Tuesday, June 14, 2011

Etika ngeblog di mata para blogger



Beberapa hari lalu, gw nulis tentang etika ngeblog serta meminta kesediaannya beberapa blogger terhormat untuk membuat suatu post tentang apa itu etika ngeblog menurut mereka. Dan inilah hasilnya:

1. Etika blogger menurut Yus Yulianto
  • Menurut saya, segala sesuatu yang kita posting diblog (gambar maupun tulisan) harus kita pikirkan matang-matang terlebih dahulu. Istilahnya tuh 'think before posting'.
  • Jangan pernah berkomentar OOT (kayak saya ini ~_~) diblog orang.
  • Jangan pernah membenci copy-paste, karena ini adalah resiko menulis didunia maya.
2. Etika ngeblog menurut Meutia KH
a. Tidak membicarakan keburukan/aib orang lain. Kasian kalau sampai seluruh dunia tau tentang keburukan seseorang.
b. Tidak menuliskan berita atau informasi bohong. Kecuali kalo mau posting cerita, itu sih beda (saya sering soalnya).
c. Berusaha untuk selalu membaca setiap isi blog orang lain ketika sedang blogwalking.
d. Tidak meninggalkan komentar kentut yang isinya cuma 1 kata atau 2 kata. Come on, world is full of word rite?
e. Tidak meng-copy paste isi, kecuali menuliskan link-nya. Plagiator is a big no no lah yaa.... 
3. Etika ngeblog menurut Keven Keppi
  • Setiap kata yg kita ucapkan, harus dapat kita pertanggung jawabkan
  • Jangan lakukan hal yg kita tidak ingin orang lain melakukannya terhadap kita.
  • Kasihilah sesamamu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri

4. Etika ngeblog menurut  Kimi
Pertama, tentu saja tidak boleh melakukan plagiarisme. Di sini saya persempit saja plagiarismenya ke hal tidak boleh menyalin mentah-mentah tulisan orang lain dan mengklaim tulisan tersebut sebagai tulisan diri sendiri, tanpa mencantumkan link tulisan asli atau tanpa memberi tahu siapa penulis pertama tulisan tersebut (seandainya si copycat menyalin tulisan dari buku, jurnal, koran, atau media cetak lainnya).
Kedua, meminta ijin. Kalau kita ingin menulis di blog (atau di mana saja) tentang seseorang, ada baiknya kita meminta ijin dari orang tersebut. Mungkin saja orang tersebut berkeberatan kisah atau pengalaman pribadinya menjadi konsumsi publik atau mungkin dia hanya meminta namanya jangan ditulis lengkap cukup inisial saja.
Ketiga, jangan menyebar fitnah dan kebencian.

5. Etika menulis blog ala Thomas Kurniawan
sebenarnya tidak ada etika tertulis yang menbatasi seseorang (blogger) untuk menulis blog.... namun etika itu bisa lahir dengan sendirinya berdasarkan blog itu akan dibawa menjadi seperti apa...
Etika ngeblognya TK -->

  1. Menjadi diri sendiri
  2. Menghormati dan menghargai diri sendiri dan orang lain
  3. Menjunjung tinggi nilai orisinalitas (itulah mengapa TK lebih senang menggunakan foto hasil jepretan sendiri)
  4. No plagiatism
  5. TK akan memfollow teman-teman yang memfollow TK (maaf jika ada yang terlewat)
  6. TK akan berkunjung balik jika kalian berkunjung ke blog TK... oleh sebab itu tinggalkan jejak kalian di blog ini supaya TK bisa tahu kedatangan kalian dan bisa melakukan kunjungan balik
  7. TK welcome buat siapa saja... TK gak mempermasalahkan silent reader atau sejenisnya... blog ini bebas dibaca oleh siapa saja... dan bebas untuk di follow atau unfollow... bebas untuk memberi komentar atau tidak... BEBAS ^^

6. Kebebasan dan Tanggungjawab - versi Huda Tula  
'tanggung jawab' yang mendahului 'kebebasan'

7. Etika ngeblog dari DonnyBu
--> bisa dilihat sendiri yaaah.  

8. Ini Bukan Etika Fun Blogger (biasa) - versi Svqrawan Madi si TUKANG CoLoNG
 Fun Blogger adalah seseorang yang melakukan aktivitas ngeblog dengan memberikan dampak positif  kepada dirinya dan orang lain

9. Etika Ngeblog menurut Muh. Affip
Membaca Ulang  Sebelum Dipublikasikan.
Penjelasannya bisa panjang lebar, tapi yang penting baca ulang saja satu dua kali agar jangan sampai ada keluhan datang lewat kolom komentar karena banyak kata yang tak lengkap. Saya sering baca tulisan ada kata-kata yang kurang hurufnya dan ingin melapor ke KPK, sebab saya pikir itu korupsi.
Katakan dengan Terang Benderang.
Maksud saudara sekalian pasti ketika menulis ingin berbagi, ya toh?! Maka biar diterima utuh bagi-baginya, semuanya harus jelas alias terang benderang. Kecuali kalau nulis puisi.
Kalau Nyontek Harus Bilang.
Saya punya teman yang blognya berisi copy-paste tulisan orang. Sesuatu yang saya juga pernah lakukan dan saya insafi mengingat dosanya yang begitu besar. Dan karena dosa yang besar ini maka saya menghimbau saudara-saudara semua agar ketika nyontek bilang-bilang. Bilangnya tentu tak harus pada yang punya, bilang ke saya juga tak apa-apa.



Jadi kesimpulannya adalah TIDAK ADA KESIMPULAN. Semuanya benar juga sih. Ga ada pengertian yang baku dan resmi juga sih soal etika ngeblog itu. Itu semua tergantung persepsi masing-masing orang. Setuju?

Kan seperti gw bilang, si Tula bilang itu ga etis, si Terro bilang ga masyalaaah.Kalo mau disamaratakan juga, gw rasa ga bisa deh menyamaratakan suatu etika ngeblog. Karna pasti ada perbedaan dan malah bikin konflik antar blogger.

So, enjoy blogging and never be afraid with negative impact from our writtings. Yah soalnya ga hanya soal ngeblog aja, hidup ini pasti ada aja seseorang yang benci sama kita (sengaja atau tidak sengaja), baik itu karna tulisan kita, sifat kita, ataupun sesuatu dari diri kita yang lainnya. Hidup ini ga hanya mulus-mulus aja cuuy. There is always temptation in everything. 

Yah dan segitulah beberapa etika ngeblog dari temen-temen blogger. Sekiranya itu bisa dijadikan pedoman kalian untuk tau apa itu etika ngeblog. Kalau ada yang mau ikut serta, boleh. Bikin aja postnya dan kirimin linknya kemari.  ^^v
Enjoy!

And,

Happy Blogging!