Agama itu jangan jadi tembok!




Babe kite nyang ade di surge
Dikudusin name Loe ye Beh ye
Datengleh kerajaan Loe di bumi atawe di surge sono
Jadileh ape nyang Loe mau deh Beh
Bagiin dong bocah2 Loe ini makanan secukupnye
Dan ampunin ‘deh aye dari segale sale kate ato ape kek Nyang kage berkenan di ati Babe
same kayak aye nih juge ngampunin sesame aye.
Dan jauhin aye dari nyang ja’at ja’at yah,
‘pan Loe ‘Beh nyang bosnye kerajaan dan kuase selame lamenye.
Udahan dulu ye ‘Beh, Amiiiiin

Yang di atas itu, Doa Bapa Kami versi bahasa Betawi. Kali pertama tahu dari teman SMA. Kesannya sih, waktu itu, "Gila nih yah ngebuat! Ayat-ayat dari kitab suci dipelintir begini. Nggak sopan." Yah soalnya doa itu ditemukan dalam Matius 6: 9-13. Aslinya itu berbunyi seperti yang ada di sebuah situs.Di telingaku itu terdengar seperti pelecehan ayat-ayat kitab suci. Masak ayat-ayat suci itu pakai bahasa pinggir jalan sih?

Namun, setelah dipikir-pikir lagi, ketika kita berdoa dengan bahasa model begini ke Sang Pencipta, hal tersebut terkesan tak kaku. Tuhan itu jadi benar-benar jadi seperti seorang sahabat untuk kita - para manusia. Bayangkan kalau Doa Bapa Kami diucapkan dengan bahasa formal seperti ini: "Bapa kami yang di sorga, dikuduskanlah nama-Mu. Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di sorga, ..." Terkesan kaku dan hubungan kita dengan sang Pencipta jadi seperti raja dengan algojo atau budak. Yah Tuhan sih memang segalanya (untuk yang non atheis dan non agnostik). Dialah pencipta manusia dan segala yang ada di planet Bumi ini. Tapi dengan doa seperti ini, terlihat sekali yang namanya 'agama' itu jadi lebih manusiawi dan luwes.

Selain ditulis dalam bahasa Betawi yang notabene juga dari atas sana asalnya, doa model begini menunjukan kalau 'faith' itu sudah merasuki dalam sukma orang yang bersangkutan. Agama tak lagi dipahami secara dangkal saja. Bila manusia bisa menjadikan sesuatu dari agamanya sebagai bahan humor semata, itu berarti dia (mungkin) benar-benar sadar kalau ajaran agama yang dianutnya sudah menjadi pegangan hidupnya; selama guyonannya juga tak berlebihan. Itu juga berarti, dia menjalani ajaran agamanya dengan kerelaan hati dan kesadaran diri; bukan karena embel-embel 'terpaksa', 'ikut-ikutan', 'ada udang di balik batu', atau segudang alasan-alasan lainnya.

Idealnya sih, kalau kita beragama, hidup kita jadi lebih bermakna. Kita punya pegangan saat kita galau. Ada sesuatu juga yang bisa mengontrol diri kita dalam berhubungan dengan sesama. Bagi penganut sebuah agama yang cukup saleh, pasti akan selalu berpikir tiap kali terbersit pikiran untuk menzolimi sesama kita. Percaya sekali, rata-rata semua agama itu selalu penuh dengan ajaran moral. Lebih banyak kata 'jangan'-nya ketimbang 'boleh'-nya. Selain itu, agama juga bisa menjadi tuntunan kita dalam berkehidupan, khususnya dalam masyarat Bumi yang memang sudah majemuk. Jadi, salah besar kalau ada yang bilang: "Agama itu pemecah." Agama seharusnya bisa jadi pemersatu, bukan tembok Berlin.

Itu sih memang idealnya. Faktanya di lapangan, entah mengapa agama bisa jadi pemecah. Padahal ajarannya baik, kok. Penuh pesan positif. Dari sejak mesin uap belum ditemukan, sudah kerap kali ditemukan perang atas nama agama. Alasannya satu dan klasik: ajarannya berbeda dengan agama saya. Kebanyakan orang sering kali lantang berucap: "Agama saya yang paling benar, tak ada keselamatan di luar agama saya!" Yang bilang begitu itu Tuhan apa? Dia kali yang menciptakan alam semesta ini. Yah boleh-boleh saja sih beranggapan seperti itu; tapi apa tidak sebaiknya diucapkan dalam hati. Saat ditanya mengapa beragama X, jawab saja: "Karena saya menemukan ketentraman batin." atau "Karena saya jadi tahu apa arti hidup saya yang sesungguhnya." Itu jauh lebih enak terdengar. Tak ada arogansi dan bukankah tiap agama tak mengajarkan kearoganan?

Diakui juga, agama memang jadi faktor pembeda, selain bahasa, fisik, dan pola pikir (kebudayaan). Namun agama, kalau diperhatikan seksama, bukan jadi faktor pembeda yang menonjol sekali. Saking menonjolnya, agama jadi seperti tembok layaknya bahasa. Agama malah bisa jadi sebuah jembatan. Dalam satu agama saja, sering terlihat yang namanya akulturasi budaya. Jadi seharusnya antara agama satu dengan lainnya tak menciptakan sebuah tembok yang membatasi pergaulan umatnya. Secara internal saja bisa, kenapa sulit sekali secara eksternal? Bukankah indah melihat pemandangan seperti ini:



Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan dan Masjid Al-Hikmah yang terletak di Jalan Gatot Subroto no 222, Solo - Jawa Tengah.

