REVIEW: The Adventure of Tin-Tin

Genre: Animasi 3D - Adventure
Sutradara: Steven Spielberg
Pengisi Suara: Thomas Sangster, Andy Serkis, Simon Pegg, Nick Frost, Daniel Craig, etc




Kemarin aku bareng Dias, Erland, dan Dion nonton film ini di Plaza Semanggi. Awalnya juga enggak ada niatan untuk nonton. Di luar rencana. Palagi yang awalnya ngajakin itu Dion.Makanya sempat ketinggalan nonton bagian awal filmnya. Bayangkan, kawan, aku nonton filmnya ini 15 menot setelah filmnya sudah diputar terlebih dahulu. Kebayang kan ada beberapa adegan yang terlewati?! Hehehe.

Oh yah, film yang diangkat dari komik terkenal Tin-Tin itu menceritakan petualangan seorang detektif swasta bernama Tin-Tin dan anjing kecil setianya, Snowie dalam menemukan harta karun leluhurnya Kapten Haddock. Dalam menemukan harta karunnya itu, Tin-Tin mengalami hambatan dari Sakharine yang rupanya merupakan keturunan dari Red Rackham, seorang bajak laut yang merupakan musuhnya Sir Francis Haddock.

Awal kutonton itu, Tin-Tin ditangkap oleh awak-awaknya Sakharine karena menyimpan peta berharga yang memberitahukan posisi hartanya Sir Francis Haddock itu. Tapi rupanya, sebelum ditangkap, dompetnya Tin-Tin dicopet sama seorang klepto. Awaknya itu enggak tau, makanya Tin-Tin ditangkap dan dibawa ke kapalnya Haddock yang tengah dibajak Sakharine.

Untungnya Tin-Tin punya anjing setia nan kreatif bernama Snowie. Berkat bantuan Snowie-lah, Tin-Tin berhasil lepas dari sekapannya Sakharine, cs. Gila tuh anjing cerdas banget! Mulai dari Tin-Tin ditangkap, anjingnya tuh selalu ngikutin terus ke arah mana penculiknya itu membawa Tin-Tin. Jadi pengen deh punya anjing kayak gitu. Hehehe.

Akhirnya setelah diselamatkan Snowie, Tin-Tin berusaha kabur dari kapal tersebut. Dan ketika itulah, ia bertemu dengan kapten kapal sesungguhnya yang tengah disekap juga, Kapten Haddock. Jadilah, bersama-sama Haddock, Tin-Tin berusaha kabur dan segera menemukan harta karunnya Sir Francis Haddock.

Mereka pun berhasil kabur dari kapal tersebut dengan menggunakan sekoci. Awalnya yang mendayung itu Tin-Tin, tapi digantikan oleh Haddock yang terlecut semangatnya oleh Tin-Tin. Tapi apesnya, mereka malah ketemu bencana gara-gara kebiasaannya Haddock yang suka minum rum. Sekocinya karam. Untungnya ada pesawat yang lewat.

Pesawar itu tadinya menyerang mereka berduga. Kuduga pesawat itu mungkin pasukan pengamanan perbatasannya Maroko. Tapi nanti, pesawat itulah yang akan mengantarkan mereka bertiga ke Maroko dan juga Karaboudjan, tempat disembunyikannya sebagian peta oleh Sir Francis Haddock.

Tapi sebelum mereka tiba di Karaboudjan, mereka bertiga harus melewati padang pasir yang ganas. Walau begitu, berkat padang pasirlah, ingatan Haddock pulih. Mungkin karna pengaruh halusinasi atau apalah, Haddock bisa kembali mengingat cerita pamannya tentang Sir Francis Haddock.

Maka dari itulah, petualangan mereka berlanjut di kota Bagghar. Di kota inilah,mereka menemukan sebagian petanya yang disembunyikan di sebuah lukisan kaca. Awalnya, Sakharine lah yang mengetahuinya. Apalagi memang Sakharine, cs sudah tiba terlebih dahulu di Bagghar. Pada waktu yang sama pula, seorang diva bernama Bianca Castafiore si  "Milanese nightingale" datang ke Bagghar untuk konser. Nah nanti di sini ada adegan yang cukup lucu, yaitu saat si  "Milanese nightingale" bernyanyi. Suaranya dia berhasil memecahkan semua kaca di sana, termasuk lukisan kaca. Lebay? Sangat. Hehehe.

Kemudian dilanjutkan dengan perebutan sengit peta itu antara Sakharine dengan Tin-Tin. Petanya itu nanti malah direbut oleh burung peliharaannya Sakharine. Tin-Tin pun segera mengejar burung tersebut yang membawa peta tersebut. Nantinya burung itu ditangkap juga oleh Tin-Tin. Tapi Haddock dan Snowie malah ditangkap oleh Sakharine.

Tin-Tin pun mengalami dilema. Untungnya di saat seperti inilah, dua detektif kenamaan, Thompson dan Thomson datang sambil membawa dompetnya Tin-Tin yang nantinya akan membawa ke  Marlinspike Hall. Di sinilah nanti juga ada pertarungan sengit yang nanti berakhir dengan ditangkapnya Sakharine. Bagian inilah yang kubingung, Sakharine itu ditangkap karena apa? Aduh, ini nih resiko nonton di tengah-tengah cerita. =,=

Oh yah,harta karun itu sebetulnya ada di rumahnya Kapten Haddock sendiri,  Marlinspike Hall. Tepatnya itu di salah satu lorong di gudangnya. Mereka tahunya itu setelah menggabungkan tiga peta yang berhasil mereka kumpulkan. Tapi sayangnya, hanya sebagian hartanya saja yang ditemukan. Karena waktu itu, kapal Unicorn-nya Sir Francis Haddock diserang bajak laut Red Rackham. Gara-gara bajak laut itulah, kapalnya meledak dan semua harta yang disembunyikan di kabin kapal berhamburan terbang keluar dan hanya sebagian yang berhasil diselamatkan Sir Francis dengan topinya.

