Tuesday, November 22, 2011

REVIEW FILM: BREAKING DAWN

Genre: Drama Fiksi
Sutradara: Bill Condon
Pemain: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner, ....











Setelah novelnya ku-review tahun lalu, kali ini aku akan mereview filmnya. And as usual, this review is spoiler alert. :D

Filmnya ini tak jauh berbeda dengan novelnya. Hal yang membedakan adalah novelnya itu divisualisasikan ke dalam bentuk dua film: part one dan part two.an yang kutonton tadi itu adalah part one-nya.

Part one-nya itu menceritakan mengenai Bella Swan yang menikah dengan Edward Cullen. Adegan per adegan pernikahannya itu menurutku sudah sesuai dengan ekspektasiku. Terutama ketika Jacob Black menghadiri pesta pernikahannya Bella. Saat itulah, nanti Jacob Black akan memaki Bella terhadap keputusannya Bella yang bersedia dinikahi vampir bernama Edward Cullen.

Begitu pun dengan adegan Bella dan  Edward bulan madu ke Pulau Esme yang terletak di negara Brazil. Adegan bulan madunya hingga adegan saat Bella tahu dirinya hamil divisualisasikan dan KStew cukup lihai memerankan adegan-adegannya itu tersebut. So natural.

Selanjutnya nanti Bella akan dibawa ke rumah keluarga Cullen untuk menjalani perawatan. Nah semua adegan waktu Bella dirawat itu tidak ada yang terlewati. Klop. Acting masing-masing pemain juga meyakinkan. Hanya saja acting-nya Taylor Lautner sebagai Jacob kok terasa kurang yah? Di novelnya itu, Jacob itu jadi pemeran utamanya, loh. Apalagi memang ada bagian khusus Jacob (lihat di sini dan di sini) nya.

Di sini, aku melihat Jacob Black itu malah sebagai pemeran pembantu. Padahal di novelnya itu, tokoh utamanya itu Jacob Black dan Bella Swan. Sepertinya sutradaranya kurang memberikan porsi lebih kepada karakter Jacob. Jadinya kemunculan Taylor Lautner di filmnya itu bisa dihitung dengan jari.

Oh yah berhubung nanti bakal ada sekuelnya, sekalian saja yah aku beberkan 'ending'nya. Apalagi kan sudah ku-warning mengandung spoiler. Hehehe (alibi.com). Jadi, 'ending'nya itu nanti Bella akhirnya berhasil melahirkan Renesmee yang imut-imut (Swear, guys, the baby as Renesmee is so cute!). Setelah pengorbanannya Bella meminum darah manusia hanya agar Renesmee Janin mendapatkan darah segar, Bella akhirnya terbebas dari siksaannya Renesme. Sayangnya setelah itu, Bella koma.

Selanjutnya, ...

Yah ada di part two-nya. Wakaka..... :D Karena di part one-nya hanya diceritakan pada saat Bella melahirkan dan koma. Adegan saat pertemuan dengan Volturi itu nanti diceritakan di part two-nya.

Oh yah, kritik terakhir, adegan waktu Jacob Black, Seth Clearwater, dan Leah Clearwater sedang berunding dengan gengnya Sam Uley untuk memikirkan masa depan calon bayinya Bella juga kurang gereget. Begitu pun waktu  Jacob dikejar Seth atau Leah. Di filmnya itu tidak begitu sesuai dengan cerita di novelnya.

But overall, novel ini cukup memuaskan dahagaku sebagai pecinta twilight saga. Hehehe. Beberapa adegan penting terekspos dengan baik seperti adegan bulan madunya Bella dan Edward ataupun adegan Bella sedang meregang nyawa untuk melahirkan Renesmee. Yang terakhir itu, tegangnya dapat. So thriller. Begitu pun dengan saat Jacob Black menemani Bella hingga melahirkan. Menurutku, Bill Condon tidak terlalu mengubah alur cerita di novelnya. Perubahannya itu, yah hanya sekitar 30 % lah. Hehehe. :)

Sebagai penutup, mungkin bagi kalian yang menantikan kemunculannya Renesmee, sorry, in this part, Renesmee is a sweet baby (dalam artian, memang masih bayi). Siap-siap kecewa saja. LoL

23 comments:

  1. hmm, setelah sy nonton realnya emng terasa kurang greget gimana gitu ya,, kirain sy sj yg agak2 kecewa

    ReplyDelete
  2. Waduuww baca reviewnya gak paham, hehe maklum gasuka twilight.
    Tapi bapaknya edward yang carlisle itu ganteng juga~

    ReplyDelete
  3. hmmm nonton gak ya hehehe ga berminat sama seri twilight sih hehehe

    ReplyDelete
  4. wah padahal baru selasa 22 nopember ini guru TIK saya, Pak Gempur Abdul Ghofur membahasnya..
    wah keren :D

    ReplyDelete
  5. gak ada link downloadnya gan?

