Tuesday, May 15, 2012

(Mungkinkah) Nama tak ada artinya (?)


Aku suka banget sama Willyam Shakespeare. Dia itu sastrawan tercerdas yang pernah ada. Yah setidaknya menurutku. Karyanya dia yang Romeo and Juliet bisa dibilang yang terbaik dari segala karyanya. Banyak banget film, FTV, sinetron yang meniru ceritanya, khususnya di Indonesia. Alhasil banyak ditemui plesetan nama Romeo dan Juliet.

Romeo banyak diplesetkan menjadi Romi, Roro (Roro Jonggrang kaleee!!!), Meo (Meong kali aaah!!!), Ome, hingga jadi Rojali. Nggak tahu kenapa Romeo kok bisa jadi kebetawi-betawian yah? Apakah si Romeo dulu migrasi ke Jakarta yah? Entahlah.

Begitupun juga dengan Juliet. Nama Juliet sering diplesetkan menjadi Juli, Juleha, Juju, Jule, hingga Eet. Kalau yang terakhir itu karanganku sendiri. Huehehe.

Bicara soal Willyam Shakespeare, ada satu hal yang tak kusuka dari beliau. Bukan, bukan karena nggak pernah mandi. Tapi tuh slogan atau jargon pamungkasnya dia: 'Apalah arti sebuah nama?' Sumpah aku nggak setuju banget. Karena menurutku nama itu ada artinya. Toh orangtua ngasih nama anaknya pasti ada maknanya kan? Ya kan?

Lihat saja banyak orang yang punya nama keren-keren dan mengadopsi nama-nama orang ternama jaman dahulu. Ada yang dikasih nama Thomas gara-gara dia lahir pas Piala Thomas berlangsung. Papanya berharap dia jadi pebulutangkis, walau nyatanya dia hanya seorang penjaga konter pulsa.

Ada juga yang ngasih nama anaknya Diego karena waktu anaknya lahir bertepatan saat Diego Maradona memberikan Napoli gelar scudetto. Babehnya berharap si Diego itu bisa jago main bola kayak Maradona. Eh faktanya, jangankan gocek bola, nendang bola aja nggak becus.

Terus masih banyak orang-orang kayak gitu. Orang-orang yang punya nama keren-keren karena orangtuanya yang terlalu berharap. Ekspetasinya terlalu tinggi. Kasih nama anaknya Ronald Reagan dan berharap anaknya bisa jadi presiden Amerika. Eh tahunya, jadi RT pun tak sanggup.

Selanjutnya ada pula kebiasaan orangtua yang ngasih nama anaknya Cantik, Ayu, Pretty, Jelita, Beauty, hingga Indah. Biasanya itu berlaku buat anak perempuan. Kan nggak mungkin anak laki-laki namanya kayak begitu. Bisa di-bully sampai tua dia. Hehehe.

Nah aku sering heran dengan kebiasaan yang satu itu. Apa sih dasar mereka memberikan nama anaknya seperti itu? Apa dulu karena waktu lahirnya terlihat ayu, makanya dikasih nama Ayu? Walau nyatanya wajahnya dia jauh banget dari kesan ayu. Atau karena ekspetasi orangtuanya yang kelewat tinggi, sehingga berharap si anak bisa ayu wajahnya kelak. Yah syukur-syukur bisa secantik Ayu Azhari.


Oh yah, ngomong-ngomong ada nggak yah anak laki-laki yang nama di aktanya itu Ganteng atau Tampan atau Handsome? Aku penasaran. Cewek aja banyak, masak cowok nggak ada yang namanya seperti itu? Kayaknya seru juga kalau nanti anakku yang cowok, kuberikan nama Ganteng. Hahaha.

Selain pemberian nama anak karena ekspetasi orangtuanya yang patut dipertanyakan lebih lanjut, aku juga heran sama kebiasaan orangtua kasih nama anaknya berdasarkan nama benda-benda angkasa. Contohnya ada yang ngasih nama anaknya Bintang, Bulan, Matahari, Venus, hingga Pluto. Opsi terakhir itu sungguh malang buat si anak. Dirinya disamakan dengan anjingnya Miki Tikus.Ckckck. Kira-kira nama panggilan apa yah yang cocok buat si Pluto ini? Plu-Plu, Toto, Lulu atau O'on ?

