Wednesday, August 31, 2011

10 Fim Indonesia terbaik menurut saya



Setelah membaca postingannya Huda Tula yang bikin daftar statistik 10 film Asia, gw jadi pengen melakukan hal yang sama. Tapi gw bukan mau ngereview film-film Asia. Jujur, gw jarang banget nonton film-film Asia. Paling sering sih nontonin film-film dari negeri Paman Sam.

 Nah di review kali ini, gw mau bikin daftar 10 film Indonesia terbaik menurut gw. Itung-itung, mau nunjukin kalo film-film Indonesia itu masih banyak yang bagus-bagus di tengah gempuran film-film horror-seks. :p.

Ok deh, Check it out! Oh yah urutannya itu random loh. :D


1. Ada Apa dengan Cinta?
Film ini menceritakan mengenai kisah cintanya Rangga dengan Cinta. Seorang Cinta yang ekstrovert bisa juga jatuh cinta dengan Rangga yang introvert dan kutu buku. Ini film drama cinta terbaik, menurut gw, di tengah film-film lainnya yang sejenis. Film-film drama cinta lainnya menurut gw terlalu idealis dan galau banget. Hiyaaaak...! :( Oh yah, sekedar tau aja, gw pertama kali nonton filmnya waktu Hari Valentine 2008. Dan emang cerita di filmnya gak sekedar idealis, tapi hampir mendekati realita yang ada.




2. Catatan Akhir Sekolah
Film ini bercerita tentang kisah hidup tiga orang sahabat, bernama Agni, Arian, dan Alde. Mereka sepakat bikin film dokumenter singkat tentang masa-masa SMA mereka. Film itu nantinya akan mereka putar saat prom nite nanti. Karna film dokumenter yang mereka buat inilah nantinya mereka akan membongkar kebusukan dari kepala sekolah mereka. Seru juga melihat usaha mereka bertiga ketika merekam beberapa peristiwa yang menjadi ciri khas dari anak SMA. Terutama ketika berusaha merekam adegan pelajar-pelajar yang sedang tawuran.



Sayangnya walau film ini lumayan bagus, film ini hampir tak terdengar di bioskop. Gw sendiri taunya waktu diputer di RCTI. Kurang dana untuk promosikah? Oh yah, film ini cocok buat kalian yang tengah kangen sama masa-masa SMA. Gw aja ketika nontonin film ini langsung kangen sama masa SMA gw dulu. Hehehe...! :p


3. Mirror
Tak dipungkiri, kalo kualitas film-film horror Indonesia yang begitu memilukan. Cenderung ke bokep. Tapi jangan langsung disamaratakan gitu aja. Karna masih banyak film horror yang menurut gw bagus. Salah satunya MIRROR. Film yang dibintangi Nirina Zubir ini menceritakan mengenai seorang gadis SMA yang bisa melihat kematian orang-orang sekitarnya hanya dengan melihat cermin. Tiap orang yang ia lihat dicermin dalam keadaan meninggal, pasti akhirnya akan meninggal juga. Bahkan karna bantuan cermin pulalah, ia dapat melihat kematiannya sendiri. Terakhir, film ini menurut gw merupakan film horror 'terhorror' tanpa harus melibatkan makhluk-makhluk dari dunia gaib, kayak Pocong, Kuntilanak, atopun Sundel Bolong.



4. Jomblo
Film ini menceritakan kisah hidup 4 orang mahasiswa jomblo dalam mencari cinta. Karna usaha itulah, persahabatan mereka haruslah terputus. Terputus karna cinta.Itu semua terjadi karna Doni yang memang seorang playboy mendekati orang yang dicintai Olip secara diam-diam. Olip menjadi jengkel karna rupanya perempuan yang ia puja selama ini malah jadian dengan salah satu dari keempat teman terbaiknya itu.



Oh yah, film ini cocok banget buat kalian anak kelas 3 SMA untuk sekedar tau gambaran kehidupan mahasiswa. Penggambaran dunia kampusnya hampir-hampir miriplah. :p Gw


5. Petualangan Sherina
Film ini merupakan film pertama dari generasi baru dunia perfilman Indonesia yang selama ini hanya berkutat di film-film bergenre SEKS. Sebagai film pionir, film ini cukup bagus. Aktingnya Sherina dan Derby Romero juga lumayan lagi. Oh yah sekedar info juga, film ini, kalo diliat baik-baik, mirip sama Home Alone. Miripnya tuh sama-sama menunjukan kepintaran seorang anak kecil dalam melawan penjahat. Mungkin bisa dibilang, film ini merupakan Home Alone-nya versi Indonesia.



