Thursday, March 22, 2012

(Mungkin) Kita nggak harus enggan







Mungkin banyak di antara kalian yang merasa jijik atau enggan untuk membeli makanan dari pedagang-pedagang seperti mereka. Mungkin banyak di antara kalian yang merasa dagangannya mereka tidak higienis, mereka jualannya di tempat yang kotor, kandungan gizinya nggak bagus, dll, dsb.

Tapi pernah nggak sih kalian nyadar kalau mereka juga terpaksa jualan di sembarang tempat? Mereka terpaksa jualan di dekat tong sampah. Mereka terpaksa jualan di dekat got yang kebuka. Yah karena bagi mereka mungkin susah nyari tempat jualan yang ideal. Tempat jualan yang mungkin nggak harus bayar, sehingga bisa memperkecil pengeluaran mereka. Tempat jualan yang mungkin juga aman dari preman yang suka memalak atau kejaran Satpol PP. Hingga tempat jualan yang benar-benar bersih, sekaligus murah untuk kantongnya mereka.

Setidaknya dengan mereka jualan seperti itu kan, mreka sudah menggunakan kemampuan mereka. mereka sudah berusaha sekuat tenaganya untuk mencari nafkah. Mereka tidak layak diperlakukan seperti kaum lainnya yang hanya meminta-minta atau menodong atau menjambret atau mencopet.

Jadi.. Ketimbang kalian makan di tempat-tempat mahal yang sudah pasti terjamin higienisnya atau gizinya, kenapa kalian nggak coba untuk beli makanan atau minuman dari mereka. Hitung-hitung, kalian sudah mencoba mengurangi penderitaan mereka yang harus mencari rezeki buat anak, istri, atau anggota keluarganya yang lain.

Tutup mata sajalah terhadap isu-isu miring terhadap barang dagangannya mereka itu. Hiraukan kalau apa yang mereka sajikan itu nggak steril, nggak higienis, mengandung zat ini, mengandung zat itu. Abaikan saja. Tokh segala yang kita makan akan keluar lagi kan melalui anus, setelha melewati proses metabolisme yang cukup melelahkan?!

Apalagi nggak semua pedagang kaki lima itu jorok atau dagangannya tidak terjamin kualitasnya. Apakah karena satu-dua pedagang yang jorok atau nakal, kita jadi antipati terhadap semua pedagang kaki lima yang ada?

Padahal, kalau kita membelinya dengan niat baik, niscaya Tuhan akan melindungi kita dari hal-hal negatif. Dan bila mereka tidak jujur dalam berdagang, niscaya juga Tuhan akan membalas. Biarkanlah Tuhan yang membalas. Hanya Tuhan yang berhak membalas.

Bila kita berpikir yang positif, hasil positiflah yang akan datang. Bila kita berpikir yang negatif, hasil negatiflah yang datang.

So, come on! Buy the food or drink from them. Do not care about your prestige or your disgust! Your money help them. Helping them for leaving from valley of poverty! :)


#Renungan setelah membeli es buah dari seorang pedagang kaki lima waktu kemarin sore