Apa pula motif mereka kasih nama seperti itu? Apa berharap suatu saat anaknya bisa ke Bulan, Bintang, Venus, atau Matahari. Opsi terakhir, ekstrem banget. Atau berharap anaknya bisa menjadi penerang dunia bagaikan matahari atau bintang? Lagi-lagi high expectation.

Selain itu ada pula orangtua yang kasih nama yang aneh buat anaknya. Aku pernah dengar kalau ada orang namanya Komputer. Entah apa yang di benak orangtuanya, bisa punya ide sebrilian itu? Sekalian saja kasih nama anaknya Piring, Garpu, atau Kakus. Nggak usah tanggung-tanggung gitu.

Lebih anehnya lagi, nama anaknya Anto Hoed dan Melly Goeslaw. Mereka kasih nama anaknya itu Anakku Lelaki Hoed. Sumpah itu nama teraneh yang pernah kudengar. Kenapa nggak sekalian bikin nama buat anaknya itu kayak gini: Berharap Anakku Ganteng Dan Seganteng Nicholas Saputra.  Gimana yah kalau ada anak yang di aktenya tertulis seperti itu namanya? Kira-kira apa yah panggilannya? Berha, Ganteng, Dan, Anak, atau Nicholas? Anyone knows?



Jadi kesimpulannya, jargonnya Willyam Shakespeare itu salah. Nama itu ada artinya. Tiap orang memberikan nama ke anaknya atau ke sesuatu pastilah ada artinya. There's a hope behind a name.

Syalalala... Masak bodoh !
Yang penting gue udah jadi terkenal ! Weee....



* Sumber gambar bisa dilihat dengan cara mengklik kanan gambar yang bersangkutan

31 comments:

  1. hahhaa...nama terakhir panjang bener kayak orang ngantri sembako :p

    ReplyDelete
  2. nama aneh ada nama tetanggaku mas...
    happy new year....


    lagipula apa arti nama..???
    mawar dinamai tai juga tetep wangi kok...
    :P

    ReplyDelete
  3. Nama itu do'a orang tua bagi anak. Jadi, buatlah nama yang baik untuk anak. Memberi nama yang baik ini salah satu kewajiban orang tua lho..

    ReplyDelete
  4. yep bener, dan postingan ini bikin gua cengegesan
    buahahah

    ReplyDelete
  5. ahahahaaa,,,
    yg pnting punya nama^^

    btul kn????
    heheeee

    ReplyDelete
  6. hahahaha... kayanya kamu terlalu cetek deh menanggapi quites nya shakespeare....


    TK yakin banget maksudnya dia tentang "Apalah arti sebuah nama" gak sesederhana itu...

    Coba deh selami lagi maksudnya... dan tentu dengan positif thinking... pasti kamu bakal nemu banyak nilai positif dari makna kalimat ini... jangan liat sisi negatifnya ^^

    misalnya dari kata itu bisa kan kita jabarkan tentang "Gak perlu beda-bedain RAS, SUKU BANGSA, AGAMA" yang merujuk pada suatu kesatuan... dan semacamnya...

    TK sih sebenernya orang yang peduli sama nama.. siapa sih yang mau dikasih nama jelek sama orang tuanya... kan nama itu juga bisa dibilang doa atau harapan orang tua sama anaknya... kaya namamu... Imanuel... artinya kan bagus tuh! "Allah beserta kita"... Mungkin orang tua kamu berharap supaya hidup kamu disertai berkat Tuhan sepanjang hidup kamu... bukan berarti mereka kamu diminta menjadi seperti sosok Tuhan...

    Nama itu sebenernya kompleks... gak bisa diartikan dengan sesederhana itu... pasti ada maksud tersendiri lah dari setiap nama...

    kaya yang TK pernah TK ceritain tentang nama-nama TK dan saudara2 TK yang semua dikasih karena ada perhitungan dll... semuanya bertujuan demi keseimbangan dan keselarasan... cuz menurut kepercayaan orang-orang Tionghoa... ngasih nama anak itu gak boleh sembarangan... gak boleh terlalu wah dan gak boleh terlalu jelek... harus pas... soalnya kalau salah kasih nama, misalnya terlalu wah namanya... dan ternyata anaknya gak cocok sama arti namanya... anaknya bisa sakit-sakitan... mangkanya sering ada acara ganti nama,... gitu...

