Wednesday, February 3, 2010

truk oh truk

gambar truk yang kuambil dari dalam bus. Truk ini sedang mogok total di ruas jalan Jakarta-Tangerang yang menuju pintu tol Karang Tengah

Dari pertama kali gw kuliah, hal menyebalkan yang pertama kali gw liat di jalan adalah kemacetan. Kemacetan seolah ga bisa dipisahin lagi sama ibukota kita, Jakarta. Bahkan kemacetan itu sendiri pun sudah memasuki jalan tol yang sejatinya merupakan jalan bebas hambatan. yah, kini jalan tol tidak lagi bebas hambatan, cuuuy!!!!

Itu lah yang bikin ge sebel setengah mampus. apalagi kalo berangkat dari rumah sekitar jam 6 atau setengah tujuh pagi. Ya udah deh. Udah di dalam bus berdiri, busnya bukan non-ac, nyium bau-bau tak sedap, eh mesti berhadepan dengan macet. Tambah bete lah di jalan. Apalagi kalo mesti berdiri di dalam bus dari Kebonnanas, Tangerang hingga Benhil, Jakarta Selatan (bener ga?). Kebayang kan penderitaan gw di bus.

Terutama truk-truk seperti yang ada di foto ini. Jumlahnya di jalan tol cukup banyak. Hampir menyaingi jumlah mobil pribadi. Jumlah bus dan taksi kurang. Itu menurut gw loh!!! Udah gitu, ini truk suka mogok dan berenti di pinggir jalan dan pernah mogok di tengah jalan. Akibatnya, yah pasti macet. Belon lagi kalo mobil-mobil pribadi juga ikutan mogok di jalan, cuuuy!!!! Kebayang ga tuh. Udah kendaraan-kendaraan yang masuk jalan tol banyak banget. Ga terhitung. Eh ini malah ditambah lagi sama yang mogok. YAIKKKKKSSSSSSSSS!!!!!!!!!!!

Saran gw sih:
1. Tolong dong bagi pengelola jasa marga dan pemda yang mengelola agar jumlah truk-truk di jalan tol dibatasi jam edarnya. Yah minimal dari jam 10 ampe jam 5 pagi. Cukup tuh waktunya. kalo mobil-mobil pribadi dibatesin kayanya emang agak sulit. Karena harus berhadepan dengan warga-warga yang rada 'takut' naek kendaraan umum dan lebih suka naek kendaraan pribadi.Apalagi mengingat besar dan beratnya truk-truk tersebut. Antara jam 6 pagi hingga jam 6 sore, kan biasanya jalan tol rame, kalo ditambah dengan keberadaan truk-truk yang besar-besar itu, yah tambah macet dong jalan tolnya. Bener ga???
2. Bagi para pengendara kendaraan pribadi, mohon sebelum bepergian, dicek dulu kendaraannya. Bensinnya udah diisi belon, ato mesin-mesinnya dah beres belon. Jangan ampe mogok di jalan. Kasian kendaraan-kendaraan yang laen yang juga punya kepentingan juga. Kasian kan gara-gara mobil kita mogok di tengah jalan tol, kemacetan terjadi. Waktu mereka terbuang percuma gara-gara ada yang mogok.
Dan gw udah pernah ngalemin sendiri. Waktu gw berangkat buat UAS. Harinya hari sabtu jam 06.30 pagi (kalo ga salah!) tanggal 19 desember 2009. Gara-gara 1 mobil pribadi dan 5 truk mogok, jalan tol Tangerang-Jakarta macet total, tepatnya mulai dari depan Mall Puri Indah (sekitar daerah Kembangan). Dan gara-gara hal tersebut gw hampir aja telat. Untungnya gw nyampe ruang ujian ketika ujian mau dimulai. Bayangin aja macetnya aja 1 1/2 jam lebih. Padahal sih itu kalo ga macet palingan cuman kurang lebih yah setengah jam lebih lah, gw udah mendarat di kampus. Apalagi itu hari sabtu loh!!!! Kan kantor-kantor (terutama kantor pemerintah) kebanyakan libur di hari tersebut.

Segitu aja sih curhatan gw. Moga dibaca dan didenger en ga terulang lagi kesalahan-kesalahan seperti ini.
A. M. I. N.