Thursday, May 24, 2012

(Mungkin) Ini moral dari komik Doraemon


Siapa sangka komik Doraemon karangannya Fujiko Fujio punya filsafat tinggi. Yah setidaknya buatku. Buatku komik Doraemon bukanlah sekedar komik biasa. Ada banyak nilai di sana. Salah satunya itu, untuk tak terlalu bergantung kepada alat atau teknologi.

Selain itu, sebetulnya, masih banyak nilai-nilai lainnya yang terkandung di dalam komik Doraemon. Termasuk tokoh-tokohnya itu sendiri sebetulnya, kalau diperhatikan, ada nilai di sana. Nggak percaya? yuk simak penjelasannya dariku.

***

1. Nobita Nobi

Mungkin bagi kita, Nobita itu tokoh yang lembek, cengeng, lamban, bodoh dalam pelajaran sekolah, dan tidak bisa berolahraga. Atau kalau minjam istilahnya temanku, Djalu, Nobita itu cupu (Culun Punya) Mampus. Tapi sebetulnya, bila kalian simak seluruh kisahnya, Nobita itu pantang menyerah. Apapun cobaan yang ia terima, ia tak pernah menyerah, termasuk dalam memperjuangkan kisah cintanya dengan Shizuka. Bahkan di setiap komik serial petualangan Doraemon, hampir bisa dipastikan (90%) Nobita-lah yang memulai petualangannya. Selain itu, Nobita-lah juga yang jadi pemimpin dalam petualangan tersebut.

Selain sifatnya yang pantang menyerah, Nobita itu punya sifat yang terlalu baik. Dia seorang altruistik.  Suka menolong  orang lain yang terkadang malah menyeretnya ke dalam masalah. Namun separah apapun masalah itu, pada akhirnya Nobita akan selalu bergembira.

Oh yah, Nobita ini juga menginspirasi aku banget. Banyak yang bilang Nobita itu payah, tapi payah-payah gini, Nobita jago lho dalam hal menembak. Mungkin kalau diasah dengan baik, Nobita bisa jadi atlet menembak yang handal bagi Jepang.

Satu lagi, anehnya, sebodoh-bodohnya Nobita, pada kenyataannya, nanti Nobila malah jadi 'orang'. Apalagi Nobita-lah sendiri yang menciptakan Doraemon.

2. Takeshi Goda "GIANT"

Mungkin bagi kalian, tokoh bernama Giant ini seorang yang kasar, serakah, dan tukang bully nomor satu. Yah mungkin bisalah dibilang public enemy number one. Tapi percayalah, Giant itu sebetulnya hatinya baik walau kasar. Solidaritasnya dia tinggi. Di beberapa kisah petualangan Doraemon, sering diceritakan kalau  Giant ini punya rasa setia kawan yang luar biasa. Dia juga nggak mudah melupakan jasa-jasa orang lain padanya. Contohnya itu, waktu ia ditolong Nobita di seri Petualangan Nobita di Jaman Dinosaurus.

Waktu itu, baling-baling bambunya Giant baterenya habis dan Giant hampir jatuh. Nobita lalu langsung sigap menolongnya. Giant pun nggak melupakan itu. Sehingga itu membuatnya setuju meneruskan petualangan untuk mengembalikan Pisuke ke Jepang, ketimbang mengikuti kata-katanya pemburu Dinosaurus.

Bisa dibilang, Giant itu kasar tapi hatinya hello kitty. Dan banyak orang yang seperti Giant juga, lho, di dunia ini. Selain itu, dia juga anak yang sungguh berbakti pada orangtuanya, khususnya ibunya yang paling ditakutinya. Oh yah, Giant juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi dengan bakat menyanyinya itu, walau kualitas suaranya jelek banget.

3. Suneo Honekawa

Ini tokoh yang paling kubenci. Sebabnya, Suneo itu muka dua, suka cari muka, sombong suka pamer, dan sebetulnya jauh lebih penakut dari Nobita. Ia juga serakah. Seringkali dia egois, tanpa memikirkan orang lain. Terbukti di seri-seri petualangannya Nobita, Suneo-lah yang paling anti dengan petualangan, walau petualangan itu sendiri wajib dilakukan sebetulnya, karena ada misi kemanusiaan di dalamnya. Selain itu, Suneo itu terlalu realistis, yang mungkin inilah 'sisi positif'nya dari dia.

4. Doraemon

Ibarat cerita Pinokio, Doraemon itu Jimi Jangkrik-nya Nobita (Tahu kan Jimi Jangkrik? Itu lho jangkrik kecil yang suka nangkring di pundaknya Pinokio.). Dia tak sekedar jadi penolongnya Nobita, tapi benar-benar jadi sahabatnya Nobita. Kapan pun Nobita mengalami kesulitan, Doraemon nyaris selalu ada untuk membantunya.

5. Shizuka Minamoto

Sahabat sejatinya Nobita, selain Doraemon. Orangnya tak hanya cerdas, tapi juga rajin dan pantang menyerah. Walau nggak berbakat main biola, dia nggak putus asa berlatih biola.Di setiap petualangan Nobita, dia selalu ada dan tak pernah menarik diri seperti Suneo.

Oh yah di salah satu kisah, diceritakan kalau Shizuka bersedia menikahi Nobita yang lemah, karena tak tega meninggalkan Nobita sendirian hidupnya. Dia bahkan rela menjadi penamping seumur hidupnya Nobita. Keren!