    Dan arti nama Thomas itu sebenernya "Kembar"... tapi seperti yang kamu bilang diatas.. bisa aja seorang anak dikasih nama Thomas karena ayahnya terobsesi dengan Thomas Cup... tanpa tau arti nama Thomas sesungguhnya... dan gak heran klo jadi tukang jaga pulsa... hahaha klo TK sendiri di kasih nama Thomas karena TK kurang unsur logam (emas), jadi dikasih nama Tho-Mas biar ada unsur "Mas" yang ikut terus... sebagai penyeimbang... orang tua TK juga gak tau arti nama Thomas sebenernya apa... dan lagi... masa depan itu bukan ditentukan oleh nama.. tapi oleh usaha tiap pribadi... so disini quotes nya Shakespears sangat betul...

    "Apalah arti sebuah nama"

    Cuz nama TK : Thomas... tapi TK gak akan jadi tukang jaga pulsa... Tapi bakal jadi "orang yang besar"... amin...


    hehehehehe... gitu deh ^^

    wah komennya jadi panjang... udah kaya nulis post sendiri...

    ReplyDelete
  7. Shakespeare (agak) goblok, nama itu sangat berarti dan penting =__=
    tiap nama punya banyak makna, toh lagian nama itu jadi identitas buat siapapun (bahkan benda sekalipun), yah biarpun kita sering ketemu sama orang2 yg punya nama "unik" dan bikin kita mikir terlalu jauh kenapa namanya harus itu.

    ReplyDelete
  8. eeeh sumpah deh geli bgt liat nama anaknya Melly XD konyol #eh
    artinya apaan ya?

    ReplyDelete
  9. iya setuju banget deh sama Nuell

    ada yang bilang NAMA ITU DOA....
    jadi ketika dikasi nama AYU, berharap anaknya berparas AYU....
    tapi ketika ternyata paras anaknya tidak sesuai dengan doanya tadi, ya mungkin Tuhan belom mengabulkan yaa

    ReplyDelete
  10. ada kok nuel orang tua yang memberi nama anak lelakinya "bagus", bagus kan kalau di jawa artinya ganteng, cakep, tampan :)

    ReplyDelete
  11. nama itu penting, tanpa nama kita manggil dia apa dong

    ga mungkin manggil "Hei!"

    nanti semua orang merasa dipanggil :p

    ReplyDelete
  12. uhm... gimana ya mas. kata si Willyam Shakespeare tentang "apalah arti sebuah nama?" menurut persefsi saya sih gak sama kayak mas Iman.

    COba mas Iman bayangin sebuah lukisa abstrak deh... bayangin dulu, baru baca... ayo bayangin.... jgn bayangin jupe gak pake apa2. bayangin sebuah lukisan abstrak.

    nah kalau udah, coba kita liat lukisan abstrak itu dari berbagai sisi... pastinya dari segi pandang manapun bergambar gak jelas. menurut kita yang punya mainset yg berbeda dgn si pembuatnya. menurut kita pasti gak ada maknanya atau ada maknanya tapi berbeda persefsi dgn si pembuat, menurut si pembuat maka lukisan yang kita pikirkan berbeda dgn dia...

    ReplyDelete
  13. bener kak! ada harapan dibalik sebuah nama . kalo nama gak ada artinya mungkin nama gue bukan aulia (bahasa arab artinya pemimpin), bisa aja nama gue batu gitu -____-)"

    ReplyDelete
  14. nama adalah do'a. jadi inget nama temen saya "kokohi imani". kemungkinan besar itu doa dari ortu nya, biar imannya di beri kekokohan. :)

    eh ada juga orang yang nama nya "nama". -..-"

    ReplyDelete
  15. kayaknya namaku keberatan arti :P
    oh ya aku di Jakarta sekitar tanggal 28 nuel.. :)

    ReplyDelete
  16. Pagi pagi baca post ini udah ngakak abis,,,,

    tapi setuju nih sama thomas, maksud dari "APALAH ARTI SEBUAH NAMA" gak sesederhana itu...

    ReplyDelete
  17. nama itu beneran doa ortu tauuuk...
    contoh nya gw, namanya gw djamila artinya cantik, nah bener kan gw jadinya cantik begini *muntah* hahahaa....

