Kisah di Balik Hari Pertama Lebaran








Nuel Lubis, You -C 1000 MG, dan komplek perumahan. Di hari pertama Lebaran.








Lebaran itu selalu hari raya yang banyak mengandung makna, walau aku dan keluargaku tidak merayakan (meskipun demikian, aku punya beberapa saudara sepupu yang merayakan, salah satunya Pratiwi Kalsum). Yah, karena aku beragama Kristen Protestan. Kenapa kubilang seperti itu, beberapa kali Lebaran, selalu saja ada momen-momen yang sangat berkesan, entah momen senang, sedih, maupun menjengkelkan. Salah satunya, 17 Juli 2015. 

Itu tanggal saat aku kali pertama membesuk Mami di RS Dharmais. Mami saat itu tengah pengobatan kanker kelenjar getah beningnya. Bertepatan sekali dengan Lebaran hari pertama. Beberapa hari sebelumnya, Mami masih dirawat di RS Siloam yang dekat dengan Atmajaya. Makanya, aku tak pernah lupa tanggal tersebut. Salah satu tanggal bersejarah sepanjang hidup seorang Nuel Lubis. 

Oh iya, aku sengaja keluar rumah saat Lebaran hari pertama. Sebab, aku ingin sekali merasakan kondisi komplek perumahan di mana aku tinggal saat Lebaran hari pertama. Begitu juga kenapa aku membeli minuman tersebut. Tahu, tidak, kenapa aku membelinya? Minuman itu juga Mami yang merekomendasikan. Katanya, biar kulitku jadi halus. Wah, sungguh ibu kandung yang sangat peduli akan kesehatan kulit anak-anaknya. Dulu sekali, kakiku pernah diserang panu atau kurap begitu. Oleh Mami, sampai dibela-belakan menemaniku ke RSIA Harapan Kita hanya demi mendapatkan obat kulit yang sangat mujarab. Wajahku pernah berjerawat sekali, Mami sangat marah sekali saat tahu jerawatku diobati dengan salep kulit yang murahan. Haha. Karena itulah, aku jadi sangat aware dengan skin care. Itu alasannya. 

.....

Lebaran - Mami - YouC100MG

Omong-omong, nama minumannya rada mirip dengan nama teman kuliah dulu. Nama si teman Yussy Nabila Yuswenda. Entah kenapa, selain jadi teringat dengan Mami, aku juga teringat dengan si Yussy tersebut. Suka cengar-cengir sendiri. Haha. 

Oh iya, maaf jadi sebut merek, mendadak begitu dengar suara takbiran, aku teringat akan Mami, minuman 'healthy inside, fresh outside', dan si teman--yang saat kuliah, dia belum berhijab.

Terkadang, ada banyak hal di dunia ini yang bisa membangkitkan sejumlah kenangan yang tersimpan dalam otak kita. Contohnya, hanya karena sebotol minuman, aku teringat akan Mami dan teman kuliah. Lucunya, Lebaran tahun ini jatuh pada tanggal berapa, tanggal bersejarahnya kapan.









Comments