Sunday, July 10, 2011

[Tulisan jaman SMA] Pacaran



Tulisan berikut adalah tulisan gw waktu jaman kelas 3 SMA. Tulisan gw buat pada tanggal 22 Januari 2007, saat kelas Bimbingan Konseling yang diajarkan oleh almarhumah Bu Endah.  Dan tulisan ini merupakan salah satu kegiatan (session) dalam pelajaran BK.

Gw ketik tulisan ini tanpa ada editan, kecuali hanya untuk memperbaiki yang ga jelas dan typo.Ya udah deh dinikmati aja tulisan gw dari jaman ababil dulu. Hehehe...!!! :D


PACARAN

    Pacaran adalah proses seseorang untuk mengenali lawan jenisnya sehingga satu sama lain saling mengenal pribadi masing-masing orang. Umumnya pacaran dilakukan sebagai masa persiapan ke jenjang pernikahan. Sehingga orang akan lebih siap untuk menikah.
   Sebetulnya saya kurang setuju dengan yang namanya pacaran di sekolah. Karena sekolah merupakan tempat untuk belajar. Murid seharusnya lebih fokus ke studinya. Dengan pacaran, konsentrasi seorang murid pasti terbelah. Itu sudah tidak dapat dipungkiri. Tapi itu semua berada pada pribadi murid itu. Kalau berpacaran itu tidak mengganggu studinya, itu tudak menjadi soal. Tapi prestasi murid yang berpacaran dengan yang tidak pasti berbeda jauh. Karenanya konsentrasi mereka yang mudah terbelah. Dan kalau  sampai tingkat serius, jelas akan membahayakan murid yang itu sendiri. Apabila kalau sampai  pada tindakan asusila. Dampaknya mereka dapat dikeluarkan sekolah, karena hamil di luar nikah. Dan kalau mereka berpacaran, hendaknya jangan dilakukan di sekolah. Karena tidaklah etis bila banyak orang berpacaran di sekolah. Sekolah jadi tidak terlihat sebagai sekolah. Sekolah itu mungkin akan mendapat cap yang tidak enak dari orang luar. Sekolah yang baik adalah sekolah dimana pihak-pihak intra sekolah dapat mengontrol empat hal, yaitu pacaran, merokok, tawuran, dan narkoba. Keempat hal itu jelas dapat memperburuk citra sekolah tersebut. Walaupun hanya sebatas jalan bareng, tapi ini jelas akan berlanjut pada seks di luar nikah. Karena ada tekanan dari luar, seperti teman atau media lain.
  Tapi bukan hanya dampak negatif saja yang saya sebutkan. Dampak positifnya juga ada. Orang dapat curhat ke pasangannya. Sehingga beban yang berada di pundaknya dapat hilang.


Gimana? tulisan gw jaman SMA bagus ato jelek?! Kerenan mana sama yang sekarang?

29 comments:

  1. bro kalo font lo kayak di pacaran itu, makin betah dah gue baca. ga ada juga yang masang font dan ukuran yang segitu

    ReplyDelete
  2. Tapi kalo gak pacaran kan malah jadi galau... haha sama aja boong...

    ReplyDelete
  3. @ sukro: ok saran dipertimbangkan.

    @ nard: bener bangeeet. haahhaha

    ReplyDelete
  4. pacaran hendaknya dilakukan di sekolah sehingga dapat menambah konsentrasi dalam belajar....
    hehehehe....

    tulisan km bagus jg udah sistematis.

    ReplyDelete
  5. Gak pantes pacaran di sekolah? Masa siiiiiiy? :p

    ReplyDelete
  6. masih rada kaku ya bahasanya

    ReplyDelete
  7. Hahahaha, efek positifnya ga cuma untuk curhattt (dasar anak SMA). Untuk proses belajar : belajar kompromi, gak egois, menerima perbedaan, dan berkomunikasi...love is what keep you goin' when things around you went wrong =)

    ReplyDelete
  8. @ zone: sistematis? gw aja yang bacanya lagi aja geli cuuuy... >.<

    @ vitta: ga usah ditanggepin... masih ababil waktu itu... strresss karna dulu sma jomblo trus ngiri sama yang pacaran. >.<

    @ eks: yup... namanya juga kasi ke guru... masa iya gw pake bahasa lu-gw... :p haahaha

    @ keven: masih ababil... hehhehe...

