Friday, September 16, 2011

Mereka itu bukan untuk DILIHAT, tapi DIRASAKAN!



WARNING: Jangan baca postingan ini dan lihat di atas jam 10 malam!!!


Menurut kalian, pocong itu ada atau tidak? Eits, maksudku, bukan @Poconggg jelmaannya si Arief itu loh? Hehehe...! Kalau menurutku, pocong itu ada di luar konteks saya pernah melihatnya atau tidak.Karena saya yakin, makhluk-makhluk gaib seperti pocong, kuntilanak, tuyul, hingga yang impor seperti drakula itu ada. Hanya saja tidak semua orang bisa melihat keberadaan mereka. Kalau saya sih berharap saja jangan sampai bertemu dengan salah satu dari mereka.

Nah begitu juga dengan Tuhan. Tuhan sama seperti makhluk-makhluk gaib tersebut. Hanya sedikit kuduga yang bisa bersua denganNYA. Tapi janganlah kita berkata TUHAN ITU TIDAK ADA. Karena menurutku Tuhan itu ada dan keberadaanNYA hanya bisa dirasakan, bukan dilihat. 

Hal itu sama seperti udara. Udara itu ada atau tidak? Kalau konteksnya harus sesuatu yang bisa dilihat dengan mata telanjang, mungkin kita bisa bilang udara itu enggak ada. Tapi sesungguhnya udara itu ada. Karena udara hanya bisa kita rasakan. Udara hanya bisa kita lihat dalam bentuk angin tornado yang tak semuanya bisa melihatnya. 

Berikut saya punya sebuah cerita (mungkin anekdot) tentang hal ini. 

Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswa nya dengan pertanyaan ini, "Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?".

Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, "Betul, Dia yang menciptakan semuanya".

"Tuhan menciptakan semuanya?" Tanya professor sekali lagi. "Ya, Pak, semuanya" kata mahasiswa tersebut.

Profesor itu menjawab, "Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan Kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan".

"Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau Agama itu adalah sebuah mitos.

Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, "Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?".

"Tentu saja," jawab si Profesor,

Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, "Profesor, apakah dingin itu ada?"

"Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada.

Kamu tidak pernah sakit flu?" Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya.

Mahasiswa itu menjawab, "Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada.

Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas."

Mahasiswa itu melanjutkan, "Profesor, apakah gelap itu ada?" Profesor itu menjawab, "Tentu saja itu ada."

Mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi anda salah, Pak.

Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak.

Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya."

Akhirnya mahasiswa itu bertanya, "Profesor, apakah kejahatan itu ada?"

Dengan bimbang professor itu menjawab, "Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya.

Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari kejahatan."

Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi Anda salah, Pak.

Kejahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap, kejahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan.

Tuhan tidak menciptakan kejahatan. Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya."

Profesor itu terdiam.

Siapakah mahasiswa tersebut???

Mahasiswa yang dimaksud itu adalah Albert Einstein. Saya salut sama dia. Ia bisa berpikir logis tapi tetap percaya kalau Tuhan itu ada. Ilmuwan-ilmuwan Eropa dan Amrik sana biasanya menafikkan soal keberadaan Tuhan. Karena berpendapat segala sesuatu itu harus bisa dijelaskan.  Itu yang menurutku salah.

Karena menurutku, tidak semua hal bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan. Saya pernah baca di Intisari kalau pernah ada kasus aneh yang dialami seorang dokter. Si dokter itu pernah menemukan ada benda aneh (saya lupa bendanya apa. :p) di dalam tubuh pasiennya. Hingga saat ini, si dokter enggak bisa menjelaskan kenapa ada benda tersebut di dalam tubuh pasien itu. Akhirnya mereka menduga itu akibat perbuatan mistik.

Dan kalau kalian (bagi yang atheis) masih tetap meragukan hal-hal tersebut, termasuk Tuhan dan menganggap semuanya harus ada penjelasan ilmiahnya, kusarankan ada baiknya kalian membaca MENJAWAB ATEIS INDONESIA karangan Eko Arryawan yang diterbitkan oleh Media Abadi Indonesia.


Sedikit reviewnya bisa dilihat di blognya mbak Fanny Sang Cerpenis Bercerita. Dan sebetulnya tulisan ini saya buat untuk diikutsertakan dalam kontesnya mbak Fanny lagi  REVIEW BUKU BERHADIAH. Hehehe...! ^^v

37 comments:

  1. sip sip...peserta pertama nih...hm....terima kasih ya. kamu cepet sekali reaksinya. saya catat dulu ya.

    ReplyDelete
  2. makasih mbaaa.. iya kebetulan saya lagi ada ide juga.. hahaha... :D

    ReplyDelete
  3. di film kalo menurutku, john. hehehe.... :p

    ReplyDelete
  4. wah mas nuel peserta pertama ya....
    saya belum tahu mbak SCB mengadakan giveaway lg...
    :)

    ReplyDelete
  5. http://zonesa.blogspot.com/2011/04/god-exist.html

    sama ma postingan saya yg ini,,eh salah mirip..
    :)

    ReplyDelete
  6. ya udah has di daftarin aja... :D

    ReplyDelete
  7. waduh aku terhenyak ketika tau itu adalah einsten :)

    ReplyDelete
  8. ku juga kaget waktu tau itu einstein.... :)

    ReplyDelete
  9. hii salam kenal iya dari vira .. :)
    jangan lupa mapir keweb vira iya di http://www.rumahkiat.com/ vira mau berbagi pengalaman nih.:)
    wah bagus juga iya blog ka2 ... ^_^ good luck iya.....