Cerita Petualangan Sherina ini sendiri juga berawal dari pindahnya keluarga Sherina ke Bandung. Di Bandung nanti, Sherina akan bertemu dengan Sadam, anak badung yang selama ini dimanja keluarganya. Dari pertemuan itulah, Sherina mengalami petualangan seru. Petualangan yang disebabkan oleh musuh dari ayahnya Sadam.


6. Red Cobex
Film komedi ini menceritakan mengenai Yopie, anak seorang pemimpin gank bernama Red Cobex. Selepas keluar penjara, Yopie harus mengalami diskriminasi karna warna kulit dan status napinya. Nah di sinilah letak serunya film ini. Yopie harus bertahan meliat perlakuan masyarakat sekitar yang sepertinya antipati sama mantan napi dan juga orang bertampang bulukan sepertinya. Karna masyarakat kita masih menganggap orang-orang berkulit geseng dan buluk itu merupakan orang-orang tampang kriminal atau preman.Begitupun juga yang dialami oleh Yopie, khususnya ketika akan melamar gadis yang dikasihinya.



Selain itu, sutradaranya berhasil mengemas masalah diskriminasi menjadi sebuah film komedi yang kocak tanpa harus memasukan unsur propaganda.


7. Laskar Pelangi
Gw belum baca novelnya, tapi menurut gw, film ini cukup bagus dan menyentuh. Oh yah film ini menceritakan mengenai perjuangan 10 anak kampung dalam usaha untuk mendapatkan pendidikan.Awal kisah bermula dari niat Harfan dan Muslimah untuk membuka sekolah dasar di Gantong. Untuk itu, mereka butuh 10 anak dan tergenapilah ketika Harun datang. Semenjak itulah ceritanya dimulai. Walau mereka miskin, tapi mereka menyimpan potensi yang luar biasa. Seperti Lintang yang berbakat ilmu pasti, ataupun Mahar yang berbakat seni.





8. "?"
Walaupun menurut Samandayu, film ini masih banyak kekurangannya, menurut gw film ini udah lumayan pas dalam mengajarkan ke kita pentingnya nilai keberagaman dan toleransi. Oh yah review film ini ada di sini.




9.  Si Jago Merah
Sama seperti Jomblo, film ini juga menceritakan mengenai kisah 4 orang mahasiswa. Bedanya, kalo Jomblo lebih mengarah ke cinta, maka Si Jago Merah lebih ke arah materi. Yup! Si Jago Merah ini menceritakan kisah mereka dalam mencari uang untuk membiayai uang kuliah mereka yang menunggak. Karna itulah, mereka melamar pekerjaan sebagai pemadam kebakaran. ari menjadi pemadam kebakaranlah, mereka berempat menemui banyak pengalaman dan hal-hal aneh. Contohnya mereka pernah dipanggil seseorang hanya untuk menurunkan kucing dari pohon.




10. Mendadak Dangdut
Film ini menceritakan kisah hidup Petris yang terpaksa jadi pedangdut kampung hanya untuk menghindari kejaran polisi. Ia dikejar polisi karna ketauan menyimpen narkoba di mobil yang rupanya punya pacar kakaknya, Yulia. Namun dibalik itu semua, Petris sadar bahwa selama ini ia hanya memikirkan dirinya sendiri dan merupakan seorang gadis manja.Petris sendiri awalnya merupakan seorang penyanyi pop.



Awalnya juga Petris engan untuk menjadi seorang pedangdut. Tapi karna dorongan, bujukan dan motivasi kakaknya, ia bertahan di sebuah kampung dengan menjadi pedangdut. Pada akhirnya juga, Petris kemudian menyerahkan diri ke polisi.


Ok deh, itulah 10 film Indonesia terbaik menurut gw. Ini ceritaku, apa ceritamu? :)

Sumber gambar semuanya dari wikipedia dan mr. google. :)

42 comments:

  1. catas paling kereen! :D
    film yg bagus kbanyakan emg film lama , film jaman sekarang rata2 kwalitasnya kurang bagus. Tp gak smua :)catas paling kereen! :D
    film yg bagus kbanyakan emg film lama , film jaman sekarang rata2 kwalitasnya kurang bagus. Tp gak smua :)

    ReplyDelete
  2. itu film '?', film baru looh... hehehe

    ReplyDelete
  3. Cuma AADC yg bagus...sisanya busuk

    ReplyDelete
  4. catatan akhir sekolah keren tuh...

