#1 Random Talk 15 Februari 2020

















Aku pindahkan saja ke IMMANUEL'S NOTES. Alasannya, lebih aman. Aku menghindari yang namanya huru-hara saja. Makanya, kuhapus komentarku di video tersebut. Hehe.

Peace, ah. Ini, aku mengeluarkan tulisan ini benar-benar berdasarkan niat baik. Aku lagi mengomentari video Youtube yang kulihat di dunia maya (lihat: MOP Channel).

Jadi, aku melihat video tersebut. Saat kulihat-lihat, aku tak merasakan ada manfaatnya sekalipun dari video itu. Buat apa juga jadi bahan konten? Hanya mengejar uang? Bagiku, hal yang dibahas itu kan seharusnya masuk ranah privasi. Tak elok jika diumbar ke hadapan publik. Yang sama tak eloknya, saat kita berbuat baik ke sesama manusia, kita pamerkan ke social media.

Kedua, bukankah malah timbul kesan negatif di masyarakat dengan beredarnya video tersebut? Salah satunya, yang kurasakan, terciptalah suatu gap antara personelnya dan orang awam. Terkesan eksklusif, yang seolah-olah  mereka datang dari planet lain. Kenapa tidak disikapi bijak saja? Contoh, dengan stay humble, tetap ramah dan membumi. Belum tentu juga yang bersangkutan memang berniat jahat. Mungkin hanya ingin berkenalan saja. Toh, berteman dengan siapapun, itu suatu hal positif kan. Setiap agama pasti mengajarkannya. Tuhan pasti suka juga. Harusnya kan bisa lebih berpikiran positif. Belum tentu mereka yang dimaksud video konten tersebut memiliki niat jahat. Belum lagi, pemilihan tiap katanya juga banyak yang kurang pantas digunakan. Memang, sedemikian menyeramkannyakah--padahal belum tentu yang seram yang terjadi?

Begitu saja, sih. Tak ada niat negatif apalagi jahat. Intinya, tanggapi saja dengan bijak. Hal-hal seperti itu bukanlah sesuatu untuk diumbar. Lebih banyak mudaratnya daripada manfaatnya. Bukankah lebih bagus lagi jika itu tetap berada di ranah privasi; yang mana itu menjadi urusan pihak-pihak yang terlibat?





Comments

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^