Tuesday, January 12, 2010

Anak Panti Asuhan dan Akte Lahir

Gw sengaja posting di sini, mungkin ada juga orang yang seperti gw yg bingung masalah adopsi anak dan panti asuhan, juga mengenai status anak yatim piatu. Tapi jawaban yg tertulis di sini ga 100% bener loh. Karena ini semua jawaban temen2 kuliah gw. Nih juga bahannya gw ambil dari notes gw di Facebook. Semoga jawabannya memuaskan. Jawaban dari temen-temen gw dah gw edit bahasanya untuk mempermudah membacanya. Kalo ada masukan, silakan tinggalkan comment.


Kasusnya kayak gini:
Ada seorang anak yatim piatu. Dia udah lama banget tinggal di panti asuhan. Ga pernah di adopsi orang. Dia masuk panti karena dibuang orangtuanya. Anggep lah dia anak hasil hubungan gelap. Bapa sama ibunya kagak mau ngakuin dia sbg anak. Dia kagadikasih identitas. Surat keterangan lahir juga enggak ada. Yang ada pada dia hanya sepucuk surat yang berisi, " Tolong rawat dia, " Keberadaan saudara2nya juga ga taw.

Yg jadi pertanyaan gw,
1. anak tersebut berhak ga punya akte lahir???
2. kalo berhak, di aktanya, di bagian nama orangtuanya, ditulis nama siapa. Secara ketika dibuang, dia ga beri identitas sama kedua orangtuanya.


Jawaban dari teman-teman gw:

1.Mario Suryansyah wrote:
pada dasarnya setiap anak tuh berhak atas suatu nama sebagai identitas diri dan status kewarganegaraan yang mana dpt di buktikan melalui akta kelahiran anak. Dalam hal anak yg pr0ses kelahirannya tidak diketahui, dan orangtuanya tidak diketahui keberadaanya, maka pembuatan akta kelahiran menjadi tanggung jwb pemerintah, yang dalam pelaksanaannya diselenggarakan serendah-rendahnya pada tingkat kelurahan desa, yang mana pembuatan akta anak tersebuT didasarkan pada keterangan orang yg menemukannya

2.Lovinia Natasia wrote:
1. bukan berhak tp wajib...smua anak yg lahir wajib pny akte lahir... ada di uu perlindungan anak tuh...hahaha
2. hummm... kayanya klo bgtu jd anak tanggungan negara d... khan anggepnya anak terlantar,,,gw ga taw c...cuma maybe d akte lahirnya nanti ditulis anak tanggungan negara.. sama kaya anak luar nikah khn ditulis d akte anak luar nikah...ga taw yang benar ato ga...hehe...

3.Frederika Suzan Katuuk wrote:
liat undang2 kependudukan yg tahun 2006 donk kl ga sala..disitu ada kok...setau gw dr panti itu nanti ada surat pengantar buat kkantor polisi n ntar dproses..n dia pny akta lahir kok..ini pelajaran sememster 3 loh n bntar lg lulus bljr lah...

4.Nindii Angelina Anindita wrote:
klo dy lahir d bidan ato rumah sakit, pastinya dia punya surat keterangan lahir (BUKAN AKTE) cm nyantumin nama ibunya aja...Pasti panti yang ngurusin masalah akte..tp prosesnya lama banget...setau gw gtu...

5.Elisabeth Lidya Sirait wrote:
Dapet akta dan statusnya anak luar nikah,nanti yg dtulis nama ibunya aja sooo,dia punya hubungan keperdataan hanya dgn ibu nanti nama ibu yg ngadopsi tp kl g ad yg ngadopsi,pihak panti akan ngasih surat keterangan ke negara,begitu. Surat ktrangan itu beda dgn akta,setiap anak ada surat ket.lahir dn akta,dan anak ini dpt 2nya,klo utk ke depannya ga masalah ko.

6.Tiffany Kentjana wrote:
gw kurang tau menau ya man, tp klo dia lahir tanpa keterangan gitu ya gw rasa panti asuhan yg dititipin tu anak yg mesti ngurusin segala data-datanya. Tp ga mungkin pake nama ortunya, coz org2 jg ga tau sapa ortunya. Klo kea gini sih gw rasa bakal masuk voogdij man.. pasti ada walinya di panti asuhan itu, nah wali inilah yg gw rasa bakal bertanggung jawab trhadap tu anak sampe nanti klo dia uda diadopsi ato udah dewasa.

7.Alvin David Harding wrote:
Gini man,,
1. pasti di panti asuhan itu di urus akte kelahirannya oleh pemilik panti itu,,
2. bila anak itu di asuh oleh orang yg mengasuh tuh anak pasti di urus identitasnya dan ktp..

2 comments:

  1. soal akte itu wajib diurus oleh panti dong,... karena dlm uu perlindungan anak menyatakan demikian bukan? soal nama ortunya terserah pemerintah yg bertanggung jwb untuk itu, yg penting secara hukum pemerintah wajib mengurus anak tersebut..... jgn dipermasalahkan lagi bung.

    ReplyDelete
  2. namanya pengen tau bung.....
    hahahahha.....

    gapapa kan???? gw soalnya bingung aja aja sama status anak2 panti.

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^