Tuesday, July 22, 2014

10 Tempat Fiksi Tapi Nyata






Adakah di sini yang menyukai membaca cerita-cerita fiksi? Selama kalian membacanya, apa yang terbersit di pikiran? Pernahkah kalian menyangka bahwa mungkin saja cerita di dalamnya itu tak seratus persen fiksi?

Jika kalian bertanya balik, aku akan jawab, "Ya, pernah". Kenyataannya, sebagai seorang penikmat fiksi, aku sudah lumayan sering mendengar bahwa beberapa seniman fiksi selalu mempunyai landasan (dari kehidupan nyata) untuk cerita fiksi yang mereka ciptakan. Terlebih lagi soal latar tempat.

Berikut sepuluh tempat yang diduga fiksi, tapi ternyata betul-betul ada di planet Bumi ini!







1. Klondike
Bagi Disney-lovers, pasti merasa familier dengan nama tersebut. Nama itu merupakan tempat dimana Paman Gober memulai karirnya sebagai orang terkaya sejagad raya. Tiap menceritakan kesuksesannya, Paman Gober selalu menyebut-nyebut 'Klondike'.

Awalnya kukira itu hanya sebuah tempat rekaan Disney saja. Terlebih rekaan si Carl Banks. Eh ternyata Klondike memang ada. Letaknya di Kanada. Persisnya di barat daya negara Kanada, dekat dengan sungai Yukon. Daerah itu dulunya memang terkenal akan sumber daya emasnya. Akhir abad 19 hingga awal abad 20, daerah tersebut dipenuhi oleh mereka yang terkena demam emas.







2. Lapland
Masih dari komik Paman Gober. Karena masih ada lagi tempat yang mencurigakan. Namanya lapland -- dan sering diceritakan sebagai tempat tinggal sinterklas. Lapland memang ada. Begitu pun dengan sinterklas yang sebetulnya merupakan Santo Nicholas.

Lapland merupakan sebuah provinsi di negara dimana Nokia lahir. Oleh pemerintah Finlandia, Lapland ditetapkan sebagai rumah sebuah taman nasional dan kawasan cagar alam. Entah bagaimana caranya, Lapland dikenal sebagai rumah sinterklas. Tapi faktanya Lapland memang dekat dengan kutub utara secara geografis. Di sana juga hidup fauna bernama beruang kutub.







3.  Aomori
Kita beralih ke Doraemon, sebuah komik legendaris dari negeri sakura Miyawaki. Bicara soal komik robot kucing dari abad 22 itu, pasti kita langsung teringat kata 'Aomori'. Apalagi kata itu sering disebut beberapa kali. Dan ternyata Aomori memang ada.

Aomori merupakan nama sebuah prefektur di Jepang. Terletak di kawasan Touhoku, Honshu -- pulau utama Jepang. Menurut legenda, di Aomori terdapat makam Yesus Kristus. Diduga Yesus tak mati disalib. Melainkan ia menjadi musafir hingga Jepang; lalu ia membentuk sebuah keluarga di sana.

Kastil Hirosaki,salah satu peninggalan jaman Edo, yang terletak di Aomori.






4. Timbuktu
Kalau Donal Bebek tengah kabur dari amarah Paman Gober atau para penagih utang, ia pasti bilang akan kabur ke Timbuktu. Bingung juga aku. Bagaimana bisa seorang bebek yang selalu apes jadi tahu soal daerah terpencil yang terletak di Mali, Afrika itu? Walau terpencil, Timbuktu dulunya merupakan pusat perdagangan yang selalu dikunjungi para musafir. Timbuktu juga pusat dimana banyak agama berkumpul.

Masjid Sankora






5. Beika
Kalau yang ini sih merupakan rekaan sang komikus, Gosho Aoyama. Tidak benar-benar ada. Tapi tak seratus persen fiksi. Kota tempat tinggal Shinichi Kudo alias Conan Edogawa itu terletak di sisi sebelah timur kota Tokyo. Sementara itu, kota lainnya, Haido, memang ada.

Kiri, Beika. Kanan, Haido.







6. Yucatan
Balik lagi ke komik Paman Gober. Ternyata semasa muda, Paman Gober pernah tinggal di Yucatan yang berlokasi di Meksiko. Selain nama sebuah provinsi di Meksiko, Yucatan juga merupakan nama semenanjung. Sebagai sebuah provinsi dan sebuah negara yang sempat memerdekakan diri, Yucatan memiliki ibukota yang dikenal sebagai kota perdamaian. Yaitu Merida.









7. King's Cross
Joanne Kathleen Rowling memang penulis dengan imajinasi mumpuni. Walau pintar membuat serial fiksi terkenal, Harry Potter, jangan pernah mengira semua latarnya itu fiksi. Tak semua. Ada beberapa yang nyata. Salah satunya, King's Cross. King's Cross merupakan nama sebuah kawasan atau distrik di kota London. Dulunya dikenal sebagai kawasan red light, dimana banyak pelacur mulai aktif mencari mangsa. Dan memang di sini juga ada stasiun King's Cross.







8. Forks
Ternyata, saudara-saudara, tempat tinggal baru Isabela Swan (Tokoh fiksi di novel Twilight) itu memang sungguh ada. Forks merupakan sebuah kota kecil di Clallam County yang terletak di negara bagian Washington, Amerika Serikat. Kota ini sudah lama dikenal sebagai destinasi favorit para pemancing. Juga di sini terdapat Olympic National Parks.

Suasana kota Forks.






9. Pulau Api
Entah di volume berapa, dulu aku pernah mendengar nama 'Pulau Api' di komik Paman Gober. Diceritakan bahwa Pulau Api itu terletak di bagian selatan benua Amerika. Awalnya kukira itu hanya sebuah tempat fiksi belaka. Ternyata Pulau Api memang ada. Pulau Api merupakan sebuah pulau yang masuk yurisdiksi Argentina dan Chile. Nama bekennya itu Tierra del Fuego. Karena kondisi geografisnya, Tierra del Fuego dikenal sebagai Land of Fire.

Beagle Channel yang ada di Tierra del Fuego. 






10. Gotham City
Kalau yang ini sih murni kota fiksi. Mau dicari di peta mana pun, tak ada kota yang bernama Gotham, Kawan. Ha-ha-ha. Eh tapi bisakah kalian menyebutkan nama-nama tempat fiksi yang ternyata nyata? Ayo, dibantu!!!