    ReplyDelete
  6. Meski ga terlalu suka twilight series, pengen liat juga sih. Nanggung klo nggak ikut sampe beres. Tapi berhubung ga ada Dakochan, jadi rada males juga :-/

    ReplyDelete
  7. Meski ga terlalu suka twilight series, pengen liat juga sih. Nanggung klo nggak ikut sampe beres. Tapi berhubung ga ada Dakochan, jadi rada males juga :-/

    ReplyDelete
  8. paling suka waktu Bella sudah jadi Vampir. sayangnya, film pertama ini berakhir pada saat bella terbangun sebagai vampir ya?

    bagian 2 nya layak buat ditunggu. soalnya di novelnya diceritakan dengan detail bagaimana kemampuan seorang vampir dari kecepatan , kekuatan, penglihatan.

    Bella juga punya kemampuan super yaitu perisai pikiran yang akan menentukan kemenangan keluarga Cullen saat berhadapan dengan keluarga Volturi yang dipimpin oleh Aro, Caius dan Marcus.

    Seandainya Aro tidak terlalu takut pada Bella, ia pasti akan tetap melaksanakan niat awalnya untuk menghancurkan keluarga Cullen. Tapi Aro tahu, dengan adanya Zafrina di pihak kita, merekalah yang akan buta pada saat pertempuran dimulai.

    Sementara, bakat-bakat mereka dibuat menjadi tidak berguna oleh Bella.

    => kabut Alex yang bertujuan untuk menganestesi tidak mempan, sedangkan ilusi dari Jane yang menyakitkan pun juga gagal menembus perisai pikiran Bella.

    ReplyDelete
  9. udah premiere ya :O gg terlalu minat sih jadi gg ngikutin :P
    mungkin si Taylor kurang pamor dibanding Robert :P

    ReplyDelete
  10. waaah...udah nonton nih ceritanya...saya beluuummm >,<

    ReplyDelete
  11. jujur...kaga ikutin pilem ini dari awal, bukan berarti ndeso kan...hihiii :p

    ReplyDelete
  12. sudah skripsi sekarang rajin nonton kayaknya...

    ReplyDelete
  13. @ affip: ah enggak juga mas... ni juga karna filmnya yang memang udah ditunggu2... hehehe

    @ feby: hahaha.... nyante aja feb. ni film dua minggu ke depan juga masih tayang kayaknya. :)

    @ aul: sabaaaaar. ^^

    @ jiah: takut yah? :p

    @ naya + ocky: never mind.. every person has own way, especially about their hobby. :)

    @ rabest: makanya ditonton. hehehe...

    @ tiara: mungkin juga. :)

    @ kevin: makasi oom masukannya. ^^

    @ rain: iya sih. tapi nyante aja, part 2nya, dakotanya main. hehehe

    @ joe: waduh saya gaptek mas. hehehhe

    @ soca: sesuatu banget yah? #benerinkaftan

    @ sitti: reviewnya udah diperbaiki. maaf yah. kemaren buatnya buru2. hehehe... kalo soal ganteng, tanyakan ke kaum cwe. sya masih normal mba. hehehe

    @ al kahfi: tos dulu kalo gitu. ^^

    ReplyDelete
  14. yang pertama saja aku belum nonton

    ReplyDelete
  15. yo saya kurang suka dengan film ini...
    genrenya kali ya...
    atau pemerannya...
    :P

    ReplyDelete
  16. Belum nontooooon, baca novelnya sih udah jauh2 hari. Tapi filmnya dari twilight-eclipse lumayan sering nonton soale di HBO kemarin ada berkali2 tayang :D dan anehnya aku selalu suka film2 vampire

    kalo murni bayi kurang greget dong ya pemeran Renesmeenya, kan di novelnya lumayan sangar lakon si bayi :D


    tapi kebanyakan novel yang di filmkan emang gitu kan, asyikan sambil baca di buku sambil ngebayangin sendiri gimana2 n gimananya hehehe

    ReplyDelete
  17. @ ajeng: setuju deh. ^^

    @ dihas: kayaknya sih pemainnya... hehhee

    @ john: kasiaaaan... :p

    ReplyDelete
  18. haha, jujur aja sejak kecewa dengan film pertama twilight gue gak pernah mau nntn lagi film Twilight series..

    mungkin kalo gue gak baca bukunya gue bakal nntn film'a.. sayangnya gue baca semua bukunya.. -_-

    ReplyDelete
  19. @ enny: yah begitulah nasib novel yang difilemin.... :D

    @ said: emaaaaang.... ^^

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^