Monday, April 11, 2011

REVIEW : Seni Berbicara kepada siapa saja, kapan saja, dimana saja



Kategori : Buku
Genre : Non Fiction
Penulis : Larry King (nama aslinya Larry Zeiger) dan Bill Gilbert

Berbicara…..

Pasti semua orang bisa berbicara. Ya iyalah, selama punya mulut dan lidah, semua orang pasti bisa berbicara. Tapi tahukah kalian kalau berbicara bisa menjadi sebuah seni?

Berbicara sebagai seni di sini saya maksudkan sebagai sebuah seni yang biasanya dipraktekan para master of ceremony, host, presenter, dan semua pembicara-pembicara lainnya. Mereka semuanya berbicara tidak asal  jeplak begitu saja. Tapi semuanya (seolah) sudah diatur sehingga terlihat bagus di telinga pendengarnya.

Oleh karena itulah, master pubic speaking di Amerika Serikat, Larry King mengeluarkan buku tentang Seni Berbicara ini yang diterbitkan oleh Crown Publisher, Inc dan di Indonesia diterbitkan lewat PT Gramedia Pustaka Utama.

Lewat buku ini, Larry King dengan dibantu temannya Bill Gilbert membeberkan rahasia untuk menuju public speaking yang sukses. Ia menjelaskan bagaimana caranya mengatasi blooper (keseleo lidah a.k. a. menjilat ludah sendiri), berbicara bisnis, teknik berpidato, teknik berbicara di radio dan televisi, hingga bagaimanakah caranya memecah kebekuan dalam berbicara.

Selain itu isi buku ini, saya bisa simpulkan, sebetulnya lebih mengarah ke autobiografi. Karena dalam memberikan tips kepada pembaca tentang apa  itu Seni Berbicara, ia lebih banyak men-share-kan pengalamannya selama menjadi pembicara di dunia talkshow Amerika.

Pengalamannya luar biasa dalam berbicara di talkshow. Ia pernah berbincang dengan Al Gore, Mario Cuomo, Bob Hope, Harry Truman, Richard Nixon, William Rusher, hingga Robert Mitchum yang dikenalnya sebagai Narasumber Terburuk. Luar Biasa!!!

Buku ini amat sangat saya rekomendasikan buat kalian yang merasa pendiam, pemalu, dan memiliki rasa percaya diri yang kurang ketika harus melakukan pembicaraan sosial.

The Best Quote:
What You Saw is What You Get

Oh yah satu hal lagi. Ada dua kunci agar menuju ke public speaking yang sukses, yaitu jujur dan kemauan. Biarlah para pendengar dan penonton merasakan pengalaman dan perasaan anda. Selain itu juga memiliki suatu kemauan untuk terus berbicara dan terus meningkatkan kemampuan public speaking tersebut.