    @Claude C Kenni. bah, tikus kali busuk.

    ReplyDelete
  5. belum nonton "?". Setuju mirror memang keren banget. Kalau film laskar pelangi benar2 anak-anak sd tetapi kalau novelnya saya merasa bukan anak sd tokoh2nya (dr bahasanya,lomba cerdas cermatnya,dll)

    ReplyDelete
  6. hualoow

    pilih CAS,AADC,JOMLO,LP yang lainnya standar...
    apalagi sutradara hanung,,, *males*
    hohoho
    (eh 3 pilem yg aq sebutin itu ada buatan hanung gk sih?==a)

    so hok gie juga keren, uhuhu

    ReplyDelete
  7. @ keven: sebetulnya masih banyak film2 indonesia yang bagus2. cuman karna yang seringnya diputer di biosokp film2 seperti itu, yah jadinya lu dan semua orang2 indonesia lainnya anggep semuanya jelek. ga semuanya loh busuk. :D

    @ Yus: yup emang kereeen tuh filmnya apalagi soundtracknya.. :)

    @ aje: novelnya belom baca jadinya ga tau. hehhehe

    @ fai: tenaaaang .. cuman jomblo doang yang sutradaranya hanung. :)

    ReplyDelete
  8. Dukung AADC :D
    "..terus salah gueh? salah temen temen gueh?" hahaha

    ReplyDelete
  9. 6 dan 9 ku ga gitu sepakat bro.. kalo versiku, mungkin diganti ama ekskul, jelangkung, heart, atau disini ada setang

    ReplyDelete
  10. udah pernah denger semua sih, sebagian juga udah ditonton.... cuman gua agak mikirin kata lu yang ekstrovert bisa jatuh cinta sama introvert... bukannya emang begitu ya? setau gua malah dasarnya ekstrovert suka introvert, intro suka ekstro... :D

    semoga yang di bawah nambahin...

    ReplyDelete
  11. yg no 1 dl menone suka gt.....pas muda hehehehehhehee



    MENONE sekeluarga mengucapkan “MINAL AIDZIN WALFAIDZIN, MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN”.......... Salam juga buat keluarga, semoga kita semua selalu dalam lindungan ALLAH SWT..... amin3x

    Salam persahabatan selalu dr MENONE
    http://menone.wordpress.com/2011/08/28/selamat-hari-raya-idul-fitri/

    ReplyDelete
  12. Eeeeeh ga ada film Jelangkung?
    Itu pilem horor terbaik menurut saya... :D

    ReplyDelete
  13. @ febriasop: hahaha..... gwnya malah ga suka. sorry. hheheehe... eh tepatnya belum nonton deeeh. :p

    @ menone + amanda + john: yang pertama kayaknya favorit semua orang yah? :p

    @ nard: gatau deeeh.... tapi bukannya kalo soal cinta, lebih ke hati yah?

    @ sukro: gapapa... pilihan orang ga bisa dipaksa. justru gw demen. masih ada juga rupanya orang yang masih demen film2 indonesia. :)

    ReplyDelete
  14. saya juga nontonnya di tv juga, mbak. :)

    ReplyDelete
  15. tanda tanya itu baru denger. kok gak ada iklannya di tipi ya?

    ReplyDelete
  16. tanda tanya itu baru denger. kok gak ada iklannya di tipi ya?

    ReplyDelete
  17. aq masih penasaran sama tanda ?
    kmrn blm sempet nntn, kata tmn2 sih bgus bgt isinya :(
    habis ini sewa DVD nya dehh

    ReplyDelete
  18. catatan akhir sekolah. emmm.... saya tertarik sama yg itu mas.

    filem "?" belum pernah liat.


    tapi yang paling saya suka tetep LP "laskar pelangi" filem itu buat saya merinding terus, mungkin ada kuntilanak di sambing saya yg lagi ikutan nonton. makannya saya jadi merinding ya haha

    ReplyDelete
  19. oya mas gue nanti juga bakalan buat filem kalau ada produse yg ngelirik judul nya "MENDADAK GALAU" tau deh entar ceritanya giemana haha

    ReplyDelete
  20. gue paling suka sama AADC, CAS, Petualang Sherinaa, kalo Laskar Pelangi sih masih lbih keren novelnya.. :D

    eh nuel, lebih mantep kalo ada link donlot nya loh #bancigratisan

    ReplyDelete
  21. waah, bikin yang film Indonesia ya? Emang bener, film Indonesia sebenarnya banyak yang bags. cuman karena kita sibuk mencaci, ga pernah nyoba, akhirnya ngira film dalam negeri ga ada yang bagus.

