Bar Mitsvah & Midras















Ayat tersebut berasal dari kitab Imamat. Kitab ini banyak membicarakan tentang peranan seorang imam, yang menurut tradisi Yahudi, haruslah berasal dari suku Lewi. Imam pertama bangsa Israel atau Yahudi, itu juga berasal dari suku Lewi. Namanya Harun. Dan, Harun merupakan kakak Musa, sang pembebas bangsa Israel dari perbudakan di tanah Mesir.

Lalu, tak banyak kita ketahui, bangsa Yahudi memiliki semacam ritual yang mengharuskan anak-anak remaja untuk semacam belajar agama. Yesus atau Isa pun juga harus menjalani ritual yang disebut sebagai Bar Mitsvah (בַּר מִצְוָה ) di kala usianya menginjak 13 tahun. Karena, rata-rata remaja Yahudi diwajibkan untuk masuk ke dalam midras (semacam madrasah).

Terakhir, bar (בַּר) adalah sebuah kata dalam bahasa Aram yang artinya "putra" (בֵּן). Sementara bat (בַּת) artinya "putri" dalam bahasa Ibrani, dan mitzvah (מִצְוָה) artinya "perintah" atau "hukum" (plural: mitzvot). Sehingga bar mitzvah dan bat mitzvah secara literal diterjemahkan menjadi "putra perintah" atau "putri perintah".








Comments