Tuesday, February 22, 2011

Mobil Antar Jemput, Bus sekolah, atau apalah namanya







Gambar di atas tersebut adalah gambar sebuah mobil antar-jemput yang khusus mengantar-jemputkan anak-anak sekolah....... (nama sekolah dirahasiakan! demi menjaga nama baik sekolah tersebut) yang kebetulan sedang melintas di depan rumahku. Dan bila melihat mobil tersebut, aku jadi ingat masa-masa aku sekolah dulu di SMA Tarakanita Gading Serpong. Dulu aku selalu naik mobil antar jemput. Mobilnya sih kalau tidak salah Suzuki Carry deh. Mirip-mirip mobil yang ada di dalam foto ini, deh sepertinya. Sopirnya itu namanya Oom Irwan. Orangnya baik, sabar, dan satu lagi yang penting, DISIPLIN. Pernah ada anak SD yang ikut mobil jemputannya dimarahi, atau lebih tepatnya disindir-sindir karena telat. Dan satu lagi sifatnya yang lain adalah orangnya cukup supel juga dan benar-benar seperti seorang bapak bagi kami, anak-anak yang ikut mobilnya. Kalau diajak ngobrol sama siapa saja di antara kami, dia juga menanggapi. Tidak pilih-pilih. Obrolan apapun sama beliao, entah kenapa sepertinya nyambung. Ngomongin bola, ok, bahkan diajakin gosip juga bisa. Hahahahaha

Tapi yang aku paling suka dari dia yaitu sikap disiplinnya. Salut. Tak lupa sikap pekerja kerasnya. Bayangkan sudah tua (ada kali usianya di atas 60 atau 70 tahunan gitu!), tapi dia masih mau bekerja. Apalagi pekerjaannya juga tidak bisa dibilang gampang. Meng-antar-jemputkan anak-anak sekolah. Bangunnya harus pagi-pagi buta. Malah lebih pagi dari kita, anak-anak sekolah. Pulangnya juga rela pulang sore apabila ada yang ekskul atau pun kelas tambahan. Ckckck!!!


OK! Itu baru bahas oom Irwan. Sekarang aku mau bahas mobil Antar Jemput, Bus sekolah, atau apalah namanya. Entah kenapa hal satu ini seolah luput dari pengamatan para sineas perfilman, orang-orang di dunia entertainment, novelis, dll, dsb. Padahal kalau dipikir secara masak-masak, banyak juga koq anak-anak sekolah, terutama anak-anak SMA yang naik mobil antar jemput atau bus sekolah. Kan tidak semuanya naik motor, sepeda, atau angkutan umum (yang paling sering disebut adalah TAKSI). Kenapa yah yang satu ini luput dari perhatian orang-orang yang aku sebutkan itu. Coba saja ada sinetron, film, atau FTV khusus remaja yang memasukkan unsur yang satu ini ke dalamnya.

Banyak loh suka-dukanya naik mobil antar jemput atau bus sekolah. Sukanya,
1. irit ongkos (karena biasanya bayarnya kan per bulan dan dibayar di awal bulan),
2. tidak perlu naik angkot, bus umum, atau yang lainnya yang kadang harus buang uang kita tiap harinya, dan yang keamanannya belum terjamin. Juga biasanya lebih lama jalannya dibandingkan mobil antar jemput (karena mobil antar-jemput mana pernah ngetem seperti angkit atau bus umum)
3. Mengajarkan kita disiplin juga. Apalagi kalau mobil jemputannya datang tepat waktu. Jadi mau tidak mau kan harus bangun pagi-pagi. Sebelum mobilnya datang, kita kan harus siap sedia.
4. Tidak perlu repot mikir uang bensin dibandingkan bila kita naik mobil atau pun motor.
5. Terkadang di dalam mobil antar-jemput, bisa juga disempatkan belajar atau mengerjakan tugas sekolah. Bila kita naik motor, mobil, atau naik kendaraan umum, kan agak repot juga kan untuk itu semua. Mau belajar, kadang tidak tenang dan terganggu dengan keadaan sekitar bila naik kendaraan umum.
6. Bisa ngobrol juga dengan teman-teman, terutama bila satu sekolah atau pun satu kelas. Kalau naik kendaraan umum, mana bisa ngobrol. Mau ngobrol juga tidak kenal kan dengan orang-orang di sekitar kita. Apalagi dapat mengganggu yang lain.

Kalau dukanya,
1. Kadang kalau pulang sekolah, apalagi kalau pulangnya cepat terkadang harus mau menunggu anak-anak lain yang belum keluar. Biasanya mobil antar-jemput kalau menjemput anak-anak sekolah terutama bila di dalamnya ada juga anak-anak SD, SMP,dan SMA suka ada jam-jamnya gitu. Seperti mobil antar-jemputku dulu. Jam 11 atau jam 12, dia mengantar jemput anak-anak SD. Nah kalau ada anak- SD yang telat keluarnya, yah disuruh menunggu giliran jam berikutnya, yaitu ketika anak-anak SMP atau SMA keluar yang biasanya keluar pada jam setengah dua atau jam setengah tiga siang. Jadi ada keteraturan gitu.

