Tuesday, October 29, 2013

(Mungkin) 10 Hal Khas Indonesia


Masih berlanjut ke postingan sebelumnya, masih membahas soal nasionalisme. Hanya saja bukan ke nasionalismenya, lebih spesifik - yaitu soal apa sih budaya di Indonesia yang Indonesia banget. Yang kalau kita menyebutkan, langsung teringat "Ah, Indonesia," Jujur saja, postingan kali ini sedikit terinspirasi dari VJ Daniel Mananta. Clothing line 'Damn I Love Indonesia' yang dibuatnya konon lahir karena kegemasannya melihat banyaknya  berseliweran kaos-kaos bertuliskan 'I love New York' dan lainnya, yang menurutku sih ada baiknya ditulis dalam bahasa Indonesia. Kan keren lihat orang asing baca, "Bangsat aku cinta Indonesia." - atau kata-kata, "Perek lu! Masak lu nggak tahu Indonesia?" Membanggakan, kan, jika kaosnya itu juga dijual di negara-negara yang bahasanya bukan Indonesia atau Melayu. Kalau mau mempromosikan Indonesia, nggak usah nanggung-nanggung gitu.




Oke balik ke topik.

Eh kira-kira apa yah sesuatu yang identik dengan Indonesia. Hmmm.... Mungkin itu... simak saja langsung.

1. Rendang
Yah, masakan asal Sumatera Barat ini memang sudah identik dengan Indonesia, daripada Minangkabau lagi. Sekarang ini, orang bikin rendang tak harus orang Padang. Makanya sempat ada isu bagaimana membedakan mana rumah makan Padang yang dimiliki orang Padang tulen, mana yang bukan.

2. Kebaya
Setahuku, kebaya itu budaya Jawa yah, maaf kalau keliru. Tapi entah mengapa, kebaya jadi terasa Indonesia sekali. Kontes-kontes kecantikan seperti Miss Indonesia atau Putri Indonesia saja tiap kontestannya seperti wajib mengenakan kebaya. Selain itu, tiap wisudawati juga wajib mengenakan kebaya di upacara wisudanya. Selain itu, kebaya juga sering digunakan di beberapa acara formal.

3. Sanggul atau konde
Orang kalau pakai kebaya, pasti pakai sanggul atau konde, kemungkinannya. Jadi sudah sepaket begitu.

4.Peci
So sorry if i say, tapi kebanyakan orang menggunakan peci dalam kegiatan-kegiatan beragama (Islam). Yah walau terkadang juga digunakan dalam momen-momen lainnya, dan entah mengapa saat menggunakannya, jadi serasa Indonesia terlihatnya - si pemakai tersebut.

5. Sarung
Benda persegi ini kalau dipakai memang terasa Indonesia sekali.

6. Bali
Benci mengakuinya, entah mengapa kebanyakan bule waktu mendengar Indonesia, ingatnya Bali saja. Malah Bali lebih terkenal daripada Indonesia sendiri. Mungkin ada baiknya ibukota dipindahkan ke Denpasar kali yah? Atau Kuta? Atau Sanur? Bali, Bali, provinsi yang satu ini sudah banyak sekali memberikan kontribusi ke pembangunan Indonesia.

7.  Mas, Mbak
Ketimbang 'Kak', 'Bang', 'Koh', 'Ci',  entah kenapa aku lebih suka menyebut 'Mas' atau 'Mbak'. Terasa Indonesia sekali. Dan tak hanya aku saja, cukup sering mendengar orang-orang berucap 'mas' atau 'mbak'.  Kata 'bang' malah jarang terdengar ketimbang 'mas'.

8. Batik
Sekarang batik tak hanya digunakan oleh orang Jawa, tapi juga semua orang Indonesia. Di beberapa acara pernikahan (baca: kondangan), apapun itu, masih suka menemukan orang-orang yang mengenakan batik. Bahkan tiap pergi ke gereja, lumayan sering mendapati beberapa orang mengenakan batik. Di acara-acara formal, kalau tak mengenakan setelan jas atau kemeja, yah pakai batik.

9. Gorengan
Penganan yang satu ini memang gampang sekali ditemukan di Indonesia. Terlebih lagi pisang goreng. Bahkan saat orang-orang Indonesia mengadakan acara temu-kangen saat di luar negeri, penganan satu ini harus ada.

10. (......)
Yuk sebutkan sesuatu yang menurut kalian identik dengan Indonesia!

5 comments:

  1. Sesuatu yg Indonesia?

    1. Wolf Pack Mentality
    Orang Indo seneng rame2, kumpul2 bareng sahabat dan kerabat. Naek mobil dipaksain semua orangnya masuk ke dalam mobil meskipun desak2an. Meskipun ga nyaman, yg penting rame. Kalo mau pergi ke mana2, senengnya bareng temen2, saling tunggu menunggu...bahkan ke WC sekalipun. Paling anti pergi ke mall, apalagi nonton ke bioskop sendirian. Secara sadar atau ga sadar, membentuk sebuah "genk" di dalam dunia pergaulan sehari2 di mana semakin banyak waktu yg dihabiskan bareng2, semakin erat hubungannya.

    2. Seneng Ngobrol
    Orang Indo seneng ngobrol. Kalo udah pergi "kongkow" ke kafe/restoran, makannya paling cuma setengah jam, ngobrolnya 3-4 jam. Makanan enak/ngga itu nomer dua, nomer satunya adalah tempatnya enak buat kongkow ato ngga. Makanya di Indo yg namanya restoran fastfood 24 jam kayak McD dan KFC tuh ga pernah sepi. Meskipun cuma beli satu es krim cone atau burger "goceng", tapi ngobrolnya bisa sampe pagi. Saking senengnya ngobrol, bahkan ngobrol sama orang yg ga dikenal pun bukan hal aneh. Duduk sebelahan di pesawat, tiba2 bisa saling curhat tentang pacar masing2.

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^