Wednesday, February 8, 2012

(Mungkin) 10 film Disney paling berkesan


Setiap film keluaran Walt Disney pasti selalu ada tulisan bersambung yang merupakan tanda tangan pendirinya, Walter Elias Disney.


Dari aku kecil hingga sekarang, aku suka banget nontonin film-film keluaran Walt Disney Production. Rata-rata film keluaran mereka memang animasi dan penuh makna. Soundtrack pengiringnya juga keren. Dan inilah ke sepuluh  film Disney yang menurutku paling berkesan. Ups, sembilan deh. Soalnya satu lagi, kalian yah yang nyebutin. Hahaha. :D


1. Aladdin
Tema film Aladdin ini sebetulnya klise, yaitu berceritakan mengenai kisah cinta seorang pemuda miskin dengan seorang putri kaya raya. Namun oleh Walt Disney, kisah klasik dari Kisah 1001 Malam ini disulap menjadi tak sekedar film romantis biasa. Ada komedinya, juga ada unsur tegang yang sering dijumpai di film-film Adventure. Oh yah, ada satu seri Aladdin yang saya sukai, yaitu Aladdin and the Prince of Thieves. Seri ini menceritakan pertemuannya Aladdin dengan sang ayah yang rupanya anggota dari 1000 penyamun. It’s so inspiring!

Tokoh bernama Genie itu kocak.


2. Tarzan
Film ini menceritakan mengenai perjalanan seorang anak manusia dalam menemukan jati dirinya. Namun siapa sangka ia malah mendapatkan jackpot, yaitu cinta. Siapa sangka seorang pemuda yang selama ini dibesarkan di keluarga gorilla dapat mendapatkan cinta dari seorang manusia yang benar-benar besar dalam keluarga dan kehidupan manusia.

Ini scene yang paling kusuka dari Tarzan


3. The Emperor’s New Groove
Film ini menceritakan mengenai kisah seorang raja suku Inca yang begitu arogan. Saking arogannya, ia ngotot membangun sebuah vila di atas bukit dan di tanah perkampuangan warganya. Karena arogansinya itulah, sang raja Kuzco sampai tak sadar akan bahaya yang menimpa dirinya. Penasehatnya, Yzma ternyata selama ini merencanakan suatu kudeta terhadapnya. Yzma berencana menyingkirkan sang raja dengan meminumkan ramuan beracun ke dalam minumannya. Untungnya, salah ramuan. Karena ramuan yang diberikan itu sebetulnya ramuan menjadi llama. Dan dari situlah kemudian, Kuzco menjalani petualangan dan tersadar kalau selama ini dirinya sungguh arogan.

(Ki-Ka) Yzma - Pacha - Kuzco Llama - Pacha


4. Lilo and Stitch 
Siapa sangka, seorang gadis kecil yang nakalnya super ini malah jadi penyelamat bumi. Ke semuanya itu berasal dari kedatangan alien yang bentuknya agak mirip anjing. Sehingga awalnya Lilo menyangkanya anjing dan member nama Stitch. Singkat kata, film ini benar-benar mengajarkan kepada kita apa itu arti keluarga yang sesungguhnya.

Ini nih alien bernama Stitch itu


5. Monster, Inc.
Selama ini para monster yang berada di Monster Incorporation telah dibohongi. Mereka selama ini dibohongi kalau segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia itu beracun. Kenyataannya tidak. Juga selama ini usaha mereka mengumpulkan jeritan anak-anak manusia sebagai pasokan energi mereka ternyata agak sia-sia. Karena rupanya suara tertawa anak-anak jauh lebih menghasilkan energi. Dan kedua fakta tersebut berhasil diungkapkan oleh Sullivan dan temannya yang bermata satu.

Suka lupa sama nama makhluk yang bermata satu itu? Anyone knows?




6. Toy Story 
 Film ini menceritakan mengenai kehidupan mainan-mainannya Andy yang sebetulnya hidup. Toy Story ini sendiri sebetulnya terdiri dari tiga seri. Seri pertama menceritakan mengenai persaingan antara Woody dengan Buzz. Seri kedua menceritakan mengenai Woody, si mainan koboi yang rusak dan tak sengaja terjual ke seorang kolektor mainan Wild West. Seri ketiga menceritakan mengenai kehidupannya para mainannya Andy setelah Andy beranjak remaja. Dan dari kesemuanya itu, aku bisa mengambil benang merah kalau Toy Story ini murni film bertemakan persahabatan. Arti persahabatan tergambar dengan cukup sempurna di Toy Story.

Awalnya Woody nganggep Buzz itu saingan yang harus disingkirkan. Tapi lama kelamaan, malah jadi rekan.


7. Wall-E 
Film miskin dialog ini sungguh penuh makna. Film yang menceritakan mengenai robot engumpul sampah bernama Wall-E ini dari awal filmnya membawa suatu propaganda, yaitu kampanye Global Warming. Namun unsur propagandanya tak terlalu kental. Karena berhasil terbungkus dengan baik dengan sebuah kisah romantis, yaitu kisah cinta antara robot pengumpul sampah bernama Wall-E dengan robot pencari unsur tumbuhan bernama Eve. Kegigihan cintanya Wall-E terhadap Eve benar-benar luar biasa. Ia mati-matian melawan Robot Pengontrol yang menonaktifkan Eve. Rupanya sang robot tak rela kalau manusia bumi kembali lagi ke bumi. Ia ingin mereka terus berada di pesawat luar angkasa dengan terus dikontrol oleh robot.

Wall-E: THE HERO OF THE FUTURE


8. Bolt 
Film ini menceritaka mengenai kisah hidup seekor anjing yang sering bermain film. Saking seringnya ia sampai tak bisa lagi membedakan mana yang nyata, mana yang khayalan. Ia terlalu terpengaruh oleh plot filmnya, sehingga mengira itu benar-benar terjadi. Namun ke semuanya berubah saat Bolt tersesat ke suatu daerah dan bertemu dengan Mittens, seorang kucing liar. Lewat Mitten dan beberapa binatang lainnya yang nanti kelak akan jadi sahabatnya, perlahan-lahan Bolt tersadar kalau kehidupan yang selama ini ia jalani adalah suatu kepura-puraan.

Lucu yah Bolt itu?



9. Mulan 
 Film ini menceritakan mengenai kehidupannya Mulan, seorang gadis China yang karena kerelaan hatinya ikut wajib militer untuk menggantikan sang ayahnya. Apalagi di keluarganya tak ada anak laki-laki, sehingga sang ayahlah yang masuk wajib militer. Dari kamp itu nantinya, Mulan akan menjalani hal-hal yang seru hingga ia akan menemukan cinta sejatinya. Oh yah, menurutku, film Mulan ini termasuk film yang cukup frontal. Karena Walt Disney sukses membuat film dengan tema yang tak lazim yang nantinya akan dipasarkan secara massal ke seluruh dunia. Jarang ada film-film di negeri Paman Sam yang mengangkat tema emansipasi wanita.

Mulan itu terinspirasi dari kisah klasik di China sono, Hua Mulan.



10. ….. --> Silakan sebutkan satu film keluaran Walt Disney yang kalian anggap paling berkesan.


* Sumber gambar bisa diketahui dengan cara mengklik kanan gambarnya