Wednesday, August 31, 2011

10 Fim Indonesia terbaik menurut saya



Setelah membaca postingannya Huda Tula yang bikin daftar statistik 10 film Asia, gw jadi pengen melakukan hal yang sama. Tapi gw bukan mau ngereview film-film Asia. Jujur, gw jarang banget nonton film-film Asia. Paling sering sih nontonin film-film dari negeri Paman Sam.

 Nah di review kali ini, gw mau bikin daftar 10 film Indonesia terbaik menurut gw. Itung-itung, mau nunjukin kalo film-film Indonesia itu masih banyak yang bagus-bagus di tengah gempuran film-film horror-seks. :p.

Ok deh, Check it out! Oh yah urutannya itu random loh. :D


1. Ada Apa dengan Cinta?
Film ini menceritakan mengenai kisah cintanya Rangga dengan Cinta. Seorang Cinta yang ekstrovert bisa juga jatuh cinta dengan Rangga yang introvert dan kutu buku. Ini film drama cinta terbaik, menurut gw, di tengah film-film lainnya yang sejenis. Film-film drama cinta lainnya menurut gw terlalu idealis dan galau banget. Hiyaaaak...! :( Oh yah, sekedar tau aja, gw pertama kali nonton filmnya waktu Hari Valentine 2008. Dan emang cerita di filmnya gak sekedar idealis, tapi hampir mendekati realita yang ada.




2. Catatan Akhir Sekolah
Film ini bercerita tentang kisah hidup tiga orang sahabat, bernama Agni, Arian, dan Alde. Mereka sepakat bikin film dokumenter singkat tentang masa-masa SMA mereka. Film itu nantinya akan mereka putar saat prom nite nanti. Karna film dokumenter yang mereka buat inilah nantinya mereka akan membongkar kebusukan dari kepala sekolah mereka. Seru juga melihat usaha mereka bertiga ketika merekam beberapa peristiwa yang menjadi ciri khas dari anak SMA. Terutama ketika berusaha merekam adegan pelajar-pelajar yang sedang tawuran.



Sayangnya walau film ini lumayan bagus, film ini hampir tak terdengar di bioskop. Gw sendiri taunya waktu diputer di RCTI. Kurang dana untuk promosikah? Oh yah, film ini cocok buat kalian yang tengah kangen sama masa-masa SMA. Gw aja ketika nontonin film ini langsung kangen sama masa SMA gw dulu. Hehehe...! :p


3. Mirror
Tak dipungkiri, kalo kualitas film-film horror Indonesia yang begitu memilukan. Cenderung ke bokep. Tapi jangan langsung disamaratakan gitu aja. Karna masih banyak film horror yang menurut gw bagus. Salah satunya MIRROR. Film yang dibintangi Nirina Zubir ini menceritakan mengenai seorang gadis SMA yang bisa melihat kematian orang-orang sekitarnya hanya dengan melihat cermin. Tiap orang yang ia lihat dicermin dalam keadaan meninggal, pasti akhirnya akan meninggal juga. Bahkan karna bantuan cermin pulalah, ia dapat melihat kematiannya sendiri. Terakhir, film ini menurut gw merupakan film horror 'terhorror' tanpa harus melibatkan makhluk-makhluk dari dunia gaib, kayak Pocong, Kuntilanak, atopun Sundel Bolong.



4. Jomblo
Film ini menceritakan kisah hidup 4 orang mahasiswa jomblo dalam mencari cinta. Karna usaha itulah, persahabatan mereka haruslah terputus. Terputus karna cinta.Itu semua terjadi karna Doni yang memang seorang playboy mendekati orang yang dicintai Olip secara diam-diam. Olip menjadi jengkel karna rupanya perempuan yang ia puja selama ini malah jadian dengan salah satu dari keempat teman terbaiknya itu.



Oh yah, film ini cocok banget buat kalian anak kelas 3 SMA untuk sekedar tau gambaran kehidupan mahasiswa. Penggambaran dunia kampusnya hampir-hampir miriplah. :p Gw


5. Petualangan Sherina
Film ini merupakan film pertama dari generasi baru dunia perfilman Indonesia yang selama ini hanya berkutat di film-film bergenre SEKS. Sebagai film pionir, film ini cukup bagus. Aktingnya Sherina dan Derby Romero juga lumayan lagi. Oh yah sekedar info juga, film ini, kalo diliat baik-baik, mirip sama Home Alone. Miripnya tuh sama-sama menunjukan kepintaran seorang anak kecil dalam melawan penjahat. Mungkin bisa dibilang, film ini merupakan Home Alone-nya versi Indonesia.



