Monday, June 6, 2011

Diet menurut golongan darah


Berdasarkan penelitian Dr. Peter J. D’ Adamo di Amerika Serikat pada tahun 1996, berikut ciri khas dari tiap golongan darah dan cara mengantisipasinya:
1. Golongan Darah O
Ciri Khas:
a. Sistem kekebalannya berlebihan
b. Dianjurkan bagi orang bergolongan darah O untuk mengonsumsi makanan tinggi protein dan rendah karbohidrat seperti daging, buah, ikan, dan sayuran.
c. Tidak cocok untuk berdiet dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.
d. Respon yang baik atas stress bisa ditanggapi dengan aktivitas fisik.
e. Memiliki resiko terkena penyakit yang disebabkan oleh radang dan kerusakan organ bila makanan yang dimakan tidak sesuai.

2. Golongan Darah A
Ciri khas:
a. Jalur pencernaan cukup sensitif.
b. Dianjurkan bagi orang bergolongan darah A, dianjurkan menjadi vegetarian atau makan makanan yang tinggi karbohidrat dan rendah lemak.
c. Stress biasanya diatasi melalui meditasi.
d. Sistem kekebalan tubuhnya tidak sekuat orang yang bergolongan darah O.

3. Golongan Darah B
Ciri Khas:
a. Dianjurkan bagi orang bergolongan darah B, dianjurkan untuk melakukan diet dengan berbagai variasi dari semua tipe darah termasuk di dalamnya daging.
b. Tipe darah ini sangat cocok dengan produk susu.
c. Dianjurkan juga menjalani latihan gerak seperti renang dan jalan kaki.
d. Bila makanan yang dimakan tidak sesuai, diduga resiko terkena virus yang bisa menyerang sistem saraf sangat tinggi.
e. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat.
f. Bila orang bergolongan darah B mengalami stress, akan sangat cocok bila diatasi dengan melakukan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas.
g. Tipe golongan darah ini adalah tipe yang paling seimbang.

4. Golongan darah AB
Ciri Khas:
a. Memiliki jalur pencernaan yang sangat sensitif.
b. Sistem kekebalan tubuh sangat toleran.
c. Respon yang paling baik terhadap stress biasanya dengan melakukan kegiatan spiritual bersamaan dengan aktivitas fisik dan kreativitas.
d. Masih dalam tahap evolusi.
e. Paling mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan bentuk diet.
f. Bentuk gabungan dari tipe A dan B.

sumber: majalah E-Magz edisi 11 oktober 2006

7 comments:

  1. mantaaap kaaan artikeeelnyaaaa

    ReplyDelete
  2. masalahnya tuh Nueel, aku nggak tahu golongan darahku apa? parah kan >.<

    ReplyDelete
  3. golongan darahku A... dan untungnya aku udah jadi vegetarian sejak dulu, bahkan sebelum aku kenal ama diet golongan darah....

    temenku ada yang golongannya B, menurut diet gol B, mereka gak bagus makan ayam,,,jiah,,padahal temenku itu paling suka ayam,,,,

    ReplyDelete
  4. berarati kalau stres kudu banyak olah raga neh, hahahah..

    artikel yang bagus. copas dari mana? wkwkwkwk

    ReplyDelete
  5. kalo ngomongin ttg diet, kayaknya seumur hidup aku berkubang didalamnya, hehehe..

    jd aku tau persis klo diet gol darah nggak pernah berhasil buat aku.. :-D

    dan kadang nggak masuk akal, aku gol darah O, dianjurkan makan daging2an, dan nggak boleh makan jeruk... apa itu nggak malah nambah kolesterol .. :-P

    ReplyDelete
  6. @ huda tula: copas dari majalah hud... hahahhaa....

    ReplyDelete
  7. @ ajeng: makanya dicek goldarnya. hehehehe... :p

    @ aina: apa sih suka dukanya jadi vegetariaan mba?

    @ lyliana: kayaknya ini juga ga 100 % bener deh mbak?!

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^