Thursday, March 29, 2012

(Sudah pasti) Ia mencerahkanku



Gambar: Dokumentasi Pribadi yang diambil dengan menggunakan kamera handphone K660i

Di perumahan tempat aku tinggal, ada sesosok yang amat sangat kukagumi. Sosok itu ialah seorang tukang sampah. Bukan tukang sampah biasa,tepatnya. Melainkan seorang tukang sampah yang buta. Yah tukang sampah ini tidak bisa melihat, sobat!

Pertama kali kulihat dia mengais-ais tong sampah itu waktu Agustus 2008. Dan hingga kini, dia masih setia dengan pekerjaan yang cukup berat untuk orang-orang senasib dirinya. Dilihat dari dari perawakannya juga, sepertinya dia itu late twenties atau early thirties. Tapi tak masalah berapa usianya. Karena yang ingin kusampaikan ialah... aku kagum dengan beliau.

Hal yang aku kagumi dari dia itu ialah semangatnya. Walau buta, ia mau bekerja berat seperti itu. Ia rela pagi-pagi mendorong gerobak dan mengais-ais tong sampah warga komplek. Berbeda sama diriku ini yang biasanya suka bermalas-malasan tanpa sebab. Miris.

Biasanya juga, orang-orang senasib dia itu pekerjaannya tak jauh-jauh dari pengemis, tukang pijat, ataupun pengamen. Jarang sepertinya kulihat ada orang buta yang mau mendorong gerobak. Seolah dia ingin berkata: 'Walau aku buta, aku bisa lho berbuat sesuatu untuk sesamaku.' Apalagi seringkali dia mendorong gerobak tanpa bantuan siapa-siapa. Very salute for his spirit.

Hmmm....

So, what's your opinion about the blind dustman?

37 comments:

  1. dia sangat menghargai hidupnya dan dia sedang menucapkan terimakasih kepada Tuhan...
    semoga kita bisa berbuat lebih dibandning dia...
    :)

    ReplyDelete
  2. Mungkin dari kisah bapak itu kita harus mensyukuri segala sesuatu yang telah kita miliki, nyatanya masih banyak org di luar sana yang nasibnya tak lebih baik dari kita.

    Buat pak tukang sampah, salut atas kegigihan dan perjuangan hidupnya. mungkin beliau sudah paham betul ungkapan "tangan diatas lebih baik daripada tangan di bawah "

    ReplyDelete
  3. salut gue sama orang2 yang punya keterbatasaan tp gak menge-eksploitasi keterbatasaanya untuk melas2 ke orang buat minta2..

    ReplyDelete
  4. salut sama bapak yang mendapatkan kehidupannya dengan usaha dan jerih payah sendiri, tanpa mengharapkan sesuatu dengan instan seperti maraknya terjadi saat ini

    ReplyDelete
  5. Postingan ini gak ada kurekayasa lho. Ini bener2 ada dan nyata. Maaf kalo agak2 ga jelas wajahnya. Soalnya ini juga diam2 ngambil gambarnya. Agak2 tengsin juga sih motonya. Hehehe... :D

    ReplyDelete
  6. mempunyai kekurangan tapi tetap semangat mencari rezeki ya

    ReplyDelete
  7. Tuna netra deket rumah ku dua orang tinggal satu kontrakan, mereka jualan susu keliling. Susu yang di gelas kayak semacam susu kbps gitu loh... hebat itu org2, aku salut bener.

    ReplyDelete
  8. beneran??
    padahal dgn kondsi fisik bgitu, jd ptgas kebersihan kliling gtu kan susah, ntar malah salah angkut
    salut juga..bliau gak pasrah dgn kndisi, tp dgn kkuranganny bliau jstru vilang 'Gue bisa juga looh'
    :D

    ReplyDelete
  9. semangatnya luar biassaaa...:) Ia tidak berpangku tangan.. Subhanallah..

    ReplyDelete
  10. merinding bacanya...jadi iri ama semagatnya

    ReplyDelete
  11. Harus diakui bahwa kadang mereka yang memiliki keterbatasan justru lebih 'kuat' dan lebih bisa memanfaatkan dengan optimal apa yang dimiliki dan bisa dilakukan.

