lebih bagus film pendahulunya itu, yang dibintangi Mr. Freeze. Mengenai Rekall-nya sendiri, yang jadi judul filmnya kurang diceritakan. Film ini hanya berpusat di perang antara federal dan koloni. Unsur Rekall-nya sendiri tak jelas.

Namun, film ini cukup luar biasa di efeknya dan penggambaran masa depannya juga cukup logis. Berbeda dari film-film berlatar masa depan lainnya, Total Recall cukup logis menggambarkan masa depan. Tak terlalu bombastis dengan roket luar angkasa, robot yang menyerupai manusia, ataupun dengan tur luar angkasa. Kondisi masa depannya agak sedikit  nyambung dengan kondisi masa kini. Sehingga seolah-olah ingin mengatakan bahwa di masa depan bakal seperti begini kalau kita tak menjaga bumi kita dengan baik. Saking parahnya, hanya ada dua wilayah saja yang layak huni. Kebayang kan betapa ngerinya hidup di dua wilayah saja.Pilihannya hanya ada dua: kehidupan yang serba canggih atau malah sebaliknya?

Kalau disuruh memilih, kalian pilih tinggal dimana?

Di daerah koloni yang kumuh?


Atau di daerah federal yang wah?



Mungkin itulah juga, kelebihannya Total recall versi Collin Farrell dibandingkan versinya Arnold tersebut. Versinya Collin jauh lebih manusiawi , ketimbang versi Arnold yang fantasi banget, dengan latar Planet Marsnya dan dilengkapi dengan penduduknya yang aneh bin ajaib.

Akhir kata, film ini mendapatkan nilai 8,5 dari 10 bintang. Apabila scene-scene dewasanya di-cut, film ini juga cocok ditonton oleh anak-anak untuk mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan.



* Sumber gambar bisa dilihat dengan mengklik kanan gambar yang bersangkutan.