Monday, January 24, 2011

Sesama blogger sepertinya memiliki ikatan batin

Sabtu lalu saya pernah nge-tweet di akun twitter saya : “Sepertinya sesama blogger memiliki ikatan batin” dan langsung direspon oleh blogger yang merupakan follower saya, TK. Saya pun memenuhi janji saya untuk menjelaskan alasan saya berkata seperti itu dan inilah beberapa alasan saya:
1. Saya merasa cukup akrab dengan beberapa blogger seperti TK, Sukra, Bang Gaphe, Bang Chimenk, Bang Raja, Nova, Ferdinand, Huda, Vinny ataupun Mbak Meutia. Di sini, khususnya di dunia per-blog-an, saya berkomentar, baik di blog saya maupun blog mereka terlihat nyaman dan begitu akrab. Sepertinya saya sudah pernah bertemu sebelumnya. Contohnya saya dengan Sukra, Nyan-Nyan, dan Vinny di twitter sering bertweet bareng serasa seperti seseorang yang sudah kenal saja. Ckckck…..
2. Terus Bang Chimenk, Bang Raja, Huda dan Bang Gaphe juga tak sungkan merespon status saya di Facebook, bahkan Bang Gaphe pernah mengirim invitation kopdar lewat message FB bahkan memberikan nomor handphonenya langsung. Ckckck..... Sungguh ikatan batin yang luar biasa. Dia bisa mempercayai saya sehingga berani memberikan nomor handphonenya ke orang asing. Bisa saja kan saya mengisengi nomor tersebut. Ckckck..... Tapi ndak lah,. Saya lebih memilih membalas kepercayaanya itu tersebut.
3. Kalau kita sedang blogwalking terus meninggalkan jejak berupa komentar di salah satu blog, pastinya walau kita tak usah bilah ‘visit back’ sekalipun, blog kita akan dikunjungi langsung oleh blogger yang bersangkutan. Bahkan plus, blogger-blogger lainnya yang kadang saya merasa aneh. Yah karena saya tak merasa berkunjung ke sana. Sepertinya memang ada ikatan batin di antara blogger yang membuat mereka harus berkunjung balik atau pun mengunjungi kita bagi blogger yang bukan bersangkutan.
4. Si Sukra pernah curhat atau curcol di twitternya. Intinya dia bilang kalau dia capek membalas sekitar 40 komentar yang masuk ke blognya, tapi sekaligus senang. Padahal sih, bisa saja si Sukra tak perlu membalas semua kunjungannya, tapi ia malah melakoninya dengan suka hati. Ini bukti lainnya kalau di antara blogger ada ikatan batin. Saya juga ada kesenangan luar biasa dalam melakukan ritual blogwalking. Apalagi pada saat membaca dan membalas komentar-komentar yang masuk ke blog saya. Hehehe..... And how about you? Bang Gaphe pun saya lihat hampir membalas setiap komentar yang masuk walau komentarnya sering hampir 20-an. Ckckck….
5. Ritual bagi-bagi award. Salah besar anda yang menganggap remeh. Karena di sinilah bukti terkuatnya kalau sesama blogger memang punya ikatan batin. Kadang dalam memilih para ’korban’nya, kita kan suka subjektif. Kita memilih salah satu orang yang blognya kita sukai, padahal sih orangnya tidak kita kenal langsung di dunia nyata. Memang sih pemberian award itu ada keuntungannya, yaitu backlink gratis. Tapi di saat ’korban’ kita menaruh award kita di blog kita, ada kesenangan luar biasa. Contohnya waktu saya pajang award dari Nova, dan Bang Raja tempo silam, mereka langsung cek TKP dan langsung komentar. Ritual seperti ini saya rasa malah ada gunanya, yaitu untuk mempererat persahabatan walau hanya di dunia maya. Malahan ada kebanggaan juga waktu award yang saya bikin ada di suatu blog yang saya tidak pernah merasa memberikan award ke blog tersebut (blognya Bu Reni)
6. Oh yah, kemarin sabtu, saya melihat postingan saya ditindak lanjuti oleh blogger asal Lombok, Huda. Saya sangat bersyukur walau ada juga kritikannya. Ini salah satu bukti juga kalau sesama blogger itu memiliki ikatan batin. Padahal buat apa sih dia merespon postingan saya dengan postingan yang dia buat? Hehehe....
7. Menurut ceritanya Adi Chimenk, ia hanya ketemu dengan Gaphe di dunia maya, di blog. Tapi pertemuan di dunia maya bisa begitu akrab sekali. Bahkan sampai mendirikan Jomblo Nista dengan pendirinya dia.

Ok, mungkin kalian boleh bilang alasan-alasan di atas ini bercanda, tapi saya serius dalam berkomentar dalam menjelaskan statement tersebut. Saya sangat bersyukur kalau di antara kalian ada juga yang berpendapat sama. Karena statement ini saya dapatkan juga dari pengalaman pribadi saya di dunia per-blog-an. Saya juga tak memaksa kalian untuk mempercayainya. Tapi alangkah baiknya kalau dipikirkan baik-baik. Amiiiiieeeeeeeeennnnnnnnn............!!!!!!!!!!!!!!!
Salam persahabatan,
^ ^ v