Fakta-Fakta Bendera Indonesia & Monako















Ternyata antara bendera Indonesia dan Monako itu tak seratus persen mirip. Perbedaan-perbedaannya itu terletak di

1. Bendera Indonesia itu memiliki proporsi panjang dan lebar untuk warna merah dan putihnya itu 2:3. Sementara, Monako itu 4:5.

2. Jika menggunakan Pantone Matching System, warna merah pada bendera Indonesia itu berada pada skala 032. Sementara, merah pada bendera Monako berada pada skala 032C.

3. Atau jika menggunakan CMYK Process (Cyan, Magenta, Yellow, Black), bendera Indonesia memiliki perpaduan warna merahnya itu 0% Cyan, 90% Magenta, 86% Yellow, 0% Black. Warna merah Indonesia itu lebih terang daripada merahnya Monako.

Lalu, ternyata bendera Merah-Putih Indonesia itu terinspirasi dari Merah-Putih pada bendera Kerajaan Majapahit. Bendera Merah-Putih Kerajaan Majapahit itu memiliki sembilan garis merah dan putih, yang mana terdiri dari lima garis merah dan empat garis putih. Bendera Kerajaan Majapahit itu dikenal sebagai Sang Saka Getih-Getah Samudera atau Sang Saka Gula Kelapa. Bendera itu kali pertama dikibarkan pada saat Majapahit menang dalam pertempuran melawan pasukan Dinasti Yuan dari Tiongkok (1292). Yang kali terakhir dikibarkan pada tahun 1527. Sampai sekarang, bendera Kerajaan Majapahit itu masih dikibarkan di kapal-kapal TNI AL.

Sementara, bendera Monako resmi diresmikan sebagai bendera negara pada tanggal 4 April 1881, saat Charles III bertahta. Walau sejak tahun 1297, bendera Monako itu sudah dikibarkan. Menurut Flag Makers, Monako awalnya bagian dari negara koloni Genoa (seperti halnya Korsika, yang awalnya dikuasai Italia, lalu menjadi bagian dari negara Perancis). Hingga akhirnya Fransesco Grimaldi berhasil merebut kemerdekaan dari pemerintah Genoa. Warna bendera Monako terinspirasi dari warna bendera Genoa yang merupakan salib Saint George. 

Simbol negara Monako pun dibentuk untuk mewakili Dinasti Grimaldi, yang dinamakan House of Grimaldi, dengan sebuah moto 'Deo Juvante', yang berarti 'Dengan Bantuan Tuhan'.

Itulah fakta-fakta mengenai bendera Indonesia dan Monako.















Comments

  1. Wah, saya baru tahu, sekilas memang terlihat sama ya. Padahal berbeda sekali dari segi ukuran saja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^