Bayangkan saja, gerejanya sudah berdiri sejak tahun 1939. Lalu masjidnya berdiri pada tahun 1943. Dan hingga kini, masih tetap berdiri masing-masing dan tak ada konflik. Gosipnya, umat beragama di sana saling menghargai kepercayaan masing-masing. Satu-satunya tembok di antara keduanya itu cuma sebuah tugu lilin tua. Selain di Solo, katanya yang seperti ini juga ada di Tanjung Priok. Jadi seharusnya agama tak menjadi tembok. Yuk, kita usahakan supaya agama jangan jadi tembok lagi!

Sebagai penutup, ada quote bagus dari seorang teman blogger yang sekiranya bisa jadi bahan renungan kita semua (Ceritanya waktu di perantauan di China sana):

Keven Keppi: "Waktu gua ceritain ke temen China gua yang agamanya muslim, dia sampe bengong terus bilang, "Kalo puasa ya puasa aja, nggak usah pamer-pamer ke orang laen kalo lu lagi puasa, apalagi minta dihormati sampai merugikan orang lain segala, itu sih namanya nggak tulus puasanya, cuma pengen memanfaatkan momen puasa ini untuk keuntungan pribadi."





Di atas ini bukan sejenis patung Buddha. Tapi ini sebetulnya patung Bunda Maria dan adanya di Jepang sana. Kalian tahu, di Jepang sana, konon ada yang namanya Kakure Kirishitan. Itu adalah sebuah kelompok Nasrani yang menjalankan agamanya secara sembunyi-sembunyi karena tekanan pemerintah Jepang pada era sebelum Showa dan Heisei (Penanggalan Jepang). Lalu ajaran-ajaran Kristiani dibaurkan dengan ajaran Buddha atau Boddhisattvas. Salah satunya, yah patung Bunda Maria ini yang juga agak mirip dengan patung Dewi Kanon.

Hingga saat pemerintah Jepang menjamin kebebasan beragama (Di sana, dalam undang-undangnya, agama dianggap sebagai budaya), Kakure Kirishitan ini masih ada - gosipnya. Karena kebanyakan penganutnya masih nyaman dengan jalan beragama secara sembunyi-sembunyi. Sepintas juga, ajaran agama Kristen dipelintir dan jauh dari makna sesungguhnya. Tapi coba deh berpikir positif. Setidaknya kaum Kakure Kirishitan ini mengajarkan pada kita:

"We should show our religion up by the behaviour; not by something symbolic." - @NuelLubis

Comments

  1. semuanya itu kembali kepada masing-masing individu, bagaimana memahami agamanya sesuai ajaran agama masing2 yang baik dan benar....salam :-)

    ReplyDelete
  2. emangnya tuhan bodo ga tau bahasa apapun..?

    atas dasar itulah kenapa karl marx sampai berpikiran agam itu candu yang jadi sumber kebodohan manusia.

    memang tak terlalu salah kok
    agama yang semestinya untuk menertibkan kehidupan malah jadi tembok yang mengkotak-kotakan sisi kemanusiaan kita. kalo mau baca sejarah, tak terhitung berapa banyak dosa agama terhadap kehidupan.

    orang seringkali terjebak pada tata cara beragama sampai melupakan tatacara bertuhan...

    ReplyDelete
  3. kalau saya sih gak berani ngebahasa ginian mas. tapi kalau boleh nanggepin quota kevin... yg pasti itu gak buat semua orang, masing2 orang punya sifat yg berbeda. jadi jgn sembarnag ngomong aja masalah agama, ada baiknya diam dan berfikir positif, kalau saya pribadisih ngerasa kayak ngomong itu buat semua orang yg melu agama saya,

    ReplyDelete
  4. Aditya Regas : Soalnya Nuel hanya mengutip sekalimat itu doank, padahal yg gua bahas di blog konteksnya tidak sesempit itu.

    ReplyDelete
  5. "Agama yang semestinya untuk menertibkan kehidupan malah jadi tembok yang mengkotak-kotakan sisi kemanusiaan kita. Orang seringkali terjebak pada tata cara beragama sampai melupakan tatacara bertuhan..."

    Setuju banget sama kata2 Bang Rawins di atas ini. Gua yakin cuma sebagian kecil dari umat beragama yg mengerti arti sebenernya dari kata2 tersebut. Soalnya yg gua liat, agama tuh justru seringkali membuat seseorang jadi over-sensitif dan tidak bisa bertoleransi terhadap mereka2 yg tidak sependapat dengan dirinya.

    ReplyDelete
  6. Btw Nuel itu lu ngutip dari mana sih? Gua cari2 di blog kok ga nemu ya >_< (lupa sama postingan blog sendiri, hahaha)

    ReplyDelete
  7. @kevin gue juga gak yakin itu tulisan pemikiran elo -__-

    ReplyDelete
  8. @ Keven:
    Dari status FB lu kok... Hehehe...

    @ Adittya:
    Nah itu dia maksud gue, kenapa gak coba berpikiran positif aja? Itu yang sering dilakuin penganut agama... Selalu berpikiran dan bertindak negatif.... -_-

    ReplyDelete
  9. Numpang baca artikelnya pak admin. Dan selamat pagi untuk pengunjung semuanya. Salam kenal dari saya, Brehow. :)

    ReplyDelete
  10. itulah pendapat beragama yang salah, mengapa agama dijadiin alat buat mengkotak-kotaka..?
    semacam udah dipolitisir kali yaa...

    btw, pernah baca mengapa arti injil/makna/maksud injil kadang berbeda satu sama lain, terbitan dahulu atau sekarang karena mereka bebas menulisnya dalam bahasa lain tanpa mencantumkan awal bahasanya semula...

    #Maaf bang jangan dianggap SARA ya...
    :)

    ReplyDelete
  11. @ Nuel:
    Selow sama gue mah.... Lagian komentar lu tuh nggak SARA kali, masih sopan... Hehehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~