Harta karun sisanya itu rupanya disembunyikan di dalam globe yang ada di gudang tersebut. Tapi rupanya pencarian mereka tidak sampai di situ. Nantinya, di gudang itu juga, Tin-tin dan Hadock berhasil menemukan peta lainnya yang berisi koordinat dimana kapal itu tenggelam bersama harta karunnya. Sayangnya, petualangan untuk mencari kapal Unicorn itu tidak diceritakan di film tersebut. Kuduga nanti bakal ada sekuelnya dan di sekuel itulah nanti diceritakan.

Oh yah, film ini cukup bagus. Yah cukuplah mungkin untuk memuaskan para pecinta Tin-Tin.Yah walaupun ceritanya itu benar-benar sederhana dan tak sekompleks komiknya. Apalagi pada saat Sakharinenya ditangkap Thompson dan Thomson.Benar kata temanku, Dion. Musuhnya itu terlalu mudah ditangkap.

Yah tapi sih filmnya cukup bagus juga sih, menurutku. Ada tegangnya, ada pula lucunya juga.Jadi mungkin saya akan memberikan nilai 8 dari 10. :)

Comments

  1. Hee? Tintin ada 3D nya?
    Baru tau =A=
    ini kartun kedemenan gua jaman dulu, game PS One nya juga seru.

    akhirnya postingan elu ngefeed lagi ke dashboard gua
    *relieved*

    ReplyDelete
  2. wah belum pernah nonton. jadi tergoda nih

    ReplyDelete
  3. hahaha, daridulu saya tidak pernah terlalu suka dengan Tin Tin.. :D

    ReplyDelete
  4. Tin tin pun ada film animasinya ya,,sepertinya semua komik 2 lama akan ada film animasi 3Dnya nih mendatang2,,smoga

    ReplyDelete
  5. sebelum telat ngucapin.
    Met Berjuang buat Sidangnya!!

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah saya sudah nonton. Film ini keren banget ya animasinya, halus gitu seperti hidup #norakmode

    Yang saya lihat sosok Tintin ini terlalu sempurna dan bisa segalanya ya. Jadi agak gimanaaa gitu hehehe

    Nice review bro :)

    ReplyDelete
  7. Kapten Haddock misuh2nya gimana tuch?

    Sejuta topan badai = one milion storm.

    ???

    ReplyDelete
  8. saya baru pengin nonton bro, kayaknya bagus...

    ReplyDelete
  9. 8/10. hmm, bagus juga lah yah dapet segitu. kayanya aku bakal coba nonton, deh. thanks review'nya ya :)

    ReplyDelete
  10. thanks udah review film ini. pertama kali tau ada film Tintin 3D di channel spacetoon dan langsung penasaran pengen nonton. >.<
    Tin Tin itu salah satu kartun kesukaanku waktu kecil. :D

    ReplyDelete
  11. saya suka mas... gambarnya mantep 3D emmm... mungkin 4D kali ya. hhe

    ReplyDelete
  12. sama kayak chilfia, aku juga pertama kali tau kartun Tintin di spacetoon .
    ahahaa, thanks kak nuel udah di review nih film :D

    ReplyDelete
  13. sudah ditonton. tin tin memang selalu luar biasa. gak kalah dg film detektif conan

    ReplyDelete
  14. Ajiiiib Bang Nuel, ini pilem udah masuk inceran nonton bareng ama sepupu saya.. :)

    ReplyDelete
  15. hee ada filmnya :O waduh baru tahu dari post ini nih :D kayaknya seru nih :D

    ReplyDelete
  16. kug sepertinya bagus
    cari donlotannya ah di IDWS :D

    ReplyDelete
  17. jadi kepingin nonton, kayaknya seru. cari kasetnya ah~

    ReplyDelete
  18. Gue juga pngen nonton nih film. Setelah baca reviewnya disini jd tambah kebelet pngen nonton.. :D

    ReplyDelete
  19. belum pernah nonton film kartun di bioskop >,<

    dan ciri khas yang lebay emang wajar menurutku, namanya juga kartun. semua berlebihan. dan menurutku itu juga yang jadi nilai plus nya :)

    ReplyDelete
  20. Perasaan dari Dashboard, aku liatnya postingan baru judulnya "Formspring Me" dah??? kemana tuh postingan???

    tapi klo untuk Tin.. tin.. siapa sih yg kga kenal sama kartun satu ini haha... sayang di 3Dnya gak terlalu mirip si Tin tin apa faktor tin tin yg udah gede juga kali ya? kan nih kartun udah lama banget :)

    ReplyDelete
  21. @ ferdinand: emang yang itu sengaja gw apus. hehehe

    @ armae + tiara +rusydi+ mas affip: yup,.. ^^

    @ feby + takuya + john + sky: silakan..... ^^

    @ asop: makanya abis ni ditonton... :D

    @ adittya: ga tau deh....

    @ aulia + chilfy + mba indi: sama2,.. :)

    @ outbon: salam kenal juga... :)

    @ iman + arr rian: makasi.. :)

    @ 21: maksudnya? :(

    @ al kahfi: semoga ... ^^

    @ dhenok: kenapa?

    @ fanny: makanya ditonton.. hehehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~