    ReplyDelete
  18. termasuk klo coment tuh jangan anonymous ya masbRoo.. ;)

    ReplyDelete
  19. Bagi saya nama adalah sebuah doa mas, jadi saya juga ndak sembarangan memberi nama anak-anak saya.

    Saya juga pernah tau nama-nama yang tak lazim, karena memang saya pernah dengar dari kawan saya klo org batak karo tuh namain anaknya sesuai gimana keadaan lahirnya si bayi..liat meja ya bisa dinamain meja. liat kursi ya dinamain kursi hehe

    ReplyDelete
  20. kalau menurutku, Willyam Shakespeare gak salah...dia khan cuma nanya apalah arti sebuah nama? ya tergantung kita bilang ada atau tidak ada #pasang muka sok tau

    ReplyDelete
  21. ada temen gue cewek namanya Ayu tapi....lebih ayu-an gue -_____-

    ReplyDelete
  22. @ TK + ndezz: hahaha... ini postingan buat have fun aja kok... yah kalian memang benar juga sih.... hehehee... sori yah buat yang namanya dipake juga buat contoh.... :P

    ReplyDelete
  23. wahahahahahahaha
    gue sih menganggep nama itu sekedar doa aja bang ..
    kalau ada harapan atau ekspektasi orang tua yang salah, itulah bukti bahwa dalam hal berdoa atau berharap aja manusia masih bisa salah ..
    hhe

    ReplyDelete
  24. @ yahya: hmmm.. kalau dipikir-pikir sih emang postinganku ini bisa juga ditjukan ke mereka2 yang suka pake anonim/yang pake nama2 alay... hahhahaha... makasih mas udah diingetin.. hehehe... ^^

    ReplyDelete
  25. nama itu ga cuman doa. tapi juga jalan untuk pulang.. :))

    ReplyDelete
  26. berbagi Kata Kata Motivasi
    Orang slalu bilang km perlu melakukan ini dan itu, tp km tahu yg terbaik ttg dirimu dan apa yg perlu km lakukan.

    Tulus dalam menggali potensi diri. Meniru hanya membuatmu menjadi orang lain, tak ada yg bisa dibanggakan. Jadi dirimu sendiri.

    Keikhlasan hati dan ketegasan sikap, akan menjadikan kamu lebih siap dan lebih berani dalam menyelesaikan setiap masalah.

    Apapun yang kamu rencanakan, apapun yang kamu ingin lakukan, awalilah dengan doa.

    Doaku hari ini: Tuhan, berikan aku keberanian, kesabaran dan keikhlasan untuk menghadapi sulitnya kehidupan. semoga dapat di terima gan, dan salam kenal :D

    ReplyDelete
  27. Gue rasa maksudnya Shakespeare bukan itu hehehe dia bilangnya kan bukan cuma "apalah arti sebuah nama?" tapi "what’s in a name? that which we call a rose by any other name would smell as sweet." maksudnya itu dia ngegombalin si rose, kalopun namanya bukan bunga, dia bakal tetap harum hehehe

    Tapi emang bener juga "apalah arti sebuah nama?" kalo misalkan namanya Ayu, tapi ternyata orangnya (maaf) gak Ayu... atau kalau anaknya bernama Sopan, eh aslinya gak sopan... atau seperti yg lo bilang dikasih nama Ronald Reagan dan berharap anaknya bisa jadi presiden Amerika eh taunya, jadi RT pun tak sanggup. Atau namanya Otong, bisa aja dia jadi pengusaha sukses... hehe apalah arti sebuah nama. Hidup orang itu tergantung cara menjalaninya :D. Tapi bagaimana pun, ya, kita harus tetap menghargai nama dari orang tua, yang mungkin berupa doa :D

    ReplyDelete
  28. nabis baca postingan ini saya jadi ketawa sendirian. nama anaknya mely emang aneh, wkwkwk. setiap nama itu katanya do'a-->kata my father.

    ReplyDelete
  29. @ teguh: oh yah.. bener juga.. saya kelewatan.. gak kepikiran juga.. makasih mas udah diingetin... ^^

    ReplyDelete
  30. Yoai, selalu ada harapan dibalik nama yg diberikan orang tua. makanya jangan asal ganti nama panggilan...

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^