Wednesday, October 5, 2011

REVIEW: Pirates of the Caribbean on The Stranger Tides




Genre: Adventure
Sutradara: Rob Marshall
Artis: Johnny Depp, Penelope Cruz, Ian McShane, ...


Pertama kubilang untuk menonton dulu sekuel-sekuel sebelumnya. Yah karena kalian bakal tak paham alur cerita film ini.Banyak banget hal-hal dari film ini yang hanya diketahui dari sekuel-sekuel sebelumnya. Yah walaupun kuyakin kalian bakal masih tetap bisa ngikutin dan ngerti alurnya. Jujur film ini tak terlalu bergantung sama sekuel-sekuel sebelumnya. Trust me!

Ok deh, check it out! Dan seperti biasa kawan, review berikut ini mengandung spoiler tingkat tinggi. Hehehe... ^^v

Film ini menceritakan perjalanan kapten bajak laut bernama Jack Sparrow ke suatu daerah antah berantah dalam misi pencarian mata air yang bisa bikin peminumnya awet muda. Namun mata airnya itu harus dicampur dengan air mata putri duyung yang menurutku sangat cantik.

Cantik gan yang jadi putri duyungnya dan topless. ^^ Nama pemerannya Astrid Bergès-Frisbey




Kenapa harus dicampur dengan air matanya? Karna air matanya itu berfungsi untuk menetralisir khasiat dari mata airnya biladiminum langsung. Kalau diminum langsung, mata air itu malah dapat menimbulkan kematian buat si peminumnya.Itulah yang menyebabkan Blackbeard mati setelah minum mata airnya (SPOILER: ENDING).

Namun kali ini, Jack Sparrow tidak dalam kapasitasnya sebagai kapten. Ia harus menjadi seorang awak di kapalnya Blackbeard yang rupanya ayahnya Angelica Teach, musuh bebuyutannya yang sepertinya terobsesi dengannya. Tapi walau harus jadi awak di kapal Queen Anne's Revenge milik Blackbeard, teteup Jack Sparrow is Jack Sparrow. Teteup konyol kayak biasanya. :D

Selain armada bajak lautnya Blackbeard, rupanya ada dua pihak yang mengincar mata air dan air mata putri duyung tersenut. Yang satu itu pihak armada Kerajaaan Britania Raya yang dikomandoi mantan bajak laut bernama Hector Barbossa dengan dibantu mantan awaknya Jack Sparrow, Joshamee Gibbs. Pihak satunya lagi adalah armada Kerajaan Spanyol yang rupanya gak berniat sama mata air tersebut. Armada Spanyol hanya ikut-ikutan doang dan ingin membuktikan mata air itu hoax.

Oh yah film ini nambah seru aja dengan kemunculan karakter seorang misionaris muda bernama Phillip. Bayangin film bajak laut ada karakter yang selalu ngasih wejangan-wejangan rohani! Kocak gila!!! :D Karakter bernama Phillip entah kenapa ada di kapal Queen Anne's Revenge. Di sini yang bikin ku bingung.

Si Phillip ini nanti secara tak langsung jadi penyelamat armadanya Blackbeard. Karena nanti, berkat si Phillip yang jatuh cinta sama putri duyung yag diberikan nama Syrena olehnya, armadanya Blackbeard mendapatkan air matanya si putri duyung cantik nan sexy itu.Bahkan karena saking jatuh cintanya, nantinya si Phillip ini rela mengikuti Syrena ke tempat asalnya.

Setelah mendapatkan air matanya putri duyung, armadanya Blackbeard tinggal mencari dua cawan yang ada di kapal Ponce Leon. Mereka mau tak mau mencari dua cawan itu, karena memang begitulah seharusnya. Mata air dan air mata tersebut harus diminum dari cawan tersebut.Dan cawan itu nantinya malah ditemukan oleh armadanya Spanyol terlebih dahulu. Jack Sparrow dan Barbossa yang sudah berada di kapal itu akhirnya kecewa. Lalu mereka berdua bekerja sama untuk merebut cawan itu dari pihak Spanyol dan BERHASIL.

ENDING: Nantinya akan terjadi pertempuran antara armadanya Blackbeard dengan armada Inggris pimpinannya Hector Barbossa setelah armada Spanyol pergi.Nantinya juga sesuai ramalan, Blackberd akan mati di tangannya Barbossa. Begitu pun dengan Angelica yang tangannya terluka parah dan nyaris meninggal. Jack Sparrow lalu mengambil mata airnya tersebut. Namun karena hanya ada sedikit air mata duyung, mau tak mau harus ada yang berkorban dan orang itu adalah ...... BLACKBEARD, ayahnya Angelica yang rupanya mantan pacarnya Jack Sparrow.

Oke,kurasa kalian kebingungan dan sulit mengerti alur ceritanya, jadi kusarankan kalian nonton aja filmnya. Kalian bisa nonton di bioskop atau DVDnya. Tapi kusarankan juga nih nonton versi bajakannya aja. Soalnya aku waktu nonton sama Dion dan Astri dibikin kecewa sama pihak 21-nya Plaza Semanggi. Ada beberapa adegan yang di-cut. Mana yang di-cut-nya itu (kurasa) masih nyambung sama alurnya. ZzzzZ....

Oh yah dari sisi teknikalnya, efek di film ini juga kereen. Nyaris kayak peristiwa sungguhan. Selain itu, ketimbang sekuel-sekuel sebelumnya, film ini jauh lebih ku mengerti alur ceritanya dan di film yang ini juga, Jack Sparrow benar-benar jadi tokoh utamanya. Makanya itu, di film yang ini, kalian tak akan menemukan lagi karakter bernama Elizabeth Swan dan Will Turner.