Mantra-Mantra dari Dunia Harry Potter

 














Sebetulnya mantra-mantranya itu banyak sekali. Yang di dalam gambar itu hanya sebagian. Hampir seluruh mantra Harry Potter itu tertulis dalam bahasa Latin, bahasa yang konon sudah tak ada lagi penutur resminya. Ambil contoh: mantra "Crucio". Tahukah kalian, "Crucio" itu artinya "(saya) menyiksa"? Lalu, "finite incantatem", yang mana "finite"-nya berarti "dengan baik". Sementara, "incantatem"-nya itu berasal dari bahasa Italia, yang berarti "mantra". 

Kenapa aku bisa tahu? Well, I've ever studied Latin language little. Makanya aku bisa tahu beberapa kosakata dalam bahasa Latin. Selain itu, memang kentara sekali banyak pernak-pernik Latin dalam serial Harry Potter yang melegenda tersebut. 

Tentang mantra-mantranya sendiri, mantra yang aku paling sukai adalah "wingardium leviosa" (yang mana "wingardium leviosa" itu berasal dari kata "wing" (terbang), "arduus" (melayang), dan "levi" (naik)). Itu, loh, mantra untuk menerbangkan benda, yang mana Hermione jadi cemberut sehabis diledek habis-habisan oleh Ron. Hermione sendiri juga sih yang salah, yang terlalu sokide. Tak heran Ron menjahilinya. Yah, walau sebetulnya, baik Ron dan Hermione,  keduanya sama-sama keliru. Ron tak seharusnya menjahili Hermione. Hermione juga seharusnya lebih bijak lagi dalam mengajari Ron mantra tersebut. 

Last but not least, segitu dulu fakta menarik tentang Harry Potter. Saksikan fakta-fakta menarik lainnya--yang tentang apapun--hanya di IMMANUEL'S NOTES!  








Comments

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^