Tuesday, November 22, 2011

REVIEW FILM: BREAKING DAWN

Genre: Drama Fiksi
Sutradara: Bill Condon
Pemain: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner, ....











Setelah novelnya ku-review tahun lalu, kali ini aku akan mereview filmnya. And as usual, this review is spoiler alert. :D

Filmnya ini tak jauh berbeda dengan novelnya. Hal yang membedakan adalah novelnya itu divisualisasikan ke dalam bentuk dua film: part one dan part two.an yang kutonton tadi itu adalah part one-nya.

Part one-nya itu menceritakan mengenai Bella Swan yang menikah dengan Edward Cullen. Adegan per adegan pernikahannya itu menurutku sudah sesuai dengan ekspektasiku. Terutama ketika Jacob Black menghadiri pesta pernikahannya Bella. Saat itulah, nanti Jacob Black akan memaki Bella terhadap keputusannya Bella yang bersedia dinikahi vampir bernama Edward Cullen.

Begitu pun dengan adegan Bella dan  Edward bulan madu ke Pulau Esme yang terletak di negara Brazil. Adegan bulan madunya hingga adegan saat Bella tahu dirinya hamil divisualisasikan dan KStew cukup lihai memerankan adegan-adegannya itu tersebut. So natural.

Selanjutnya nanti Bella akan dibawa ke rumah keluarga Cullen untuk menjalani perawatan. Nah semua adegan waktu Bella dirawat itu tidak ada yang terlewati. Klop. Acting masing-masing pemain juga meyakinkan. Hanya saja acting-nya Taylor Lautner sebagai Jacob kok terasa kurang yah? Di novelnya itu, Jacob itu jadi pemeran utamanya, loh. Apalagi memang ada bagian khusus Jacob (lihat di sini dan di sini) nya.

Di sini, aku melihat Jacob Black itu malah sebagai pemeran pembantu. Padahal di novelnya itu, tokoh utamanya itu Jacob Black dan Bella Swan. Sepertinya sutradaranya kurang memberikan porsi lebih kepada karakter Jacob. Jadinya kemunculan Taylor Lautner di filmnya itu bisa dihitung dengan jari.

Oh yah berhubung nanti bakal ada sekuelnya, sekalian saja yah aku beberkan 'ending'nya. Apalagi kan sudah ku-warning mengandung spoiler. Hehehe (alibi.com). Jadi, 'ending'nya itu nanti Bella akhirnya berhasil melahirkan Renesmee yang imut-imut (Swear, guys, the baby as Renesmee is so cute!). Setelah pengorbanannya Bella meminum darah manusia hanya agar Renesmee Janin mendapatkan darah segar, Bella akhirnya terbebas dari siksaannya Renesme. Sayangnya setelah itu, Bella koma.

Selanjutnya, ...

Yah ada di part two-nya. Wakaka..... :D Karena di part one-nya hanya diceritakan pada saat Bella melahirkan dan koma. Adegan saat pertemuan dengan Volturi itu nanti diceritakan di part two-nya.

Oh yah, kritik terakhir, adegan waktu Jacob Black, Seth Clearwater, dan Leah Clearwater sedang berunding dengan gengnya Sam Uley untuk memikirkan masa depan calon bayinya Bella juga kurang gereget. Begitu pun waktu  Jacob dikejar Seth atau Leah. Di filmnya itu tidak begitu sesuai dengan cerita di novelnya.

But overall, novel ini cukup memuaskan dahagaku sebagai pecinta twilight saga. Hehehe. Beberapa adegan penting terekspos dengan baik seperti adegan bulan madunya Bella dan Edward ataupun adegan Bella sedang meregang nyawa untuk melahirkan Renesmee. Yang terakhir itu, tegangnya dapat. So thriller. Begitu pun dengan saat Jacob Black menemani Bella hingga melahirkan. Menurutku, Bill Condon tidak terlalu mengubah alur cerita di novelnya. Perubahannya itu, yah hanya sekitar 30 % lah. Hehehe. :)

Sebagai penutup, mungkin bagi kalian yang menantikan kemunculannya Renesmee, sorry, in this part, Renesmee is a sweet baby (dalam artian, memang masih bayi). Siap-siap kecewa saja. LoL