    ReplyDelete
  10. Iya pernah baca cerita itu juga gw.... Tuhan tuh ada dimanapun lu ada, tergantung lu peka gak sama keberadaan-Nya.... dan gw pribadi yakin sekalipun lu gak nganggap DIA ada DIA tetep perduli sama lu... itu hebatnya DIA...

    ReplyDelete
  11. wahhhhhh, semoga menang Nuel. Aku baru baca ceritanya justru dari kamu neh... tanya dong Nuel, emang Arief itu siapa? yang kamu bilang nyamar @poconggg itu, pas gempar2nya kemarin cuma baca detikhot deskripsi twitternya aja, no pict dan keterangan yang jelas.

    ReplyDelete
  12. tuhan adalah anak kecil yang senang memainkan manusia seperti semut dengan kaca pembesar. film apa ya yang ngomong kayak gitu? lu tau, nuel. :)

    ReplyDelete
  13. woaah keren :O Einstein skakmat itu professor :O

    ReplyDelete
  14. semoga menaaaaang! review nya keren om!

    ReplyDelete
  15. wah, sepertinya saya harus membaca buku ini nih. :D

    ReplyDelete
  16. kalo yang gua tau ada percakapan gini:
    Prof: Tuhan itu tidak ada
    Mahasiswa: Kenapa?
    P:Soalnya kalian tidak bisa melihatnya
    M:Berarti profesor tidak ada otak.
    P:Kenapa?
    M:Sebab saya tidak dapat melihatnya..

    ReplyDelete
  17. keberadaan Tuhan itu sebenernya sangat logis ya... aku gak ngerti sama jalan pikiran orang2 yg nggak mengakui adanya Tuhan... ckckck...

    semoga menang, Nuel

    ReplyDelete
  18. JEGERRRR...gua pikir lu cerita apaan, ternyata...hahaha

    ReplyDelete
  19. Ciamiikkk deh lo nueel.. gue kira mau cerita tentang pocong...hehee

    klo menang, hadiahnya bagi dua ya :D

    ReplyDelete
  20. wahhh ikutan ini ya noel :D

    manteppp

    chika masih bingung mw nulis apa buat lomba yang ini

    ReplyDelete
  21. Hihi tadi udah serius mikir loh aku awal bacanya, eh ternyata ikutan lomba tho....
    Moga menang ya Nuell :)

    ReplyDelete
  22. Nuel.. good luck ya :)
    bdw, kamu bakat ngereview buku..

    salam kenal dari Bulet ya anw :)


    http://betweencatandcow.blogspot.com/

    ReplyDelete
  23. brinkka2011 says: Im speechless. This is a superb blog and very enticing too. Great work! Thats not in point of fact so much coming from an amateur publisher like me, however its all I may say after diving into your posts. Nice grammar and vocabulary. No longer like other blogs. You really recognize what you?re speaking approximately too. So much that you just made me want to explore more. Your weblog has grow to be a stepping stone for me, my friend.

    ReplyDelete
  24. Tuhan itu memang ada dan tak terbantahkan.. :)

    sukses ya, moga menang kontesnya :)

    ReplyDelete
  25. Tuhan ada tapi tak bisa dilihat, hanya bisa dirasakan. Begitu ya? Bagaimana kalau ternyata Tuhan bisa dilihat?

    ReplyDelete
  26. wew update niih....
    :)

    udah ketahuan ya...
    :P

    ReplyDelete
  27. huahuahuaa giveaway lagi xD
    ikutan lagi ah gua xD

    ReplyDelete
  28. Ngomong2 soal yang gaib-gaib, saya belum pernah 'melihat' mereka sama sekali. Saya bersyukur. Tapi saya tetap meyakini bahwa ada makhluk lain (yg gaib) ciptaan Tuhan. :)

    ReplyDelete
  29. Sudah beberapa kali baca anekdot itu.
    Dan...ya, bagus banget anekdotnya :)
    Sebuah pelajaran hidup bagaimana cara kita mengenal Tuhan :)

    ReplyDelete
  30. Healah...ternyata ikut kontes. bagus juga. Semoga menang ya.

    ReplyDelete
  31. @ arqu + diana: amiiinnn.. :D

    @ zippy: yup. gw juga sering koq baca cerita2 ini..... :)

    @ asop: saya juga sama... :)

    @ rain + chika: ikutan juga yuk... :D

    @ Dihas: hahaha.... iya .. ketauan yah? :p

    @ affip: emang mas bisa lihat Tuhan? :p

    @ nurie + sanchia: gw lagi ga ngereview buku loh sebetulnya. apa yang gw tulis kayaknya juga ga ada di bukunya. hehehe... :D

    @ chichi: hahaa... kena deeeh.... :D

    @ belo: kalo menang dan kalo ketemu yaaah,..... :p

    keven: emang mikirnya gw ceritaan apaan ciih? :D

    @ lyliana: bagi mereka, segala sesuatunya harus bisa dijelaskan secara ilmiah dan kasat mata.

    @ yus: ikutan aja yus kontesnya. siapa tau lu menang. :D

    @ tiara: lu kira main catur? :p

    @ raja: ga tau mas.

    @ ajeng: soal poconggg, pernah gw bahas di http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/09/anonymous.html

    @ ferdinand: bener kata lu... ^^

    @ vira: salam kenal juga... ^^

    ReplyDelete
  32. Bahaha iya tuh Nuel, sependapat sama si Keppi. Kirain elu lagi ikutan bahas si poconggg yang lagi rame ntuh...

    ReplyDelete
  33. semoga menang yah. Saya g ikutan neh yg ini.

    ReplyDelete
  34. aduuh amit2 deh ya klo sampe liat, jgn sampe liat "mereka" ! -____-

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^