Saturday, June 25, 2011

Cara alami untuk diet



Gw beberapa kali bacain postingan beberapa blogger yang kayaknya stress soal berat badan. Jujur sih menurut gw, ga usah deh mikirin yang namanya D-I-E-T. Yah kalo gw sih lebih suka semuanya berjalan secara alami aja.

Kalo emang harus gendut, yah gendut. Harus kurus, ya ga masalah. Ga usah dipaksain supaya bisa ke kondisi yang ideal menurut ilmu pengetahuan.Tapi kalo dipikir-pikir, emang bener gemuk itu ga sehat. Tapi lebih ga sehat lagi kalo kita diet hanya untuk mengejar bentuk tubuh yang ideal. Bukan gw bangeet ini mah!

Saran gw, buat yang mau diet, ga perlu deh pake nge-gym, atopun ngurangin porsi makan. Itu nyiksa diri menurut gw. Satu cara paling gampang tuh buat diet itu adalah sebisa mungkin kalo lu abis makan ngelakuin aktivitas fisik. Tapi ga usah berat-berat.

Mungkin lu bisa jalan-jalan di sekitar, sepedaan atau what ever. Yang penting hindarin hanya duduk manis atau bobo-bobo cantik. Dengan gitu, sebagian kalorinya kan tersalur menjadi energi dan ga numpuk di beberapa bagian tubuh.

Selain itu, perlu dipikirin juga pembuangannya. Dengan kita melakukan kegiatan fisik gitu kan mengeluarkan keringat. Tapi itu hanya sebagian. Sebagian lagi, menurut ilmu biologi, keluarnya melalui BAB, BAK, ludah, atopun muntah. Kalo BAK, caranya gampang. Minum aer putih untuk memperlancar keluarnya 'benda-benda' ga penting dalam tubuh.

Tapi cara paling efektif itu, yah BAB. Karna dengan BAB, segala makanan yang kita makan pasti keluar dalam bentuk (*maaf) tai. Perbanyak BAB untuk mengurangi penumpukan lemak dan kalori di perut. Rutin tiap pagi. Kalo ketika BAB rada seret ngeluarinnya, perbanyak makanan berserat. Saran gw buah yang berair seperti pepaya. Itu seratnya bagus untuk memperlancar BAB.

Intinya sih, kalo mau ngurusin badan, cara termurah dan tergampang ialah PERBANYAK PENGELUARAN DI DALAM TUBUH KITA. Pengeluaran itu bisa berupa keringat, BAK, maupun BAB.Caranya yah:
  • Perbanyak aktivitas fisik, supaya yang kita makan sebagiannya dapat keluar dalam bentuk energi. Apalagi kalo sampe berkeringat. Itu jauh lebih bagus.
  • Sering-sering makanan yang berserat, especially buah yang berair
  • Sering-sering BAB dan BAK untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan kita yang tidak menjadi energi dan menumpuk di perut. Minimal rutin tiap pagi.
  • Kurangi ngemil
  • Makan malam usahakan porsinya sedikit aja, mengingat kita udah jarang juga beraktifitas.
Caranya simpel kan?

Uang buat nge-gym bisa buat beli yang laen kan?

#EnjoyUrLife

36 comments:

  1. haha....ngaku deh...soal badan emang kadang bikin pusing... dulu aku genduuut banget. pengen kurus ampe ngelakuin segala cara tapi gak berhasil. karena cape, akhirnya aku nyerah. biarin gendut. eh giliran udah nyerah malah kurus. sekarang terlalu kurus, pengen gemuk dikit lagi...pusing kan????

    ReplyDelete
  2. atuh bang kalo habis makan jangan langsung sepedaan apa lagi lari..tar perutnya sakit, nunggu setengah ato sejam dlu, soalnya gue pernah hbs makan trs jln2 eh isi perut gue koclak dan sakit banget,hahha..

    Jujur aja gue termasuk sering diet untuk bentuk tubuh,kalo naik sekilo gue turunin dua kilo..

    tp tentunya dietnya yang sehat.. dan gak maksa juga buat ke gym.. porsi makan gue paling ngurangin nasi dan ngebanyakin sayur dan buah..dan olahraga tiap sore tangkap marmut hahha.. Selain gratis asik juga,wkwkk

    ReplyDelete
  3. BAB sama BAK itu ga bisa dipaksain bro :P

    ReplyDelete
  4. wahahahahah .. BAB dan BAK itu insting alamiah kalo blum waktunya repot buat ngluarinnya hihiihihii

    ReplyDelete
  5. berat badanku selalu stabil sih, walaupun makan dikit ato banyak..
    tapi setelah aku ke luar negeri (halah) langsung bobotku naik drastis 10 kilo.. -.-" serem..

