Tips buat yang mau eksis di dunia perblogan














Oke ane mau kasih tips buat kalian yang mau eksis di dunia perblogan. Btw siapa sih yang berani kasih tips padahal blognya aja umurnya baru 1 tahun? Tapi what ever, ini tipsnya:

1. Pertama, ingat untuk mempunyai sebuah blog itu engga perlu pergi ke luar negri atau melancong ke beberapa daerah, cukup di tinggal di sekitar kalian dan amati sekitar. Bahan postingan selalu ada di semua tempat. Contohnya bisa di liat di bang Gaphe, Sukra, Huda, Nova, bang Chimenk, dan banyak blogger-blogger lainnya. Terkadang kita-kita (para blogger senior maksudnya) pengen tau juga kehidupan kalian yang mungkin lebih aneh dari kita-kita.
2. Perhatikan lay-out dan template kalian. Jangan sampai bikin tulisannya buram dan tak terbaca para pembacanya (blogger dan netter). Itu bikin pembacanya ilfeel dan pernah saya mengalaminya. Tulisan saya pertama kali dikritik karna tak bisa dibaca. Kalau perlu tulisannya juga gede-gede dengan font yang menarik seperti blognya mba Anne si ibu rumah tangga ga ada kerjaan.
3. Buatlah judul yang bisa menarik orang untuk membacanya seperti "Kuntilanak dan Pocong Kawin". Nah mantap kan judulnya? *Ok, ini ngaco. Tapi ada benernya juga. Rata-rata kan judul di koran-koran itu kan biasanya unik-unik.
4. Rajin blogwalking atau liat-liat blog orang. Jangan lupa tinggalkan jejak seperti kasih komen di kotak komentarnya ataupun di Chat Box-nya.
5. Buatlah postingan dengan keyword yang mudah kelacak di mbah Google seperti SMP, artis gay, tom and jerry, perawan, mesum, gairah, dll, dst *mulai ngaco gw. Di jamin blog kalian bakal dikunjungi ratusan orang-orang yang nafsu birahinya tinggi. Hehehe... Atau juga bisa juga keyword-keyword lainnya yang juga sering diketik orang di Google. Biasanya sih yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan ilmiah.
6. Rajin update blog. Minimal setiap minggu ada aja yang baru di blog kalian. Itu membuat para follower kalian makin tertarik untuk selalu liat isi blog kalian.
7. Di sini, di blog, kemampuan kalian dalam mengolah kata diuji. Bisa tidak kalian mengolah kata-kata menjadi sebuah cerita yang menarik dibaca. Tapi dari pengalaman saya setelah blogwalking, tulisan yang penuh humor dan bahasa nyentriklah yang disukai pembaca. Contohnya, lagi-lagi Sukra. Asahlah kemampuan kalian dalam ngelucu. Rata-rata orang seneng sama yang lucu-lucu. Dijamin bakalan banyak yang komen ke blog kalian.
8. Hindari postingan yang hanya copy-paste. Kalau mau copy-paste, usahakan masukkan juga opini kalian. Tanggapi stuff tersebut.
9. Bagi yang pedenya tinggi, share link blog kalian di Facebook, Twitter, MySpace, Plurk, Email, SMS juga boleh kalau berani. Kalau berani, tulis di status facebok kalian:
"Ada gambar nenek-nenek bugil di....... (nama blog kalian).

Pasti diliat sama temen-temen kalian (yah kalo dia demennya sama oma-oma! hehehe)
10. Kalau kalian jago IT-nya, pasang juga musik, widget yang keren-keren, themes di blog kalian. Atau juga masukkan juga foto-foto atau gambar-gambar di blog kalian. Sama seperti koran, pasti hambar kan kalo isinya hanya tulisan doang?!

Masih kurang, tips-tipsnya lain buka aja di tips go-blog ala Micchelle Vanessha

Yah sekian dari saya blogger yang sok senior mencoba membagikan tips-tips agar dikunjungi blognya. Silakan kalau postingan ini mau di-copas asal disebutin link-nya. Tau kan cara nge-link itu di blog?! Jangan bilang ga tau caranya nge-link kalo kalian ngaku blogger sejati.

Oh yah dibuka juga tips-tips lainnya dari para blogger senior lainnya. Ayolah ilmunya dibagi dikit sama para juniornya. Hehehhe....

Salam Damai,

Immanuel Lubis






Comments

  1. Aku udah rajin kok update blog... sebuah modal utk eksis ya? :p

    ReplyDelete
  2. Nah, aku salah satu contoh orang yg hampir tak pernah meng-share postingan blog di FB

    ReplyDelete
  3. poin 1 s.d 9 saia setujuh dgn kk senior :D
    klo poin 10 hrs diperhatikan jg klo mau pasang widget macem2 jangan sampe bikin load blognya berat, nanti pengunjungnya keburu kabur krn lama nungguin blognya nongol dgn sempurna :D

    eniwei nice share kk senior :p

    ReplyDelete
  4. Kalau judulnya serem2 gitu, Shasa gak jadi mampir deh...

    ReplyDelete
  5. @ bu reni:
    ada juga tokh yang sama seperti saya.... saya juga sama bu. jarang naruh link di FB. Masih belon berani. hehehe


    @ dv:
    yoai.. kadang suka kesel juga sama blog yang kayak gitu. Bikin lemot aja. Hehehe

    ReplyDelete
  6. wah utk nulis label yg aneh2, apalagi Ada gambar nenek-nenek bugil di... huaa :-O

    ReplyDelete
  7. @ sasha:
    makanya jangan bikin judul yang serem-serem, sasha... hehehe

    @ mba meutia:
    namanya juga ide.. hehehe.... khayalan tingkat tinggi ni. hehehe

    ReplyDelete
  8. Yap persaingan di dunia blog emang berat, bagai pinang di belah dua (apa hubungannya?)

    ReplyDelete
  9. ayey..!! baiklah kaka senior.. saya akan coba... :p

    klo ternyata gak eksis, gimana kaka?? hahahaha

    ReplyDelete
  10. tapi sekali-kali pergi keluar negeri bisa juga buat bahan postingan loh!. hahahahah #dikemplang

    aah, kalo saya mah mau eksis yaa terus nulis.

    ReplyDelete
  11. setuju deh setuju! apalagi ada namaku di poin pertama. cihuuiii....

    btw, kalau aku mikir2 juga si nek bikin keyword bombastis kaya di poin ke lima. menyangkut kredibilitas blog juga si.

    ah, pokoknya nulis aja deh, dan rajin BW.

    ReplyDelete
  12. wah harus mulai coba nih. tx sarannya ya kak :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~