    ReplyDelete
  12. mendayagunakan potensi yang ada....siapa pun dan dalam kondisi bagaimana pun.
    Manusia rata-rata semua sama....tetapi yang membedakan juga banyak..salah satunya seperti tokoh diatas.....masih menyala rupanya energi semangatnya....SEMANGAT!!!

    ReplyDelete
  13. malu sama diri sendiri yang suka putus asa kalo dapat masalah padahal ada orang yang masalahnya lebih berat :')

    ReplyDelete
  14. Hiks hiksss Terharu!!!
    Itu adalah sebagian kecil contoh untuk kita semua :(

    ReplyDelete
  15. luar biasa, jadi seprti daredevil bisa mengetahui keberadaan benda2 sekitar

    ReplyDelete
  16. wah. bisa seperti itu ya. bagaimana kalo bapak itu bisa melihat, saluut.

    ReplyDelete
  17. Salut, gw gak mngkin bisa kayak beliau kalau kondisi gw gitu..

    ReplyDelete
  18. semangat dan orang yang patut dicontoh oleh kita yang tidak mempunyai keterbatasan dan juga buat yang mempunyai keterbatasan agar tdk menjadikan keterbatasannya untuk dikasihani oleh orang lain

    ReplyDelete
  19. kisah yang mengantarkan kita untuk tetap bersyukur. *sujud syukur* :D

    ReplyDelete
  20. sungguh luar biasa si Bapak dengan segala keterbatasan yang dia punya tapi memiliki semangat yang besar ^___^

    ReplyDelete
  21. Jadi terharu sob. . , ,
    kunjung balik ya.

    ReplyDelete
  22. nuel, kalo sering ketemu, coba traktir makaan :D

    ReplyDelete
  23. kekurangan bukanlah batasan dalam mencari sesuatu yg halal. nice post...

    ReplyDelete
  24. Huhu hebat :(
    Jadi malu pada diri sendiri :(

    ReplyDelete
  25. Subhanallah...Saya salut melihat orang tersebut. Meski dalam keadaan kekurangan fisik tapi masih tetap gigih dalam bekerja. Semoga di lancarkan rizqi-nya. Amien.

    ReplyDelete
  26. semua orang bisa menjadi inspirator kita ya bang.. :)

    ada hadiah spesail untuk bang Nuel dari gamazoe.. diterima ya, http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/ :)

    ReplyDelete
  27. datang untuk berkunjung :D
    di tunggu kunjungan baliknya ya ke http://articles.century21.co.id/

    ReplyDelete
  28. kagum, terharu, bangga sama si bapak. dia tidak mengeluh sama sekali. Semoga Tuhan membalas jasanya :D

    ReplyDelete
  29. inspiring.
    dia udah nonjok ratusan orang yang sehat 100% tapi ngaku gak dapet pekerjaan (nganggur)

    ReplyDelete
  30. Itulah bedanya kalo udah punya tanggungan dan berkeluarga. Orang yg udah berkeluarga dan punya tanggungan biasanya lebih rajin dibanding dgn kita yg masih lajang.
    kek aku, aku juga pemalas nih...

    ReplyDelete
  31. ngena banget buat pencerahan nuell.. *khususnya untuk kita yg suka males memulai sesuatu :)

    Happy Blogging ^-^v..

    ReplyDelete
  32. dalam keterbatasan, namun masih dapat berkarya, tidak menyusahkan orang, dan yang jelas... meskipun terkadang pekerjaannya dianggap remeh namun apa jadinya jika tidak ada dia..

    inspiring!

    ReplyDelete
  33. Keren, walaupun buta, tapi ia tidak memanfaatkan kebutaannya itu untuk mencari nafkah, melainkan tetap belagak seperti manusia normal.

    Inspiring../

    ReplyDelete
  34. Subhanallah, salut banget sama orang2 seperti ini, jiwanya lebih mulia daripada yang duduk di pemerintahan sana atau orang2 yang menggunakan kelemahannya u/ mencari keuntungan.. semoga ga pernah sakit :)

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^