Bagaikan Bertemu Pembaca Langsung








Waktu polling terjadi antara 28 Maret 2020 pukul 23:00 WIB sampai dengan 29 Maret 2020 pukul 23:00 WIB.








Ini aneh. Sebab, "Cualacino" itu novel indie, yang notabene harus kita melakukan pemesanan dulu, baru dicetak. Namun, 52% dari 23 orang itu menyatakan pernah melihatnya di toko buku umum. Okelah, mungkin mereka melihatnya di pameran buku alias book fair (mencoba berpikir positif, nih).

And then, thank God, ternyata 48% dari 23 orang yang memvoting di AskFm ini menyatakan bahwa mereka pernah melihat "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" ini eksis di toko buku (yang mungkin apapun itu toko bukunya). 

Walau aku sampai sekarang belum pernah mendapatkan review langsung dari pembaca #misiterakhirrafael , walau aku belum pernah ketemu langsung dengan pembacanya, walau hanya sekali-dua kali ada yang men-tag aku bukti mereka sudah membelinya, aku percaya sekali jawaban dari anak-anak AskFm itu sudah jujur. Terimakasih banyak, yah. Aku jadi makin bersemangat untuk terus berkarya dan membenahi diri. Bagaimanapun, "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" itu karya pertama aku di tingkat major.

Well, hasil polling di AskFm itu sungguh menjadi kado paling berharga di hari peringatan sampel novel itu kuterima langsung (18 Maret kemarin). Tahun ini novelku itu genap empat tahun eksis di banyak toko buku yang ada di seluruh Indonesia. 

Terimakasih banyak, Tuhan! Terimakasih banyak untuk semuanya!

Mungkin seperti inilah rasanya bertemu dengan pembaca buku kita, kali, yah. Rasa senangnya berlipat-lipat! 😀














Comments