Monday, August 22, 2011

friendster oh friendster



Tulisan gw kali ini terpengaruh oleh tulisannya Adit. Si Adit di blognya kan  lagi bahas soal friendster dan karna dia tuh gw jadi pengen nulis hal yang sama. Tentang friendster.

Gw inget, friendster adalah akun pertama gw di social media. Gw inget banget gw bikin friendster waktu kelas 3 di ruang lab komputer sekolah. Waktu gw SMA, tepatnya kelas 3, pelajaran komputer merupakan mata pelajaran terakhir.

Kenapa terakhir? Karna jadwalnya hari jumat dan tiap sabtu, sekolah gw libur. Plus Komputer emang di jam terakhir setelah Seni Musik dan Olahraga. Seni Musik tuh di jam 7 dan Olahhraga di jam (kurang lebihlah yah!) di jam setengah 9. Setelah pelajaran Olahraga biasanya jam istirahat. Nah setelah istirahat itulah, barulah jam pelajaran Komputer. FYI! Jam istirahatnya tuh dari 09.30-10.00.

Sebelum pelajarannya dimulai, ketika istirahat, gw dan temen-temen gw diperbolehkan untuk masuk labnya. Nah di saat seperti itu, temen-temen gw buka internet. Biasanya sih, mereka buka friendster. Maklum saat itu, friendster emang situs jejaring sosial favoritnya remaja-remaja SMP-SMA. Kalo gw biasanya sih hanya browsing-browsing aja, dan buka email.

Tapi karna kepenasaran gw setelah liat yang lain pada maen FS, gw tertarik juga untuk buka account di FS.  Gw buka situsnya dan daftar sendiri. Untuk foto profilnya sendiri, gw ambil gambarnya Hulk Hogan yang ada di folder komputernya. Mungkin gambarnya disimpen di komputer tersebut sama anak-anak SMP yang kebetulan satu lab dengan anak-anak SMA.

Gw waktu itu juga ga punya hape sama sekali, termasuk hape kamera. Gw baru diijinin punya hape kalo udah kuliah. Sehingga, daripada foto profilnya kosong, gw make gambarnya Hulk Hogan.

Namun karna ga ngerti sama sekali soal friendster, gw tinggalin aja tuh akunnya. Soalnya biasanya sih kalo gw buka internet, gw lebih suka browsing ato log ini ke forum fansbola.com. Ato kalo lagi digoda setan, (ehem) gw mampir-mampir ke situs-situs yang forbidden. Hehehe...!

Tapi lama kelamaan, khususnya setelah akun gw di FS ditemukan oleh temen gw, Ibeth dan di add sama dia, gw mulai kecanduan maen FS. Ampir sepulang sekolah, gw mampir ke warnet deket rumah hanya untuk ngotak-ngatik FS. Seinget gw, gw pernah seharian nyari temen-temen lama gw di FS. Gw mulai ketemu akunnya Cakica, Ronnie, Toni, hingga akun-akunnya temen-temen SMA. Selaen itu, gw mulai melakukan hal-hal ga jelas. Kirim komen ga jelas, ngebulbo hal-hal ga penting, hingga bikin grup.

Yup. Waktu itu, gw bikin grup sebagai wadah para alumni sekolah Markus (SMP gw dulu). Gw nge-invite temen-temen gw buat gabung ke grup yang gw bikin. Iya gw tau, itu NYAMPAH BANGET!!! Ga jelas banget deh kerjaan gw waktu itu. >.<

Gw inget juga. Di saat anak-anak lain pada maen gamen online, cuman gw doang deh satu-satunya bocah yang maen FS. Kalaupun ada juga yang buka FS, yah palingan itu anak cewek. >.< Yang cowok kebanyakan maennya game online kayak CS ato Dota.

Gw inget juga. Biasanya tarif  yang lebih sering gw keluarin tuh biasanya 3ribu. Gw maen cuman bentar. Kadang doang sih maen ampe mesti ngeluarin duit  5ribu. Oh yah selaen FS, gw juga punya akun juga di LiveConnector. Tapi gw lebih sukanya log in di FS dengan alasan lebih rame di FS. Gw udah punya banyak temen online di FS. :D

Baru deh, di taun 2008, gw mulai tertarik socmed lainnya, yaitu FACEBOOK.Waktu itu, gw tau facebook dari artis sensasional, Marshanda. Waktu itu, gw baca di koran, kalo Marshanda cerita dia ga punya akun di FS dan dia hanya buka akun di FB. Hmm... Gw mulai tertarik sama Facebook. Oke gw akuin, gw bikin akun di FB, yah karna supaya bisa nge-add dan temenan secara online sama Marshanda. Hehehe...! Kapan lagi coba bisa punya berteman ama artis walau hanya di dunia maya? :D Maka karna itu, di bulan Juni 2008, gw mulai buka akun di FB. Tapi karna gw masih gak ngerti sama FB, gw masih tetep eksis di FS.

