Sunday, April 10, 2011

REVIEW: Skripsi Krispi: Renyahnya Kisah Mahasiswa Nyaris Lulus

 





Katregori : Buku
Genre : Non-Fiksi
Penulis : Miyosi Ariefinsyah, Ifa Avianty, dkk

Buku ini merupakan suatu buku antologi yang terdiri dari 20 cerita dari 20 penulis yang menceritakan saat-saat mereka dalam bertempur dengan stuff luar biasa menyebalkan bernama SKRIPSI.

Dua puluh orang penulis dari era jadul hingga era sekarang (maksudnya yang baru-baru ini lulus atau istilah bekennya masih fresh graduate) berusaha berbagi pengalaman mereka saat berhadapan dengan monster bernama SKRIPSI. Mereka berbagi tips bagaimana cara berhadapan dosen pembimbing yang kebanyakan uncare, pencarian data, hingga banyak sekali rintangan-rintangan dalam pembuatan skripsi.

Rintangan-rintangan dalam pembuatan skripsi itu selalu sama dari jaman ke jaman. Juga selalu menjadi the best moment which always be remembered selama seorang mahasiswa kuliah.

Dari kedua puluh cerita, saya paling menyukai cerita dari seorang Irvan Aqila yang berjudul Judul, Koma, dan Sahabat. Bahasanya dia lain dari semua penulis. Bahasa anak muda banget. Mungkin karena yang bersangkutan belum lama lulus kali yah? Hehehhe…. :p

Ia bercerita saat ia bermasalah sama teman terbaik hanya karena judul proposal skripsinya yang sama dengan punya temannya sampai harus psy war. Bahkan ia pernah menjahili temannya tersebut. Pada akhirnya, sekretaris Kajurnya mengijinkan kesamaan judul selama isinya berbeda. Hingga buku ini diterbitkan, mereka masih psy war. Sampai akhirnya mas Irvan bikin sedikit kata-kata penghiburan dan kata-kata permohonan maaf buat temannya tersebut.

Gila Yah?! Selama saya baca buku, baru kali ini saya menemukan buku dimana penulisnya menuliskan semacam permohonan maaf gitu ke seseorang. Ckckckck….. Tapi salut juga sama keberaniannya yang berani meminta maaf yang menurut saya caranya agak ekstrim.

Intinya buku ini sangat memberikan pencerahan sekali kepada kalian para mahasiswa yang akan dan sedang skripsi. Saya jamin pandangan kalian terhadap skripsweat, skripshit, skipsi, dan sejumlah plesetan lainnya menjadi berubah drastis. Hehehehehe…..
:D    LoL

Buku ini benar-benar saya rekomendasikan buat kalian para mahasiswa yang akan dan sedang skripsi.