    ReplyDelete
  6. setuju sama mas john.. haha.. ga bisa di paksa2....

    ReplyDelete
  7. jangan ngemil juga sama makan tepat waktu.
    pernah denger di berita, kalau sarapan itu penting, gg sarapan ada kecenderungan gendut bahkan obesitas

    ReplyDelete
  8. aku termasuk pengen kurus... sulit semenjak hidup seneng di jogja, hahaha

    ReplyDelete
  9. Duuuh bang dari pada diet2an meningan puasa aja sekalian, lumayan 1minggu 2 kali juga senin-kamis..

    Kesiksa lahir batin diet mah -_-'

    ReplyDelete
  10. aduuh gimana yaa.. kayaknya kalo saya malah lagi butuh diet buat gedein badan deh. hahaha.. secara kalo yang kamu sebutin itu kan buat bikin kurus..

    jadii, tinggal dibalik aja ya : banyain makan, banyakin tidor...

    ReplyDelete
  11. kapan² share tentang cara menggemukkan badan Nuel,,hehe oya masalah BAB, BAK itu gak bisa dijadwal lo,kita hanya bisa menunggu saat hehehe

    ReplyDelete
  12. Wahaha kalau gue sih gak perlu diet, soalnya sudah cukup langsing (baca: kurus).

    ReplyDelete
  13. perut saya makin hari makin gendut nih, olah raga kurang tapi sekarang sedang belajar aktifkan renang kayake lebih enak ke tubuh, mumpung renangnya cuman bayar 2.000.
    Masalah BAB kalo saya tiap pagi caranya bangun tidur minum air putih yang banyak, maka perut terasa aga mules dst

    ReplyDelete
  14. hahah nggak ada abisnya deh ngomongin yang satu ini.. :p

    ReplyDelete
  15. aku berencana diet nih
    kelebihan 5 kilo kayaknyaaa

    :(

    ReplyDelete
  16. Ah masa sih nuel, BAB bisa bikin kurus?

    ReplyDelete
  17. @ john+brigadir+affie+sofyan: yah saya tau itu insting. Tapi bisa kan diatur keluarnya minimal tiap pagi setor? hehehe --> merujuk ke komennya Djangan Pakies.....

    @ ellious: yup.... kalo pengeluarannya lu bagus sih, maka lu bakal terhindar dari gemuk. soalnya pencernaan lu bagus dan ga ada lemak di peruk yang tersisa. plus itu gw juga taunya dari ilmu biologi loooh.....

    btw lu pernah denger kan iklan vegeta yang dulu suka ngait2in diet sama masalah BAB? plus juga ga hanya vegeta doang, produk2 lain juga bilang gitu.

    rikishi pathu pegulat smackdown itu setau gw bisa segendut itu karna saluran pengeluarannya 'dirusak'.. akhirnya sisa makanannya numpuk diperut. googling deh siapa tau gw salah

    @ rabest: gw cuman mau kasih saran aja sih... hehehe

    ReplyDelete
  18. @ aina: yup itu ga usah diambil pusing. Nyante aja. hehhe

    @ nyla: yah minimal duduk2 aja dulu sekitar 5 menit nunggu makanan turun. walau gw suka bingung maksudnya apa dan gimana caranya kita tau makanan udah turub ke perut. :( heheehe....

    @ adryan: ckckck... kecapean kali yah dien ampe turun drastis gitu? ato gimana tuh?

    @ ami: hahaha

    @ retno: silakan deh kalo mau puasa. hehehe...

    @ gaphe+sofyan: cara gemukin vadan sih gampang.... kebalikannnya cara gw. hehehehe.. tapi paling gampang yah makan-tidur makan-tidur. hehehehehe

    @ elsa: diet cara saya aja mbak. hehehe

    @ iam: enaknyaaa. dulu gw juga kurus lohh sebelum gendut. :D

    @ celotehan: heehehe....

    ReplyDelete
  19. Hooh. Bener tuh.
    Lagian rata-rata orang yang ngegym cuma turun 2-3 kg. Mending olahraga dirumah~

    ReplyDelete
  20. yang susah itu panggilan alam susah dateng :(
    hoh
    nuel kok susah ya baca tulisanmu, mataku sakit T^T

    aku udah ngasih teguran sama mereka. ya gak mungkin lah mereka gak tau itu tulisan dari blogku, mereka copas catatan2 personalku juga nul. belum ada tanggapan .

