Wednesday, April 13, 2011

REVIEW : Lincoln Lawyer





Kategori : Film
Genre : Drama-misteri
Sutradara : Brad Furman
Pemain : Matthew McConaughey, Marisa Tomei, Ryan Phillipe,...

Film ini menceritakan kisah hidupnya seorang pengacara bernama Michael Haller. Pengacara unik yang tinggal di daerah Lincoln dengan plat mobil NT GUILTY ini harus menerima kenyataan kalau ia mendapatkan kasus yang bakalan mengancam keluarganya.

Ia mendapatkan seorang klien bernama Louis Roulette, seorang eksmud yang terkena kasus melakukan penganiayaan terhadap seorang pelacur seksi bernama Reggie Campo (sumpah cuuy yang meraninnya bohaiiii abiis. Hehehe.. :p). Namun sayangnya hubungan antara dia dengan sang klien tidak dilandasi dengan kejujuran. Sang klien berbohong menyembunyikan suatu fakta, mulai dari pisau yang ia simpan sebagai alat bela diri sampai kenyataan kalau ternyata si klien ternyata bermasalah.

Si Louis ternyata terlibat pada kasus yang dulu pernah ditangani Haller. Kasus itu ialah kasus dimana seorang tukang kebun bernama Jesus Martinez dituduh bersalah atas pembunuhan yang tak pernah ia lakukan terhadap pelacur juga yang bernama Donna (nama belakangnya lupa. sori. hehehe....).

Hingga karna klien yang super brengsek ini, Haller harus mengalami peristiwa pahit. Teman terbaiknya yang seorang penyelidik, Frank Levin dibunuh oleh ibu kliennya dengan menggunakan pistol yang dicuri oleh kliennya.

Si klien memang dibebaskan dari tuduhan melakukan penyerangan terhadap si Reggie, namun tak bisa mengelak dari kasus lainnnya dimana ialah pelaku sebenarnya dari kasus yang menimpa si Jesus. Haller terpaksa membocorkan rahasia kliennya (si Jesus, maksudnya), karna memang si Louis bener-bener ngeselin. :(

Pada akhirnya juga si Louis sebelum masuk sel, ia juga digebukin oleh para preman yang merupakan teman-temannya Jesus.

Film ini luar biasa bagus dan gw bener-bener rekomendasikan buat kalian para calon SH. Film ini menggambarkan secara cukup detail bagaimana dunia hukum di Amerika. Salut juga sama orang-orang Amrik. Salut sama pengetahuan mereka terhadap hukum. Di sana hampir semuanya melek hukum, bahkan seorang pelacur pun tau hukum. Karna itulah ga salah kalo pekerjaan yang berbau hukum bener-bener dapet tempat istimewa di amrik sono. Hal ini bisa diliat dari mobilnya Haler, dia bisa sewa sopir, sering ke bar, yah padahal waktu gw nonton filmnya, dia tuh bukan high-level lawyer.

Satu pelajaran lagi (buat para calon SH), ga selamanya yang namanya tersangka itu bener-bener salah dan ga selamanya juga kita dapat mempercayai klien kita nantinya apabila mereka bilang, "SAYA GAK BERSALAH" Antara jujur dan bohong itu bedanya tipis sekali, sehingga pekerjaan-pekerjaan hukum butuh ketelitian sangat.

Oh yah si sutradara juga ga lebaaaay dalam mengupas masalah hukum di Amerika.Alurnya juga lumayan logis. Bagi kalian yang pengen tau sistem hukum di Amerika, gw sangat rekomendasikan film ini.