***


Tuh kan? Banyak kan moral atau filsafat dalam komik Doraemon. Dari tokoh-tokohnya saja bila kalian ikuti, ada nilai-nilai di sana.  Selain itu, masih banyak hal-hal positif lainnya yang bisa diambil dari serial Doraemon. Mulai dari tetap pede dengan apa yang dimiliki walau tak enak bagi orang lain, berkata jujur walau resikonya besar, perjuangan mendapatkan sesuatu, tetap santai meskipun ada masalah ataupun perjuangan meraih mimpi.

Sepertinya Fujiko Fujiko nggak sekedar bikin komik saja, namun juga memikirkan pula nilai edukasinya. Hmmm....



* Sumber gambar bisa dilihat dengan mengklik kanan gambar yang bersangkutan

18 comments:

  1. wekekkeek, Shizuka sm Nobita emank cocok :D

    ReplyDelete
  2. Tapi sejak jaman RCTI baru nongol di Tipi sampe Gue udah mau lulus kuliah gini tetep aje ye mereka masih kelas 5 SD,... Wkwkwk..

    ReplyDelete
  3. wkwkwk-ngakak baca komen di atas :D

    aku suka Nobita kok, kalo nggak ada dia kan nggak seru. nggak ada yang bikin ulah, nggak ada yang suka minta tolong ngrengek2 ke Doraemon :D

    ReplyDelete
  4. cerita Doraemon emang seru. bukan untuk anak2 aja, buat yg dewasa juga asyik ditonton. hehe

    ReplyDelete
  5. saluut buat penulisnye nyang kagak keabisan ide buat ngidupin karakter tokoh2nye :D

    ReplyDelete
  6. Baru tahu kalau jenis karakter kayak NObita di sebut altruistik. Dan menurut saya Nobita memang seru dan asyik kok...dia justru yg bikin cerita doreamon jadi lebih hidup

    ReplyDelete
  7. ini tontonan pas masih kecil sampe udah segede skarang.. bahkan sekarang adek spupuku yg msh pada SD juga doyan sama doraemon.. :D bahkan sepupu yg cowok (kelas 5SD) sekarang jadi kolektor segala barang yg ada doraemonnya.. hehehe...

    ReplyDelete
  8. Giant, walaupun suka kasar dan sebagainya tapi ia anak yang berbakti sama ortu, paling takut sama ibunya :D

    ReplyDelete
  9. bener banget mas nuel...
    pengamat komik doraemon nih kayaknya...
    :)


    semuanya pasti ada nilai moralnya...
    penokohannya jelas dan berkarakter.....

    ReplyDelete
  10. wkwk, cuma Suneo yg ga punya moral baik :P iya sih emang, toh lagian dia itu juga sombong sama tukang pamer.
    di Doraemon tokoh yg paling aku suka sih ya Doraemon itu sendiri, hehe

    ReplyDelete
  11. gak ada bosennya yah nonton n baca komik doraemon... melegenda memang nih...

    nobita kan tokoh utamanya ^^

    klo diliat dari konsep ceritanya...

    Fujiko Fujio mau angkat tentang "from zero to hero"

    dan tentu yang kaya gini sangat menginspirasi... terlebih untuk anak-anak yang merasa dirinya lemah seperti nobita...

    yang paling penting dari Doraemon tuh... Doraemon mengajarkan TK secara pribadi untuk bermimpi dan berimajinasi...

    love it

    ReplyDelete
  12. nueel...kebaikan hati suneo-nya mana?
    oiy..giant itu kalo marah emang nyeremin, tapi kalo nangisnya mewek abis
    :D

    ReplyDelete
  13. @ patricia + NF: makasih yah masukannya... ^^

    @ rezka: kayaknya pas aku baca2, emang ga ada sisi baiknya dia.... jarang keliatan... hehhee.... sorry... ^^v

    @ Glen: eh bukannya kelas 4 SD ya?

    @ TK: sepertinya emang mengusung konsep itu...

    @ dihas: bukan pengamat juga sih tapi emang benar2 suka.... jadinya paham betul... ghehehe

    @ ella: yup... mungkin sampe ke depannya bakal tetep jadi favorit... ^^

    @ ririe: yah kurang lebih seperti itulah artinya altruistik...

    @ naya: mungkin karna serinya banyak + ga ada endingnya, makanya karakter tokohnya kayak hidup gitu...

    @ uli: sepakat.... :)

    @ ajeng: setuju... seperti yang dibilang TK, pusat cerita itu yah di Nobita....

    @ ngetik: hahaha.... cocoknya dimana yah? :P

    ReplyDelete
  14. satu lagi untuk nobita .. dia itu kreatif bgt .. dan ide kretaif nya itu slalu muncul saat lagi terpojok ... salut deh sama nobita ... kalo giant kayaknya sayang bgt deh ama adek semata wayangnya ... ^_^

    ReplyDelete
  15. Oh my goodness! A dream come true for those lucky sweethearts! You did a marvelous job.♥♫

    ReplyDelete
  16. takeshi juga sangat menyayangi adiknya

    ReplyDelete
  17. Eh, gw baru sadar nobita sendiri yg buat doraemon. Komiknya udh tmat ya? Shizuka emang baik bgt dah, syang shizuka gak mau sm gw.. #lho

    ReplyDelete
  18. kalo dipahami secara mendalam, memang selalu ada sisi baiknya ya dari setiap hal yg kita temui :)

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^