Wednesday, December 14, 2011

10 Hal yang menarik dari dunia pertelevisian Indonesia di era 90-an


1. Kuis
Dulu di era 90-an, waktu aku masih SD, aku sering sekali melihat banyak acara kuis di televisi, khususnya di RCTI. Acara-acara kuis itu adalah Piramida, Kontak, Kata Berkait, Famili 100, Komunikata, dan Who Wants to be a Millionaire. Yang terakhir itu, kuingat ada seorang kontestan yang berhasil mencapai tahap 1 miliar.


Dan kita sambut pembawa acara kita, SO-----NY TULUNG !!! :D


Awalnya dulu dibawakan oleh Tantowi Yahya (source)


2. Jam Nonton Anak-anak
Tak seperti sekarang, dulu anak-anak benar-benar dimanja oleh banyak stasiun TV. Di jam-jam dan hari-hari tertentu, sering dijumpai acara-acara yang diperuntukan untuk anak-anak di TV. Dulu saya ingat, saya sering di depan TV kalau sudah jam 15.00. Atau kalau hari minggu, saya betah di depan TV mulai dari jam 07.00 sampai 11.30.  Karena memang di jam-jam seperti itulah, saya  puas menonton acara-acara seperti Tom n Jerry, VR Troopers, Spiderman, Remi, Batman, X-Men, Ultraman,Looney Tunes, Tiny Toons, Doraemon, Sailormoon, Magic Knight, Dragon Ball, Power Rangers, hingga Jiban. Oh yah, dulu tiap hari minggu pagi, rata-rata stasiun TV memang menyiarkan acara-acara khusus anak-anak. Bisa dibilang, sulit menemukan acara-acara khusus dewasa dari jam 07.00 sampai 11.30.

Selamat pagi kawan-kawanku semua!!! (source)


3. Sinetron mini episode
Sinetron mini episode itu maksudku ialah sinetron yang sekali tayang langsung habis dan tidak bersambung. Kalaupun bersambung, itu jarang sekali terjadi. Dan sinetron-sinetron mini episode itu seperti Jin dan Jun, Tuyul dan Mbak Yul, Anak Ajaib, Indera Keenam, Lika Liku Laki-Laki, dan Kanan Kiri Oke.

4. Bollywood, telenovela, dan film-film mandarin
Era 90-an itu menurutku eranya film-film Bollywood, Telenovela, dan film-film Mandarin. . Kebanyakan film-film Bollywood itu diputar pagi hari (di atas jam 9) dan bintangnya yang sering kulihat itu adalah Shahrukh Khan. Kebanyakan telenovela itu diputar di sore hari  (antara jam 3 sore dan jam 4 sore) dan bintangnya yang terkenal itu Thalia Como. Terakhir, film-film Mandarin kebanyakan diputar di jam 8 malam atau sabtu jam 9 pagi, dan bintangnya yang kukenal itu seperti Andy Lau, Jimmy Lin, Jacky Chan, dan Bo Bo Ho. Oh yah kebanyakan film-film Mandarin waktu itu adalah film-film bertema horror dengan menampilkan sosok vampire.

Vampire yang selalu muncul di film-film Mandarin yang tayang di era 90-an (source)


5. Sitcom on the stage
Di era 90-an yang namanya acara sitcom on the stage seperti Extravaganza atau yang teranyar seperti Opera Van Java amat jarang. Lebih gampang menemukan acara sinetron (termasuk yang mini episode) daripada sitcom on the stage. Sitcom on the stage di waktu aku masih SD itu seperti Basho (Bagito Show), Ngelaba, Ketoprak Humor, Tertawa Sampai Teler dan Srimulat. Sehingga stok pelawak di Indonesia juga jarang. :P

Dulu sitcom kayak begini langka loh!!! Enggak banyak kayak sekarang (source)


6. Sinema Laga
Tidak sulit menemukan acara-acara sinema laga. Yang lokal ada, yang impor apalagi. Yang lokal itu salah satunya adalah Misteri Gunung Merapi yang banyak orang bilang diangkat dari sebuah drama yang saring dibawakan di sebuah stasiun radio. Sedangkan sinema laga yang impor itu kebanyakan dari China dan yang paling terkenal itu adalah The Legend of the Condor Heroes.

7. Adanya “MTV” khusus anak-anak
Karena dulu era 90-an banyak sekali diperdengarkan lagu anak-anak, maka tak heran kalau muncul acara MTV khusus anak-anak seperti Klap Klip yang dipandu Dhea Ananda, Klak-Klik yang dibawakan oleh David Simamora, Dunia Anak dengan salah satu pembawa acaranya adalah Geovanny, dan Cilukba yang dibawakan oleh penyanyi idolaku, Maissy Permatasari. :P

8. Dunia Dalam Berita
Dulu tiap jam 19.00 dan 21.00, setiap stasiun TV sepakat menayangkan acara news Dunia Dalam Berita.

News paling favorit di jamanku masih SD. :P (source)


9. No Infotainment
Dulu seingatku, memang tidak ada infotainment. Seingatku juga, infotainment baru muncul di akhir 90-an. Berita-berita mengenai artis biasanya diberitakan di acara-acara news seperti Buletin Siang, Liputan 6, Seputar Indonesia, ataupun Apa Kabar Indonesia. Atau kalau untuk ukuran media cetak, infotainment sering dijumpai di tabloid-tabloid wanita dan tabloid wanita yang paling terkenal itu ialah Tabloid NOVA.


10. Sinetron
Sinetron itu dulu sudah ada di era 90-an dan yang paling sering menayangkan sinetron itu RCTI. Bahkan saking seringnya, pernah aku melihat acara sinetron di jam 13.00. Jangan mikir yang aneh-aneh yah. Walau sempat nonton, tapi aku enggak ngerti ceritanya. Hehehe. Oh yah, dari antara sekian banyak sinetron yang ada, sinetron yang paling terkenal itu adalah TERSANJUNG. Semua pasti ingat kalau sinetron itu mungkin satu-satunya sinetron di Indonesia yang memiliki  banyak sekuel. TERSANJUNG I, TERSANJUNG II, hingga TERSANJUNG VII. Dari sinetron itu, ada satu pemain yang kuingat. Namanya Megawati. Dia artis cilik dan aktingnya itu selalu mewek mulu dan gara-gara itu, aku sempat mikir kayak gini, “Enak yah. Cuman nangis aja dibayar. Gue mau dong.” :D

Dulu sinetron gaje kayak gini malah enggak ada. :P (source)