Cerita Petualangan Sherina ini sendiri juga berawal dari pindahnya keluarga Sherina ke Bandung. Di Bandung nanti, Sherina akan bertemu dengan Sadam, anak badung yang selama ini dimanja keluarganya. Dari pertemuan itulah, Sherina mengalami petualangan seru. Petualangan yang disebabkan oleh musuh dari ayahnya Sadam.


6. Red Cobex
Film komedi ini menceritakan mengenai Yopie, anak seorang pemimpin gank bernama Red Cobex. Selepas keluar penjara, Yopie harus mengalami diskriminasi karna warna kulit dan status napinya. Nah di sinilah letak serunya film ini. Yopie harus bertahan meliat perlakuan masyarakat sekitar yang sepertinya antipati sama mantan napi dan juga orang bertampang bulukan sepertinya. Karna masyarakat kita masih menganggap orang-orang berkulit geseng dan buluk itu merupakan orang-orang tampang kriminal atau preman.Begitupun juga yang dialami oleh Yopie, khususnya ketika akan melamar gadis yang dikasihinya.



Selain itu, sutradaranya berhasil mengemas masalah diskriminasi menjadi sebuah film komedi yang kocak tanpa harus memasukan unsur propaganda.


7. Laskar Pelangi
Gw belum baca novelnya, tapi menurut gw, film ini cukup bagus dan menyentuh. Oh yah film ini menceritakan mengenai perjuangan 10 anak kampung dalam usaha untuk mendapatkan pendidikan.Awal kisah bermula dari niat Harfan dan Muslimah untuk membuka sekolah dasar di Gantong. Untuk itu, mereka butuh 10 anak dan tergenapilah ketika Harun datang. Semenjak itulah ceritanya dimulai. Walau mereka miskin, tapi mereka menyimpan potensi yang luar biasa. Seperti Lintang yang berbakat ilmu pasti, ataupun Mahar yang berbakat seni.





8. "?"
Walaupun menurut Samandayu, film ini masih banyak kekurangannya, menurut gw film ini udah lumayan pas dalam mengajarkan ke kita pentingnya nilai keberagaman dan toleransi. Oh yah review film ini ada di sini.




9.  Si Jago Merah
Sama seperti Jomblo, film ini juga menceritakan mengenai kisah 4 orang mahasiswa. Bedanya, kalo Jomblo lebih mengarah ke cinta, maka Si Jago Merah lebih ke arah materi. Yup! Si Jago Merah ini menceritakan kisah mereka dalam mencari uang untuk membiayai uang kuliah mereka yang menunggak. Karna itulah, mereka melamar pekerjaan sebagai pemadam kebakaran. ari menjadi pemadam kebakaranlah, mereka berempat menemui banyak pengalaman dan hal-hal aneh. Contohnya mereka pernah dipanggil seseorang hanya untuk menurunkan kucing dari pohon.




10. Mendadak Dangdut
Film ini menceritakan kisah hidup Petris yang terpaksa jadi pedangdut kampung hanya untuk menghindari kejaran polisi. Ia dikejar polisi karna ketauan menyimpen narkoba di mobil yang rupanya punya pacar kakaknya, Yulia. Namun dibalik itu semua, Petris sadar bahwa selama ini ia hanya memikirkan dirinya sendiri dan merupakan seorang gadis manja.Petris sendiri awalnya merupakan seorang penyanyi pop.



Awalnya juga Petris engan untuk menjadi seorang pedangdut. Tapi karna dorongan, bujukan dan motivasi kakaknya, ia bertahan di sebuah kampung dengan menjadi pedangdut. Pada akhirnya juga, Petris kemudian menyerahkan diri ke polisi.


Ok deh, itulah 10 film Indonesia terbaik menurut gw. Ini ceritaku, apa ceritamu? :)

Sumber gambar semuanya dari wikipedia dan mr. google. :)