    ReplyDelete
  9. bagus masih smu aja udah pinter beropini ^^
    smu aku gak pacaran koq, lebih tepatnya gak ada yg mau pacaran ma aku waktu itu hihihi -___-"

    ReplyDelete
  10. udah kritis kok tulisan jaman SMA itu.
    Tapi kok banyak pengulangan kata "Sekolah" ya, jadi rancu.

    ReplyDelete
  11. setuju..
    tapi lebih setuju lagi, kalo gak pake pacaran tapi langsung nikah...
    lebih aman... :P

    ReplyDelete
  12. kerenan masih SMA Nul,,,hehehe juju keren tuh artikelnya

    ReplyDelete
  13. itu kan tulisan jaman sma,,, tetap selalu pro donk ,,,

    hahahaii,,

    dini :)

    ReplyDelete
  14. klo yang SMA entah kenapa yang muncul di bayangan saya cowok pake kacamata dengan pandangan tajam, klo ngomong seperlunya dan tegas #kebanyakan liat anime hhehhe

    kalau yang SMA lebih kaku sih tapi jujur ^^

    ReplyDelete
  15. hohohoho

    bagus2....mending font blognya juga dibikin kayak tulisan SMA jg
    lbh enak dibaca gak bikin mumet :D hehehee

    ReplyDelete
  16. Wah kalau tulisan blog di bikin yang seperti format ketikan mesin ketik kuno memang antik sob tapi gayanya membosankan,,,,ihihihihi btw anak SMA sekarang kayaknya sudah pada pinter pacaran,,,,hihihihih

    ReplyDelete
  17. karena jaraknya waktnya belum terlalu lama jadi sulit membedakannya.
    pertanyaan nih, waktu nulis ini sudah pernah pacaran berapa kali?

    ReplyDelete
  18. keren yah skulnya no el wktu sma, ada plajaran bk membahas pacaran. :D

    ReplyDelete
  19. @ dhe: bukaaaan.. >.< itu cuman di sessi doang ...... :(

    @ affip: belum pernah sama sekali.... :(

    @ glo + arief: kalian semua berkomplot menyerang saya. Huhuhu... :p

    @ fiction: hahaha,.... pengaruh anime yah? :p

    @ umy: hahaha.... mentang2 masih sma.... :D

    @ bati + john : makasi...... :)

    @ rain: itu dia anehnya.... :p

    @ ria: masa sih mbaak? :p

    ReplyDelete
  20. hebat juga wkt SMA udah bisa nulis kayak gitu.

    ReplyDelete
  21. pacaran di sekolah tu nanti diomelin guru BK :D

    ReplyDelete
  22. aku pernah pacaran di sekolah.. eh, bukan pacaran sih, deket sama cewek, tiap tahun malah.. tapi sama sekali tidak mengganggu studiku.. :D
    malah enak jadinya, ada penyemangat buat belajar, soalnya cewek2 yang deket itu pasti nanya2 soal gitu ke aku.. heheheheh.. :P

    ReplyDelete
  23. haha kalau saya waktu smp udah pernah di kasih tau kaya gini... telat nie mas iman haha SMA baru d'kasih tau haha

    ReplyDelete
  24. @ adittya: hahaha.... iya iya gw telat... :D

    @ adryan: itu mah gw juga sering waktu smp.... :p

    @ mba fanny: makasi mbak... :)

    @ three: hahaha

    ReplyDelete
  25. ya... saya sangat setuju !!
    SMA belajar, bukan pacar

    ReplyDelete
  26. saya sepihak dengan tulisan anda. tapi cara penyampaianya itu lho. bikin ngakak aja.
    bahasanya terlalu formal, sehingga keliatan agak kaku. benar kan gan?
    ra penyampaianya itu lho. bikin ngakak aja.
    bahasanya terlalu formal, sehingga keliatan agak kaku. benar kan gan?

    ReplyDelete
  27. hahahhaha.. akhirnya ada yang nyadar... :D

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^