Tapi sampe akhirnya, di taun 2009, FS mulai gw tinggalin. Selaen gw, FS juga ditinggalin sama temen-temen FS gw laennya.Ga hanya gw, tapi semua remaja laennya lebih milih hengkang ke FB. Jadilah FS bagaikan sebuah rumah kosong.Walaupun headernya FS berubah jadi ijo muda (alay banget!), FS tetep aja udah kalah pamor sama FB yang digemari oleh semua usia.

Oh yah, di FS pula, gw juga sempet ngeblog. Yah, FS waktu itu nyediain fasilitas blog. Gw sempet 3x ngeblog di sana. Gw inget waktu itu tulisan gw masih ababil banget. Kadang ada kata yang digedeinlah, ada yang diwarnainlah. Hihihi...! Pokoknya lu bakal ketawa deh baca tulisan gw waktu itu. Sayang, blog gw di FS udah lama gw apus sebelum gw buka akun di FB. Tapi baguslah, gw malah jadi malu sendiri dan ngakak kalo baca tulisan gw di blog waktu itu. :D

Sayang pula juga, gw ga ngeabadiin halaman FS gw, termasuk komen-komen di dalemnya. Kalo gw tau FS bakal pindah haluan jadi situs penyedia game, gw bakal abadiin dulu semua kenangan gw di FS kayak yang dilakuin si Adit. Gw bakal nge-screen shoot beberapa halaman FS yang mau gw abadiin dan bakalan simpen beberapa testimonial dan commentnya. Karna itu bakal jadi bukti kalo gw juga pernah ber-alay ria di Friendster.

Sayang semuanya udah terlambat. FS udah berubah haluan dan semua datanya dilenyapkan oleh yang bersangkutan. Dan gw hanya bisa bilang good bye buat semua kenangan terindah gw di FRIENDSTER. :D

Dan sebagai pengingat, gw tampilin gambar-gamabr berikut ini yang gw colong dari mbah google. :D Selamat bernostalgia dengan Friendster. :D
 Logo Friendster yang lama dan yang baru


Halaman Friendster yang lama


Halaman Friendster yang terakhir kali gw liat (2010)

19 comments:

  1. Untung gua sempet ngebackup dulu semua data gua...fuhhhh

    Backupnya ada di sini
    http://claude-c-kenni.blogspot.com/2011/05/friendster-is-closing.html

    Mungkin lu udah pernah baca, hehehe

    ReplyDelete
  2. wah nuel nakal jg yak kl lg digoda setan hahahahawah nuel nakal jg yak kl lg digoda setan hahahaha

    ReplyDelete
  3. hha nggak sempet ngeabadiin ya mas.

    biarkan dia tenang bersemayam di alam yg tidak terihat di sana...

    ReplyDelete
  4. facebook bakal bernasib sama ga ya...?? :P

    ReplyDelete
  5. kesimpulannya, semua dari kita pernah beralay ria diFS ya? haha

    ReplyDelete
  6. @ yus: kali ini gw setuju sama lo. hehehe....

    @ zone: mungkin kali yah? soalnya sekarang gw buka FB, gw udah jarang liat temen2 gw ol lagi di FB.

    @ adittya: yup. mungkin sudah seharusnya dia beristirahat dengan tenang dari gangguan para alay. :D

    @ inggit: wajarlah. namanya juga laki2. Hahahaha

    @ keven: udah baca gw koq. hahhaha

    ReplyDelete
  7. gak pernah punya fs. jadi kurang ngerti juga.

    ReplyDelete
  8. Hihihi FS juga akun jejaring sosialku yg pertama Nuell...
    Udah innalillahi juga...
    *nyeka air mata

    ReplyDelete
  9. @ mab fanny: gapapa koq mbak. tokh FS udah almarhum ini. hahahha

    @ chichi: samaan kita yah? hehehe

    ReplyDelete
  10. ternyata memang banyak pengguna fs dulu yang alay...

    "alay adalah proses menuju kedewasaan".. ahahah.. :P

    ReplyDelete
  11. hahaha.... iya iya... gw dulu juga pernah alaaaaay. LoL

    ReplyDelete
  12. hahha, jadi inget dulu aku berlomba2 nge-hack akun fs orang dan ngebanggain klo bisa ngehack,wkkwkkk

    ReplyDelete
  13. Aku kenal FS kelas 2 SMA, umur 15, waktu itu.. Awalnya ga mau buat, tp karena ada tugas utk email2an sama orang luar negeri, akhirnya bikin (biar gampang cari orang luarnya). kalimat yang paling khas dari fs: "kok cm diview?" :P

    ReplyDelete
  14. @ enny: hahaha.... kayaknya seru yah bisa ngehack akun orang? :p

    @ alvi: bener banget itu kata2 khas FS bangeeet. :D

    ReplyDelete
  15. pas gue baru intens di internet pas itu lagi booming Fb..

    ReplyDelete
  16. gw juga sama kayak lu bro kalo seandainya temen2 gw di sma ga pada nyandu friendster. Hahaha... tapi itu serius!!!! gw aja baru buat FS akhir 2006, dua tahun sebelum FB booming. :)

    ReplyDelete
  17. kak, aku ijin ambil gamabar logo fs nya ya :)

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^