Sunday, December 25, 2011

10 Mitos yang Keliru tentang Natal


1. Keberadaan Sinterklas
--> Sebetulnya sinterklas itu merupakan imajinasi berlebihannya orang Amerika terhadap Santo Nicholas. Yup. Santo Nicholas lah pencetus tokoh bernama Sinterklas itu. Tapi sayangnya, Santo Nicholas itu enggak berjenggot, enggak mengenakan pakaian serba merah, enggak pula tinggal di Kutub Utara. Ke semuanya itu murni buatan orang-orang industri di negeri Paman Sam tersebut. Yup, sinterklas atau santa claus itu murni penggambaran secara berlebihan dari Santo Nicholas.



2. Sinterklas mengunjungi rumah-rumah dengan cara masuk lewat cerobong asap
--> Ini nih yang ngawur. Tahu enggak? Fungsi cerobong asap itu sebetulnya adalah untuk menghangatkan. Apalagi di Eropa dan Amrik sana, Christmas itu jatuh pada saat winter. Suhunya seringkali di bawah nol derajat. Karna itulah, otomatis cerobong asapnya itu aktif. Banyak orang yang menghidupkan perapiannya untuk menghangatkan. Nah kalo perapiannya dinyalakan, pas si sinterklas datang, pantatnya hangus dong kebakar?! :P




3. Lagu Natal tidak identik dengan lagu rohani
--> Tidak semua lagu yang ada kata Christmas-nya itu lagu rohani. Contohnya itu seperti “All I Want For Christmas is You”, “Mistletoe”, “Jingle Bell Rock”, “Last Christmas” dan “White Christmas”. Asal kalian tahu yah, lagu-lagu yang sering dinyanyikan di gereja pas Natal itu malah jarang banget ada kata natal atau Christmas di dalam syairnya. Ambil contoh, ” Malam Kudus”, “Gita Sorga Bergema”, maupun “Hai Mari Berhimpun”

4. Christmas jadi Xmas
--> Ini yang aku bingung. Kok bisa yah penggalan ‘Christ’ jadi huruf X? Dimana korelasinya. -_- Menurut info yang kudengar, kata ‘Xmas’ itu merupakan salah satu upaya ‘mereka’ (orang-orang biadab) untuk menghapus unsur CHRIST (KRISTUS) dalam kata CHRISTMAS.

5. Di beberapa Negara Eropa dan Amerika, pesta natal itu identik dengan mabuk-mabukan dan pulang pagi
--> You know? Jesus is only and truly icon in Christmas. That’s why, there is CHRIST in CHRISTMAS. So, it’s PATHETIC if Christmas is known as free drunken day.

6. Kebiasaan sinterklas suka bagi-bagi hadiah
--> Nah ini yang aku bingung. Sinterklas kan orang tua. Pantas masuk panti jompo. Membagikan hadiah segitu banyaknya, uangnya darimana? Apalagi suka ada cerita yang mengatakan kalau sinterklas itu punya pabrik mainan. ZzzzZ.



7. Pohon cemara sebagai pohon natal
--> Dulu aku pernah baca di Majalah Bobo kenapa setiap menjelang natal, orang-orang majang pohon natal di rumahnya. Itu ada sejarahnya, tapi aku lupa. Swt dah. -_- Tapi biarlah, aku hanya mau bilang sebetulnya pohon natal itu hanya simbol saja dan tidak ada kaitannya dengan kelahiran Tuhan Yesus Kristus. :D

8. Tiga Orang Majus / Tiga Raja Dari Timur
--> Sebetulnya di Alkitab pun tidak disebutkan secara pasti berapakah jumlah orang majus yang mengunjungi Tuhan Yesus di awal-awal kelahirannya. Jumlah tiga itu sebetulnya hanya mitos



9. Kemeriahan natal mengalahkan Paskah
--> Ini yang aku heran. Padahal dasar kekristenan itu sebetulnya karena kematian dan kebangkitannya Tuhan Yesus, lho! Agama Kristen itu muncul karena Yesus mati di kayu salib dan bangkit. Tapi kenapa justru malah Natal yang lebih meriah daripada Paskah?

10. … --> Silakan sebutkan satu mitos yang keliru tentang Natal beserta sanggahan dari kalian! :)




The last word,


MERRY CHRISTMAS AND HAPPY NEW YEAR !!! 

Sumber gambar: Hadiah Natal dari oom google. :P