    ReplyDelete
  21. trust me copyscape gak efektif detectnya

    ReplyDelete
  22. hmmm... kebetulan nih, berat badan udah mulai naik... walau pun mungkin ga gemuk2 amat, tp saya tetap pengen nurunin berat badan... thanks sobat buat info dan sarannya.....

    ReplyDelete
  23. @ ninda: sori2 yah . kalo diliat2 emang rada burem sih tulisannya.. fontnya udah gw ganti. hehehe

    emang sih kadang ga gampang mau BAB itu. hheehehe

    bener juga sih kalo copyscape juga ga efektif nangkal plagiator, tergantung orangnya masing2.

    @ riska: yup, lebih baik ngegym nya di rumah aja. hehehe

    @ rian: sama2. ^^

    ReplyDelete
  24. ada benernya sih sama yang kamu tulis diatas... tapi yang kamu tulis itu kan menurut pandangan pribadi kamu bro ^^

    masalah gym + diet itu kan relatif

    klo TK sih kurang setuju ^^

    yah kebetulan TK sih tergolong yang jalanin kedua kegiatan itu demi kurus... dan hal seperti itu kan gak pernah ada paksaan...

    cuz TK juga awalnya tipe orang yang gak ambil pusing sama bentuk badan... tapi semakin gede alangkah baiknya kita perhatiin bentuk tubuh... demi kesehatan... TK sih gak mau tar merasa menyesal karena gak mulai dari sekarang... gak mau nyesel tar udah makin tua perut makin maju dan susah buat kurus...

    Saat ini TK dah gak gym malah merasa kekurangan sesuatu loh!!! gym itu menyenangkan dan menyehatkan! badan bakal lebih seger... gak bohong deh,....

    oh iyah... cuman mau nambahin...

    yang kamu bilang tentang ngurusin secara alami... klo kata TK sedikit mustahil kalau cuman ngejalanin yang kaya gitu... cuman ngandelin BAB or BAK dan kegiatan2 biasa saja...

    Klo dari kondisi gemuk itu mustahil... jadi mau ga mau harus ada kegiatan fisik yang lumayan berat sampe berat turun di titik ideal... setelah dari titik ideal itu baru deh bisa ngandelin BAB dan BAK serta kegiatan2 fisik sederhana... untuk mempertahankan berat badan.. gitu... ^^

    punya badan yang bagus itu bisa bikin tambah percaya diri loh!

    ReplyDelete
  25. hahaha, sebenernya wajar sih mikirin penampilan fisik, apalagi buat cewek. selama diet masih dlm tahap aman sih gapapa. :D

    emm... fontnya nggak enakan yg lama ya? sori nih.. usul doang :D

    ReplyDelete
  26. dibaca yang bener dong nuel, naik drastis tuh, naik 10 kilo.. -.-"
    gara2 doyan makan.. apa iklim di indonesia membuat berat badanku stabil ya? hahah.. :P

    ReplyDelete
  27. wah kalo aku sih ga bisa diatur om :D
    pokoknya ada ketegangan langsung mintanya mau keluar melulu :P

    ReplyDelete
  28. setuju, jgn banyak ngemil ya...apalagi makan kripik dan kacang. wah. wah...gampang ndut itu sih

    ReplyDelete
  29. Wah saya biasanya malam banyak makannya,,,,hehehehe

    ReplyDelete
  30. soal pengeluaran yang terbaik dengan jalan2. jalan akan mengeluarkan keringat dan uang untuk jajan tentunya

    ReplyDelete
  31. Kalau ngomongin diet si TK jago tuh bro.. :e:

    ReplyDelete
  32. @ Tk: iya-iya gw ngerti. kayaknya berapi2 banget nulisnya. gw nulis kayak gini buat sekedar saran aja buat yang kepengen diet. sukur2 dideenger

    @ fellicia: fontnya gw udah enjoy kayak gini. serasa banget nuansa personalnya. hehehhe.. maaf yah ga bisa lagi fontnya. :D

    @ Sukro: sepertinya: hehhehe

    @ adryan: iya2 gw salah baca. hehhhe

    @ john : koq sama kayak gw yah?

    @ mb a fany: sama2. ^^

    @ affip: yup. hehehhe... :D

    @ merliza+arief: heheehe

    ReplyDelete
  33. actually Nuel... it's NOT that easy ;-)

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^