Sunday, April 3, 2011

Manfaat atau Mudaratkah?


Awal abad 20 adalah awal dari bencana yang menimpa bumi sekarang ini, yaitu GLOBAL WARMING dan CLIMATE CHANGE.Siapa sangka, banyak penemuan yang sekarang berguna, yang dahulu ditemukan memiliki konstribusi luar biasa kepada perusakan bumi. Bumi menjadi semakin rusak akibat penemuan-penemuan tersebut.

Tak tahu apakah alat-alat tersebut yang menjadi penyebabnya, ataukah manusiakah sebagai penggunanya. Mobil, motor, lemari es, Air-conditioned, plastik, dan banyak lagi lainnya yang menjadi salah satu penyebab dari bencana ini. Contohnya seperti mobil yang menghasilkan gas berbahaya karbon monoksida, serta AC dan lemari es yang menghasilkan gas berbahaya lainnya, CFC.

Padahal benda-benda tersebut dibuat oleh penemunya untuk membantu pekerjaan manusia. Tapi kesemuanya itu malah menjadi biang dari bencana ini. Seandainya para penemu itu hidup seperti James Watt, Thomas Edison, atau Gottlieb Daimler, mungkin mereka akan menyesalinya atau mungkin juga mencari solusi terbaik.

Yang jelas, benda-benda tersebut tidak bersalah, sama seperti seorang anak yang lahir dari rahim seorang pelacur. Mereka ada buat kita. Untuk mempermudah pekerjaan manusia. Manusia lah yang menyalahgunakan dan berlebihan dalam memakainya. Diciptakan AC untuk memberikan hawa sejuk, bukan untuk terus dimanfaatkan di dalam gedung bertingkat. Kenapa pula harus membangun gedung bertingkat? Apakah bangunan satu tingkat kurang?

Mobil diciptakan untuk transportasi, tapi manusia jadi amat bergantung. Untuk jarak yang hanya butuh waktu 15 menit pun naik mobil. Lampu diciptakan untuk menerangi. Tapi di tempat terang pun, lampu dinyalakan. Ckckck...
Masih banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh manusia.

Kadang aku berfikir, apakah tidak ada sumber tenaga lainnya untuk AC dan lemari es selain CFC. Apakah tidak ada kendaraan berbahan bakar ramah lingkungan dan tentu juga murah? Apakah penemu-penemu tersebut tidak mentyelidiki dampak penemuan-penemuan mereka terhadap lingkungan? Coba saja para penemu itu menyelidikinya terlebih dahulu, aku rasa tidak akan ada bencana bernama GLOBAL WARMING dan CLIMATE CHANGE itu tersebut. Mungkin kita akan tetap merasakan udara bersih, air bersih, dan lingkungan yang bersih dari polusi.

Menurut kalian semua, alat-alat atau benda-benda yang kita gunakan sekarang itu manfaat atau mudarat sih terhadap lingkungan??????

4 comments:

  1. gedung bertingkat dibangun karena lahannya yang gak ada Noeel....

    semua hal, termasuk penemuan2 diatas punya dampak yang positif dan negatif...tinggal manusianya aja yang bisa memanage-nya....

    ReplyDelete
  2. memang sih, tapi kayaknya saya hanya melihat dampka negatifnya saja (-_________-")

    ReplyDelete
  3. walau pun ada dampak negatifnya tapi penemuan2 itu tetep bermanfaat lah, kembali ke kata2 abang tadi, salah manusia-nya aja yang ga efisien memanfaatkan teknologi.

    para ahli sekarang pasti juga lagi mikirin solusinya, dikit2 kan sekarang apa aja yang bisa diganti pakai bahan ramah lingkungan pasti diganti. tuh, kulkas saya ada label non CFC-nya.

    ReplyDelete
  4. segala hal berlebih itu ga baik. misalnya alat, kalo digunakan dengan pas pasti bermanfaat. kalo digunakan kurang atau lebih, pasti ada resiko yg ditimbulkan. :)

    ReplyDelete

Pembaca yang baik adalah yang sudi mau meninggalkan komentar. ^_^
Nice reader is the one who will leave lot of words in the comment box. ^_^