Sunday, June 5, 2011

Etika ngeblog menurut gw



Baru-baru ini gw baca di salah satu blog dari seorang blogger asal Medan tentang sebuah acara khusus blogger. Namanya Roadshow Idblogilicious 2011.  Bisa diklik linknya gaaan. Hehehe... Dari tulisannya dia, gw tertarik sama bahasannya mengenai mas Donny BU yang berbagi tentang Etika Ngeblog.

Mmmmphh, etikaaaa ngeblooooog yaaaah????  Emaaaang etika ngeblog itu apa sih? Kenapa gw baru tau yaaaah? Apakah sebegitu urgenkah sehingga perlu dibuat untuk kaum blogger? Kalo menurut gw sih yah, etika ngeblog itu ada di diri masing-masing blogger dan ga bisa disamaratakan gitu aja. Soalnya itu balik lagi ke persepsi masing-masing orang.

Misalnya niih. Menurut si Tula, hal itu ga etis dilakuin, tapi menurut Terro sah-saha aja. Yah emang sih ada beberapa hal umum yang semuanya sepakat ga etis. Tapi itu kan hanya segelintir dan ga bisa dipaksain ke semua orang. Semuanya terserah ke orang tersebut.

Lalu pasti banyak yang bertanya kan kalo menurut lo etika ngeblog itu apa? Etika ngeblog itu ada di beberapa poin berikut ini. Check it out!

  1. Bagi gw, pamali hukumnya ngomongin keluarga sendiri di blog. Kalopun ngomongin, hanya sesekali kecil porsinya dan itu tidak sedang menjelek-jelekkan.
  2. Tidak membicarakan aib kita yang menurut kita belum layak untuk dibagikan secara gratis tanpa jaminan ke (mungkin) seluruh dunia. Ada batasannya kita menulis tentang diri kita sendiri.
  3. Tidak membicarakan seseorang, kelompok, suku, agama, ras, dll secara langsung. Kalau secara tidak langsung, itu kembali ke persepsi masing-masing orang. Tula bisa bilang kita lagi ngomongin orang, tapi Terro bilang bukan. Mengerti, kan maksudnya gw?
  4. Tidak mengkritisi hal-hal fundamentalis dari blog seseorang seperti masalah font, style bahasa, dan warnanya (catatan: komentarnya Mbak Elsa). Kalau mau mengkritisi, ada baiknya di blog sendiri. Bukan di blog orang yang bersangkutan. Itupun diharapkan dirahasiakan identitasnya. Ataupun bisa juga dilink ke yang bersangkutan dengan memberitahukannya terlebih dahulu. Seperti yang dilakukan oleh Mas Samandayu. Kan jatuhnya kita sedang mereview blog tersebut, khususnya di mata blogger-blogger dan para netter. Berbeda kan kalau kita blak-blakan bilang ke yang bersangkutan di blognya langsung.Yang punya blog juga ga bisa marah juga. Soalnya itu tidak dilakukan di blognya dan bisa dijadikan buatnya sebagai alat promosi.
  5. Bisa mempertanggungjawabkan tulisan kita. Terutama ketika kita sedang membicarakan orang lain. Yah i know, bagian ini yang tersulit. Gw kadang suka malu sendiri kalau temen gw di kampus lagi ngomongin soal blog gw di depan gw. Hehehhe...
  6. Kalau kita berkunjung ke blog orang lain, usahainlah ninggalin komen. Komen yang remeh temeh aja. Kan ibarat kita sedang bertamu ke rumah orang, ga etis bukan kalo kita masuk ke rumah orang trus keluar lagi tanpa pamit? Yah minimal di-followlah (kalo blognya blogspot), ato nulis di chatboxnya kalo kita abis baca postnya. Jadi si empunya blog tau kalo tulisannya bener-bener dibaca. Ato simpelnya  tulis aja 'salam kenal', 'nice info', nice post', kalo emang baru pertama kali ke blog tersebut.
  7. Kalo sedang membicarakan seseorang ato sesuatu, usahain disensor kalo kita sedang mengkritisinya. Bisa bikin nama alias untuk menutupi nama aslinya atau diinisialkan. Yah itu semua untuk menjaga kita dari kemungkinan yang bukan-bukan.
  8. Usahakan kalo tulisan atau mungkin gambar di salah satu post di blog kita itu hasil copas, cantumkan sumbernya. Akan lebih baik lagi kalo si empunya karya diberitahukan.
  9. Patuh hukum, khususnya hukum tertulis yang berlaku.
  10. Kalau blog kita dikunjungi oleh blogger lain dan blogger tersebut meninggalkan komentar dan mem-follow, usahakan kita juga balas kunjungi blog mereka.

Yah mungkin hanya segitu dulu, etika ngeblog menurut gw. Silakan kalo mau ditambahin. Feel free! Hehehe...

Dan gw bermaksud mengundang beberapa blogger untuk bikin post sejenis di blognya. Blogger-blogger yang beruntung adalah:
1. Svkro
2. TK
3. Huda Tula
4. Meutia
5. Gaphe
6. Nova
7. John Terro
8. Kimi
9. Aina
10. Bu Reni
11. Mas Affip
12. Yus Yulianto
13. Keven Keppi
14. Shudai
15. Raja reBorn

Yah silakan dikerjakan tag-nya. Hehehehe,... Gw hanya minta tolong jelasin etika ngeblog menurut kalian semua. Jangan-jangan ada kemiripannya juga dengan etika ngeblognya gw. Hahahaha....