    Film Indonesia lainnya yang menrutku layak masuk the best: cin(T)a, rumah dara, the photograph, pintu terlarang, kala, perempuan punya cerita, dan FIKSI.

    ReplyDelete
  22. walau random, tp bener bgt klo nmr satu Nuel, yay Mirror bener beda sm yg lainn, dari semua itu g ad yang sy tonton d bioskop ,hehehe

    ReplyDelete
  23. Red Cobex film terbaik? yak ampun, nggak salah tuh nuel?

    ReplyDelete
  24. laskar pelangi, aku suka film itu.

    ReplyDelete
  25. Cuma suka Mendadak Dangdut. Yang lainnya biasa aja, sedang lainnya lagi pada belum nonton.

    Eh, lha itu filmnya Ariel-Luna Maya-Cut Tari kok gak masuk? Itu kan film bagus? :D

    ReplyDelete
  26. Yang pernah aku tonton cuma AADC dan Laskar Pelangi :)

    ReplyDelete
  27. Oya, maafkan jika selama ini aku ada salah dalam kata2 dan komen ya, juga kalau selama ini sering telat BW :)

    ~Reni dan Shasa~

    ReplyDelete
  28. Aku sukanya Laskar Pelangi... dan subyektif banget, Sang Pencerah, sampe nangis-nangis. Film tanda tanya "?" sutradaranya kan sama kayak Sang Pencerah. Sherina, AADC nonton juga... ya, gak nempel banget... emang magnet ya

    ReplyDelete
  29. dari kesepuluh film pilihanmu aku paling suka sama A2dc hehe film fenomenal jaman sekolah dulu :D

    ReplyDelete
  30. mas nuel ga kreatif....
    ikut-ikutan mulu...
    hhahahaha... :P

    ReplyDelete
  31. CAS paling okee... :)
    nonton beberapa kali tuh pilem gue kaga pernah bosen.

    ReplyDelete
  32. dari kesepuluh itu yang "?" belum chika tonton heheee

    ReplyDelete
  33. @ chika: dari ke9, mana yang chika suka? hehehe


    @ belo + sri + rose: setujuuuuuuu

    @ dihas: hahaha.... suka-suka dong. hehhehe

    @ ria: berarti kemungkinan waktu mbak sma dulu yah? :p

    @ ami: yang subyektif yang mana mbak? hehehe...

    @ reni: gapapa koq bu.. saya maafin. hahaha

    @ hoeda: hahaha.... nanti yah kalo saya bikin list 10 film bokep terbaik. hahahha

    @ yadi + rezky: hehehe

    @ elious: emang bagus sih el. coba deh nontonnya. tema yang diangkat juga ga biasanya. tema diskriminasi rasial gitu. :)

    @ huda: yap, bener bangeeet. gw sepahaaam. dan makasi juga yah rekomendasinya. hehehe....

    @ Opi: hahaha... ga ngerti gw kalo soal itu. maaf yah... maklum gaptek. :p

    @ adittya: bikin film sendiri aja dit. tar gw tonton deh. hahaha

    @ glo: silakan dicari dvdnya. heheehehe

    ReplyDelete
  34. Dari semua pilm lo di atas, gw paling setuju ama AADC, menurut gw itu pilm yang mulai bangkitin perpilman nasional kita.
    (Hallah) trus baru Laskar Pelangi deh.

    Tapi, lo udah pernah nyoba nonton Horor Bangsal 13? Setannya sumpah nyeremin abis ato coba yang FIKSI deh, galau to the max habis nonton pilmnya.

    ReplyDelete
  35. AADC pastinya..
    Belahan Jiwa; Dian Sastro,Nirina Zubir juga bagus kok,, walau sepertinya film sadapan.

    Salam Kenal,, baru mampir kesini.. postnya bagus-bagus (^.^)v

    ReplyDelete
  36. @ santy nova: bangsal 1 pernah nonton dan emang setannya sereeem. >.<

    @ MJ: sama2.. ^^

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^