Intinya harus ikuti aturan-aturan tidak tertulis sopir sekaligus pemilik usaha antar jemput itu tersebut. Itulah yang terkadang bikin bete. Karena terkadang, bila aku pulang cepat, inginnya sih segera sampai ke rumah, tapi yah harus menunggu yang lainnya pada pulang. Mau plang lebih dahulu, agak tidak enak juga, mengingat sudah bayar mahal-maahal kan?

2. Kalau kita bangunnya telat, ya sudah, diceramahi sama sopirnya. Hikz....!!!! Plus tidak enak juga sama anak-anak lainnya yang jadi korban karena keterlambatan kita.


Dan itulah suka-dukanya naik mobil antar jemput. Dan entah kenapa hal yang satu ini sedikit dilupakan. Padahal ini kan juga bagian dari masa-masa kita sebagai anak sekolah. Juga tidak sedikit anak-anak sekolah yang memilih naik mobil antar jemput atau bus sekolah.

Tapi.....
kalau nulis postingan tentang mobil antar jemput, entah kenapa aku jadi rindu sama oom irwan, rindu naik mobil antar jemput lagi. Hiks...... ToT
Apalagi bila ingat mengesalkannya naik kendaraan umum yang datangnya sering tak terduga datangnya (bikin jengkel setengah mati menunggunya!) dan sering ngetem itu. Kayak nunggu mobil pejabat. Heh......

But, there's life!!!!!!!

17 comments:

  1. Hi Nuel, apa kabar? Gimana skripsinya??

    Hehehe, jadi inget jaman SD dulu gw juga ikutan anter jemput. Tapi SMP udah ga coz sekolahannya deket rumah, jadi naek ojeg ajah :-)

    Btw gw ada launching nama2 peserta kuis & nilai tukar RM ke Rupiahnya. Tapi pengumuman pemenang teteup tar tanggal 26

    ya sutra, gw baca dulu postingan2 lo yang dulu2 yah, pan gw dah lama kaga mampir dimari

    ReplyDelete
  2. skripsi??
    yah gitu deh.. masih stagnan.... hehhehe

    ok deh saya cek tkp... hehehhehe

    ReplyDelete
  3. jadi inget masa2 sekolah yg langganan angkot.. ada cinta juga disana.. :3

    ReplyDelete
  4. hahahah aku sih ga pernah naik mobil antar jemput tapi naik angkot jaman sekolah :p

    ReplyDelete
  5. kunjungan pertama.. ^__^

    keingat waktu dibangku sekolah....

    salam kenal.singgah juga dirumah maya ku ya..^_^

    ReplyDelete
  6. @ sukro:
    ada yang curhat nih.. hahhahaha..... :D

    @ mbak ata:
    ok langsung ke tkp gan... hhehehe

    @ yanti:
    sama yah kayak gw??? hehehe..... HIDUP ANTAR JEMPUT!!!! HEHHEHE,....

    ReplyDelete
  7. wah..andai aja ada program antar jemput sekolah yg dibiayai APBN pasti lebih keren.lagi

    ReplyDelete
  8. Feel free to give your comments because life is short. ^^v <-- baru ngeh dan ngakak.. hahaha

    dulu jaman SD sampe SMP ada bus sekolah. wah kalo telat sih ga akan ditungguin, langsung kabur. trus desak2an banget karena yg pergi ke sekolah banyaaak

    ReplyDelete
  9. namanya juga tukang colong.. curhat pun colongan.. :))

    ReplyDelete
  10. makasih yaaaa udah ngambil awardnya hahahahah disamain kaya pembantu dah ck manggil mbak lagi, gue dibawah lo dua tahun tau bang :D

    ReplyDelete
  11. aku jaman dulu ga kenal mobil antar jemput. paling2 naik angkot. mungkin karena di lombok jalurnya juga ga seribet di kota lain, jadi jarang ada yang ngetem atau angkotnya datang tak tentu.

    kalau sekolah telat, otomatis ga bisa nyalain angkotnya

    ReplyDelete
  12. kenapa kamu nggak nyoba nyambi nyari tambahan jadi tukang antar jemput Noel??.. lumayan kan tuh hasilnya :P

    ReplyDelete
  13. masalahnya satu..... belon lancar NYETIR.... malunya... (-______- ")

    ReplyDelete
  14. enak nya yah.. klo pake mobil antar jemput.. dulu aku waktu sekolah boro2 pake mobil,, hhehee ngetuk alias jalan kaki is the best.. ampe gede nich betis.. heheh but aniwei nice post

    ReplyDelete
  15. wah.. enak yah..klo ada mobil antar jemput.. dulu aku sekolah boro2 anter jemput ..yang ada ngetukk , jalan kaki is the best heheh ampe gede nich betis,, but aniwei nice post

    ReplyDelete
  16. Wuakakakakak, gua juga waktu jaman SMP naek mobil jemputan dapet om jemputan mulai dari super enak sampe super ngeselin, dan emang bener suka dukanya seperti yang diatas, hahahaha...

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^